Tim Dosen UMM Poles Saluran Irigasi di Turen, Malang jadi tujuan wisata - WisataHits
Jawa Timur

Tim Dosen UMM Poles Saluran Irigasi di Turen, Malang jadi tujuan wisata

SURYAMALANG.COM, MALANG – Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadikan saluran irigasi di Desa/Kecamatan Turen Kabupaten Malang sebagai TRIP (Taman Irigasi Sungai Turen) Desa Wisata Edukasi melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Biasanya, saluran irigasi hanya digunakan untuk mengairi sawah di Desa Turen.

“PKm Dosen merupakan kerjasama antara warga Desa Turen, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang dan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Kemendikbud-Ristek,” terang koordinator UMM tersebut. -Tim guru Profesor Oman Sukmana dalam sebuah komunikasi, Senin (26/12/2022).

Dosen Prodi Kesejahteraan Sosial FISIP UMM ini menjelaskan, program PKm didukung secara finansial oleh Kemendikbud-Ristek melalui program kegiatan Kegiatan Kebangkitan Desa (KKB) 2022. Tim pengajar terdiri dari dosen Teknik Prodi M Jufri dan dosen Manajemen Iqbal Ramadhani Fuadi dan dosen Ilmu Komunikasi Jamroji.

Selain itu, PKm melibatkan delapan mahasiswa dari mata kuliah pekerjaan sosial, teknik mesin dan manajemen. “Prinsipnya menggunakan saluran irigasi untuk pendidikan, namun tidak mempengaruhi fungsi utama pengairan sawah,” ujarnya Program ini dikatakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Desa Turen.

Keberadaan tersebut, setelah dianalisa oleh tim fakultas, menunjukkan bahwa saluran irigasi berpotensi untuk dikembangkan sebagai wisata edukasi dan fitur air. Alat yang digunakan adalah perahu kendali, peluncur roket air, air mancur pelangi, permainan peluncur ban dan lampu hias.

Sementara di pinggir saluran irigasi sedang dibangun jalan tol dan tempat peristirahatan wisatawan. Pada siang hari, airnya bisa dijadikan tempat wisata edukasi bagi anak-anak. Pada malam hari dapat digunakan oleh para remaja atau anggota komunitas sebagai tempat ngopi dan bersantai.

Tim juga memberikan pelatihan pengembangan produk bagi usaha kecil menengah (UKM) seperti kue kering, minuman dan produk makanan olahan abon ikan nila dan lele. Turen Lurah Eko Darmawan menyambut baik program PKm Dosen UMM sebagai mitra.

Ia berharap kegiatan pengabdian seperti ini terus berlanjut karena bermanfaat bagi masyarakat. Dan menjadikan kecamatan Turen sebagai Kelurahan binaan UMM agar lestari dan dapat dijadikan lokasi layanan fakultas.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button