Tiket Wisata Sungai Mahakam dan Atraksi Wisata Sungai - WisataHits
wisatahits

Tiket Wisata Sungai Mahakam dan Atraksi Wisata Sungai

Tiket Wisata Sungai Mahakam dan Atraksi Wisata Sungai

Harga tiket masuk ke Sungai Mahakam: Rp 25.000 – Rp 50.000 Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. Gajah Mada No.19, Pasar Pagi, Samarinda, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, 75243.

Sungai Mahakam merupakan salah satu sungai terpanjang kedua di Kalimantan, setelah Sungai Kapuas. Sungai Mahakam memiliki panjang sekitar 920 kilometer dan sangat lebar.

Sungai panjang ini kemudian mengalir ke Selat Makassar. Mahakam juga merupakan sungai yang padat dengan aktivitas bahari.

Keberadaan Sungai Mahakam memang melegenda, khususnya di provinsi Kalimantan Timur. Karena sejak dulu sungai menjadi sumber kehidupan bagi penduduknya.

Terutama penduduk asli Kalimantan dari suku Dayak. Di zaman modern seperti sekarang ini, Sungai Mahakam sudah tertata dan menjadi objek wisata.

Tiket wisata menyusuri Sungai Mahakam

Jika pengunjung hanya ingin nongkrong di Sungai Mahakam, tidak dipungut biaya. Wisatawan bebas memasuki sungai yang merupakan ruang publik.

Namun, jika ingin menikmati perjalanan menyusuri sungai menggunakan perahu wisata, pengunjung perlu menyiapkan dana. Pemerintah setempat telah meluncurkan tur tepi sungai berpemandu untuk pengalaman yang lebih eksklusif.

Harga
Tiket masuk Bebas
Wisata sungai (dewasa) Rp 50.000
Wisata Sungai (Anak-anak dari usia 5 hingga 12 tahun) Rp 25.000

Baca: Tiket dan Wahana Rumah Ulin Arya

Jam buka

Karena merupakan ruang publik, sungai ini buka 24 jam sehari. Selain itu, aktivitas kapal di sungai ini sangat intens setiap harinya. Wisatawan bisa datang ke sungai ini kapan saja dan bisa nongkrong sepuasnya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari, karena lebih nyaman saat matahari tidak terlalu terik.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Obyek wisata di sepanjang Sungai Mahakam

Berlibur di Samarinda belum lengkap rasanya jika tidak berwisata di sungai ikonik ini. Karena sungai ini merupakan kebanggaan penduduk Kaltim karena merupakan sumber kehidupan mereka.

Seperti diketahui, lebih dari 70% wilayah Pulau Kalimantan terdiri dari perairan sungai. Tak heran banyak orang menjuluki Kalimantan sebagai Pulau Seribu Sungai.

Kemegahan daerah aliran sungai

Sungai MahakamSungai Mahakam. Foto: google maps/Ferdi OS Band

Selain memiliki panjang sekitar 920 kilometer, lebar sungai ini mencapai 300-500 meter. Daerah aliran sungai terlihat begitu besar dan megah.

Air yang memiliki warna kuning kecokelatan ini memiliki kedalaman hingga 30 meter. Hal ini membuat Sungai Mahakam kurang aman untuk berenang.

Secara keseluruhan, Sungai Mahakam diperkirakan memiliki luas 149.277 km2. Terletak di ketinggian antara 20 hingga 40 meter di atas permukaan laut.

Sumber airnya berasal dari pegunungan Iban. Pegunungan ini membentang dari timur laut ke barat daya di sepanjang sisi barat laut Kalimantan Timur.

Baca: Tiket dan Wahana TAMAN SALMA SHOFA

Pemandangan di sekitar sungai

Jika menyusuri sungai dengan menggunakan perahu, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang menarik. Anda bisa melihat lanskap interior pedesaan yang khas di sisi kanan dan kiri.

Masih ada permukiman sederhana berupa rumah kayu dan rumah rakit di tepian sungai. Anda juga bisa melihat rumah-rumah panggung untuk menghindari dampak jika air sungai meluap.

Sungainya sangat indah, wisatawan bisa melihat pemandangan pegunungan dan pepohonan. Alam sekitarnya masih sama asri dan lestari. Akan lebih menyenangkan jika wisatawan menyusuri sungai menggunakan perahu besar.

Wisata sungai

Wisata sungaiWisata sungai. Foto: dispar.kaltimprov.go.id

Di sungai tersebut terdapat fasilitas wisata yang wajib dicoba yaitu wisata menyusuri sungai. Kegiatan menyusuri sungai ini dilakukan dengan menggunakan perahu wisata.

Lima kapal wisata dioperasikan dan memiliki nama yang unik, diawali dengan kata Pesut. Ada kapal lumba-lumba kami, Pesut Mahakam, Pesut Etam, Pesut Mahkota dan Pesut Bentong.

Kapal akan berangkat dari dermaga Pasar Pagi kemudian mengatur perjalanan sesuai rute yang dipilih masing-masing. Tersedia Jalan Tenggarong, Jalan Desa Kutai Lama dan Jalan Samarinda.

Fasilitas tersebut berupa teras 2 tingkat, tempat ibadah, hiburan karaoke, kantin dan meja makan. Selain menyusuri keindahan sungai, wisatawan akan diajak bersenang-senang di pulau/daratan terdekat selama kurang lebih 2 jam.

Menjadi habitat lumba-lumba air tawar Mahakam Dolphins

Sungai ini menjadi habitat berbagai jenis ikan dan hewan lainnya. Yaitu lele, ikan gabus, udang jumbo, ikan mas dan masih banyak lagi.

Namun, ada satu hewan yang menjadi maskot utama Sungai Mahakam, yaitu Pesut Mahakam. Lumba-lumba merupakan hewan endemik Kalimantan Timur yang terancam punah karena populasinya yang semakin berkurang.

Lumba-lumba bukanlah ikan, melainkan mamalia yang hidup di air. Hewan ini bisa dianggap lumba-lumba air tawar karena secara fisik mirip dengan lumba-lumba.

Jika beruntung, wisatawan bisa melihat kemunculan lumba-lumba yang berkelompok dalam kawanan kecil. Hewan ini juga dikenal cerdas dan bersahabat dengan manusia.

Jembatan Mahkota

Jembatan Mahkota di malam hariJembatan Mahkota di malam hari. Foto: google maps/Nour Rasdianah

Banyak jembatan telah dibangun di atas Sungai Mahakam. Salah satu yang terindah disebut Jembatan Mahkota. Jika pengunjung berjalan-jalan di sepanjang sungai, mereka dapat melihat dan melewati jembatan ini. Jembatan itu indah berbentuk lengkungan seperti mahkota putri.

Crown Bridge akan terlihat lebih indah setelah senja. Karena jembatan akan menyala dalam gelap, penuh dengan lampu warna-warni.

Jembatan ikonik ini adalah latar belakang yang bagus untuk foto. Banyak wisatawan yang memanfaatkan pemandangan Crown Bridge untuk berfoto karena sangat Instagramable.

Nongkrong di tepi sungai

Matahari terbenam di atas Sungai MahakamMatahari terbenam di atas Sungai Mahakam. Foto: google maps/Emhaer_1811

Kawasan waterfront juga kerap menjadi tempat pertemuan santai bagi wisatawan dari berbagai kalangan. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai di sore hari sambil menikmati matahari terbenam.

Atau Anda juga bisa melihat kapal datang dan pergi. Tak heran karena sungai ini menjadi jalur tongkang yang mengangkut hasil tambang ke Kalimantan.

Pengunjung juga dapat memancing dari tepi sungai karena Sungai Mahakam penuh dengan ikan. Pada musim kemarau, air sungai akan surut dan menampakkan daerah dangkal yang estetis. Bebatuan besar di sungai akan terlihat dan menjadi objek rekreasi para muda mudi menjelang matahari terbenam.

Kemudahan

Tempat wisata Sungai Mahakam memiliki fasilitas perahu sungai. Pengunjung bisa menemukan fasilitas tersebut di Dermaga Pasar Pagi. Di dalam kapal terdapat mushola, karaoke hiburan, kantin, bangku dan ruang makan.

Lokasi wisata di sepanjang Mahakam

Wisata menyusuri Sungai Mahakam ini terletak di dermaga kapal wisata Samarinda Kalimantan Timur. Bagi yang berencana untuk menyusuri Sungai Mahakam, Anda bisa datang langsung ke dermaga wisata. Di dermaga, banyak layanan perahu tersedia dan siap menyambut wisatawan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button