Tiket Wisata Umbulan Tanaka dan Aneka Aktivitas - WisataHits
wisatahits

Tiket Wisata Umbulan Tanaka dan Aneka Aktivitas

Harga tiket masuk wisata Umbul Tanaka : Rp 5.000. Jam buka: 07:00 – 17:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Wonosari, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65164.

Wisata Umbulan Tanaka tempat rekreasi keluarga yang mengusung tema ala Jepang. Kawasan wisata ini memang bukan hal baru di Kabupaten Malang dan sudah berdiri sejak Oktober 2020. Meski begitu, keindahan alamnya tak kalah dengan wisata lainnya.

Wisata ini berlangsung di lereng selatan Gunung Kawi. Lokasinya jauh dari pusat kota Malang dan berada di desa yang agak terpencil. Sebelumnya, kawasan ini merupakan sungai biasa yang digunakan untuk mengairi sawah. Namun, karena airnya terlihat jernih dan alami, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Umbulan Tanaka Tour

Wisata Umbul Tanaka merupakan wisata murah. Karena harga tiketnya sangat ramah di kantong pelajar. Jangan lupa juga sediakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Umbulan Tanaka Tour
Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp5.000
PARKIR MOTOR Rp3.000
Tempat parkir mobil Rp5.000

Baca: Tiket Masuk, Jam & Kendaraan FLORA WISATA San Terra

Jam Buka Wisata Umbul Tanaka

Kawasan wisata ini selalu buka setiap hari dan tidak pernah pada hari libur nasional. Hari kerja, akhir pekan, dan tanggal merah tetap berjalan seperti biasa. Selama waktu ini, jam buka adalah dari pagi hingga sore hari.

Jam buka
Hari Jam
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Obyek wisata Umbulan Tanaka

Wisata Umbulan Tanaka menyuguhkan suasana liburan yang berbeda dari tempat lain. Di sini pengunjung bisa merasakan langsung keindahan Negeri Sakura Jepang. Lengkap dengan ornamen bunga sakura yang menghiasi setiap sudutnya. Selain itu juga terdapat kolam renang, tempat bersantai, kuliner dan air terjun buatan.

Keindahan alam Jepang

Gadis-gadis berfoto di Wisata Umbul Tanaka.Suasana tempat wisata yang menawarkan liburan ala negeri Sakura Jepang. Foto: Googlemap/Herman Sinyo

Sama seperti namanya yang menggunakan bahasa Jepang. Konsep tur umbul Tanaka juga menampilkan suasana pedesaan ceri. Hal ini terlihat dengan hadirnya beberapa ornamen khas Jepang. Misalnya, bunga sakura, jembatan lengkung, dan gerbang khas kuil Shinto yang disebut Torii.

Keindahan bunga sakura memang menjadi daya tarik wisata Umbul Tanaka. Bentuk bunga mawar menarik siapa saja untuk berfoto selfie. Pengunjung dapat menemukannya di sepanjang sungai yang menempel di sisi jembatan. Meski hanya berupa replika, namun keberadaannya mampu menggambarkan suasana Jepang sebagai negara asalnya.

Sebagai pelengkap, ada pula jembatan lengkung berwarna merah. Lengkap dengan gerbang kuil Torii atau Shinto di kedua ujungnya. Bangunan ini memiliki 2 bambu vertikal sebagai penopang 2 bambu horizontal di bagian atas. Kedua bangunan tersebut terletak di atas kolam yang memiliki sekat setinggi air terjun.

Baca: Harga Tiket JATIM PARK 1, Jam Buka dan 10 Wahana Seru

Kolam Wisata Umbul Tanaka

Kolam Renang Wisata Umbul Tanaka ramai.Kolam renang dengan air yang jernih dan menyegarkan. Foto: Googlemap/Khotibul Kahn

Wisata Umbul Tanaka menawarkan fasilitas kolam renang dengan berbagai tingkat kedalaman. Mulai dari yang paling dangkal hingga yang paling dalam. Tidak perlu bingung membedakannya karena petugas membuat skor khusus. Dengan demikian, pengunjung dapat memilih tempat mandi dengan sangat mudah.

Tidak terlihat seperti kolam renang pada umumnya. Bentuk kolam menyerupai sungai alami di pedesaan. Dimana terdapat aliran air ke bawah yang terlihat seperti air terjun mini. Agar lebih seru, perosotan anak juga ditambahkan.

Air kolamnya sendiri menggunakan mata air asli dari pegunungan. Jadi jangan heran kalau warnanya terang dan terlihat sangat terang. Dan saat memasuki kawasan wisata pun, airnya selalu segar dan jernih. Karena agen tidak menambahkan zat apa pun dan membuat air terlihat seperti berasal dari sumbernya.

Baca: Tiket dan Wahana ECO GREEN PARK

Bersantai di Gazebo Nuansa Alam

Menara Umbul Tanaka adalah tempat paling cocok untuk bersantai. Suasananya begitu tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota. Lokasinya juga berada di pedesaan terpencil dengan pemandangan alam yang indah. Di mana-mana Anda akan melihat hamparan pepohonan rindang berhias langit biru.

Untuk menikmati keindahan alamnya, pengunjung bisa duduk santai di gazebo. Sebuah bangunan yang hanya memiliki satu lantai dan 4 tiang bambu yang menopang atapnya. Sebagian besar dindingnya terbuat dari anyaman bambu dengan pola ketupat. Warna bangunannya didominasi warna coklat dengan perpaduan warna hitam pada bagian atapnya.

Selain gazebo, terdapat pula kursi dan meja kayu yang terletak di tengah sungai. Bentuknya memanjang dan agak kecokelatan. Padahal, fasilitas itu milik salah satu kafe di sekitar lokasi wisata. Tapi tidak apa-apa, pengunjung bisa menggunakannya sebagai tempat bersantai sekaligus bermain air.

Baca: PANTAI BALEKAMBANG Tiket dan Kegiatannya

Wisata kuliner

Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya seperti di negeri Sakura. Tempat wisata ini juga terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Sebagian besar makanan yang dijual merupakan menu khas Indonesia. Misalnya sempol, gorengan, tempura, tahu kres, jagung bakar, dan nasi tiwul.

Tapi menu favorit semua orang adalah Nasi Tiwul. Makanan ini merupakan pengganti nasi yang terbuat dari singkong. Meski sebagai pengganti, penyajian di sini selalu dicampur dengan nasi putih. Tak lupa juga tambahan lauk pauk berupa 1 ekor ikan dengan bumbu pedas dan sepotong ketimun.

Sedangkan minuman yang paling digemari adalah kopi hitam khas Gunung Kawi. Menu lainnya ada latte, ice cream, ginger tea dan masih banyak lagi. Soal harga, tidak perlu khawatir karena masih cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Baca: Tiket dan Aktivitas Kebun Teh Wonosari

air terjun buatan

Tiga anak berfoto di depan air terjun yang dibuat oleh Wisata Umbul Tanaka.Nikmati keindahan air terjun buatan sambil duduk santai di tengah sungai. Foto: Googlemap/Tri Yunianti

Menariknya, Wisata Umbul Tanaka memiliki wahana air terjun buatan. Ukurannya relatif mini dan bentuknya memanjang. Aliran airnya sendiri cenderung pelan dan tidak terlalu deras. Bagian bawahnya dihiasi batu-batu besar dan terdapat meja serta beberapa kursi.

Tenang saja, kolamnya sangat dangkal dan hanya setinggi mata kaki orang dewasa. Pengunjung bisa bersantai bermain air dan menikmati suara air terjun. Selain itu, kondisi sekitar sangat sejuk dengan angin sepoi-sepoi. Saat berjalan, berhati-hatilah karena permukaan tanah dipenuhi kerikil kecil.

Sarana Wisata Umbul Tanaka

Meski harga tiket masuknya relatif murah, fasilitas umumnya sangat memadai. Diantaranya toilet, area parkir dan mushola. Bagi yang lapar, Anda bisa mengunjungi kafe atau warung yang ada di sekitar kawasan wisata. Sebelum pulang, luangkan waktu sejenak untuk berbelanja oleh-oleh di toko oleh-oleh.

Lokasi Wisata Umbul Tanaka

Tempat wisata ini terletak di Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Malang jaraknya sekitar 36 km.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button