tiket SARASWATI PURA dan berbagai tempat wisata - WisataHits
wisatahits

tiket SARASWATI PURA dan berbagai tempat wisata

tiket SARASWATI PURA dan berbagai tempat wisata

Harga Tiket Masuk Pura Saraswati : Gratis. Jam buka: 07:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. Kajeng, Ubud, Ubud, Gianyar, Bali, Indonesia, 80571.

Kuil Sarasvati adalah candi yang dibangun untuk memuja dewi pengetahuan, Dewi Saraswati. Dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad, seorang seniman terkenal dari Ubud, pura ini terletak di Gianyar.

Ciri khas pura Taman Saraswati diantara pura Bali lainnya adalah adanya kolam teratai. Teratai yang bermekaran di sekitar kolam membuat objek wisata ini begitu megah. Pura ini juga memiliki panggung pertunjukan tari Bali yang secara rutin menampilkan tari Kecak.

Harga Tiket Masuk Pura Saraswati

Bagi wisatawan yang ingin datang ke candi ini tidak dikenakan tiket masuk. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya jika ingin menyaksikan pertunjukan tari khas Bali

Harga Tiket Masuk Pura Saraswati
Tiket masuk Bebas

Baca: 10 Tempat Wisata Menarik di Ubud

Jam buka

Waktu operasional Jam buka
Senin minggu 07.00 – 17.00 WITA

Berbagai tempat wisata Pura Saraswati

"Keunikan

Kunjungi kuil ini wisatawan Anda akan disuguhi pesona arsitekturnya yang menakjubkan. Sebuah kolam teratai yang unik sekaligus menjadi salah satu daya tarik wisata candi ini.

Baca: Tempat Wisata di GOA GAJAH Ubud

Saat memasuki kawasan ini, wisatawan harus mengenakan ikat pinggang dan sarung di pinggang. Hal ini untuk menghormati objek wisata yang merupakan tempat pemujaan Dewi Saraswati.

1. Kemegahan arsitektur candi

Arca Dewi Saraswati berdiri anggun di area candiPatung Dewi Saraswati berdiri anggun di area candi – Foto: GoogleMaps/Przemyslaw Kielbowicz

Saat memasuki kompleks candi, wisatawan akan disambut oleh kemegahan candi yang indah dan asri. Keindahan arsitektur bangunan candi menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini. Di dalam area candi terdapat arca Dewi Saraswati yang berdiri dengan anggunnya.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Puri Paintings Museum

Pura Taman Saraswati dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad, seorang maestro seni Bali yang terkenal. Pembangunannya dimulai pada tahun 1951 dan selesai pada tahun 1952. Pembangunan pura untuk memuja Dewi Ilmu Pengetahuan Hindu ini merupakan perintah langsung dari Pangeran Ubud.

Di sini, wisatawan diajak untuk mengagumi suasana pura yang menyejukkan. Relief batu pasir dengan ornamen pahatan yang sangat artistik menambah keindahan candi. Sebuah halaman didirikan, dikelilingi oleh kolam teratai, sebagai panggung untuk tari Kecak.

2. Keindahan kolam teratai

kolam teratai mengelilingi area candiKolam teratai yang mengelilingi candi menambah keindahan pesona artistiknya – Foto: Instagram/julia.andreev_

Pura Taman Saraswati adalah pura air yang indah yang terletak di pusat Gianyar. Kuil ini dirancang dengan sangat baik dengan taman alam yang indah.

Baca: Mengunjungi Pemandian Pura Tirta Empul

Tempat ini populer di kalangan wisatawan karena kolamnya dipenuhi bunga teratai yang mengelilingi pura. Saat Teratai mekar, candi ini semakin indah dan menawan.

Kolam teratai berpadu serasi dengan keindahan candi yang penuh dengan ornamen seni dan pahatan. Sebuah jalan membagi tengah kolam menjadi dua bagian sehingga terlihat melalui candi air ini. Wisatawan akan menemukan suasana yang artistik, asri dan sangat indah disini.

3. Ambil Instagram dan foto prewedding

"Fotografi

Pura Taman Saraswati dirancang dengan indah dengan taman yang mempesona dan kolam teratai. Latar belakang candi yang unik dengan relief, ukiran, dan deretan seni artistiknya menjadi daya tarik tersendiri.

Baca: BUKIT CAMPUHAN Ubud, tempat trekking yang luar biasa

Pura Saraswati dengan segala pesonanya menawarkan kesempatan bagi wisatawan untuk berfoto. Arsitektur pura klasik Bali dan serambi megah menjadi latar belakang instan. Dipadukan dengan tampilan kolam yang dipenuhi bunga teratai berwarna merah muda, menghasilkan gambar yang indah.

Sudut candi yang berbeda memberikan spot foto yang indah dan indah. Kuil ini juga menyambut wisatawan yang ingin melakukan pemotretan pre-wedding. Namun, untuk keperluan candi ini, izin khusus dan biaya tertentu diperlukan.

4. Pertunjukan Tari Bali

Pertunjukan tari Bali di puraPertunjukan tari tradisional Bali di halaman arena terbuka – Foto: Instagram/carpediemblondie

Gianyar khususnya Ubud merupakan salah satu tempat terkenal untuk menonton tari Kecak di Bali. Pura Taman Saraswati adalah salah satu pertunjukan tari Kecak yang terkenal di Ubud. Pertunjukan tari menambah daya tarik pura ini bagi wisatawan.

Baca: Istana Puri Saren Agung di Ubud Dulu

Pertunjukan tari tradisional di Pura Taman Saraswati diadakan secara rutin. Sebuah pelataran dengan arena terbuka yang dikelilingi kolam teratai menjadi panggung pertunjukan. Pertunjukan tari tradisional secara rutin berlangsung pada malam tanggal 19 hingga 30 setiap bulannya.

Sementara itu, pertunjukan Tari Kecak di pura ini hanya dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis. Pertunjukan tari Kecak dimulai pukul 19.30 WITA dengan biaya Rp 75.000 per orang.

5. Wisata religi

Kegiatan Keagamaan di Pura SaraswatiPendirian peribadatan sebagai bagian dari wisata religi di pura ini – Foto: GoogleMaps/ABDULLAH ALKAISY

Pura Saraswati merupakan tempat pemujaan bagi umat Hindu Bali yang didedikasikan untuk pemujaan Dewi Saraswati. Dewi Saraswati adalah sosok yang dianggap umat Hindu sebagai dewi ilmu pengetahuan dan seni.

Baca: Keindahan Pura ULUN DANU Berbalut Kesegaran

Candi Hindu ini sarat dengan aura spiritual. Ornamen religi dapat dilihat di setiap sudut Pura Taman Saraswati. Kegiatan peribadatan juga dilakukan oleh pemeluk agama Hindu, khususnya yang berada di Bali.

Sebagai tempat pemujaan Dewi Saraswati, pura ini juga menjadi tempat upacara keagamaan khusus. Waktu perayaan yang dikenal dengan Hari Raya Saraswati jatuh pada hari Sabtu Legi wuku Watugunung. Hari Saraswati dirayakan setiap 210 hari (7 bulan menurut kalender Bali).

Lokasi Pura Saraswati

Wisata pura ini berlokasi di Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Berada tepat di pusat Ubud. Ada beberapa candi unik di sekitar candi ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button