Tiket penyembuhan gratis untuk Tebet Eco Park di pusat kota - WisataHits
wisatahits

Tiket penyembuhan gratis untuk Tebet Eco Park di pusat kota

Harga Tiket Masuk Tebet Eco Park : Gratis Jam Buka : 06:00 – 20:00 WIBNo. Telepon: 0215328454 Alamat: Jalan Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12820

Tak hanya mal dan kafe, kini Jakarta Selatan memiliki taman-taman indah. Taman Ekologi Tebet (TEP). Salah satu ruang terbuka hijau dengan berbagai fasilitas menarik. Menjadi sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Sebenarnya tidak ada salahnya jika orang luar Jakarta berkunjung ke taman ini.

Saat memasuki taman, pemandangan alam yang menghijau dan penataan taman yang cermat langsung membius pengunjung. Berbagai fasilitas olahraga juga tersedia di taman ini. Meski baru dibuka pada April 2022, animo masyarakat tetap tinggi. Pengunjungnya tidak hanya remaja, tetapi juga dari bayi hingga orang dewasa.

Harga tiket masuk Tebet Eco Park

Untuk menikmati taman ini, wisatawan tidak dipungut biaya. Namun, Anda tidak bisa masuk begitu saja, melainkan harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi JAKI. Setelah itu, wisatawan akan memiliki barcode yang akan memberikan akses ke taman. Dalam sekali kunjungan, hanya dibatasi 4.000 pengunjung pada weekdays, atau 5.000 pada weekend.

Biaya masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: Harga dan Atraksi Makanan Kota Tua Shanghai Sedayu

Jam Buka Tebet Eco Park

Obyek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja, dari pagi hingga malam hari. Jika ingin menikmati suasana yang sejuk, wisatawan bisa datang di pagi hari. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai di bawah pohon yang rindang. Sedangkan pada sore hari ada baiknya berolahraga di area taman.

Jam operasional
Setiap hari 06:00 – 20:00

sembuh Pusat Kota Tebet Eco Park

Ecopark TebetEcopark Tebet. Foto: Gmap/Oky Susanto

Taman Ekologi Tebet (TEP) merupakan taman kota yang berdiri di atas lahan seluas 7,3 hektar. Sebelumnya, taman-taman ini dipisahkan, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Kini, kedua situs tersebut digabung menjadi satu, yakni Tebet Eco Park. Selain meluas, kawasan ini juga dipenuhi pepohonan dan tanaman hijau yang asri.

Di sini, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor. Mulai dari jalan-jalan santai, olahraga, relaksasi, hingga anak-anak juga memiliki arena bermain sendiri. Wisatawan juga bisa berjalan melewati bekas rawa-rawa yang kini menjadi kawasan asri. Suasananya asri, rindang, hijau dan segar, seolah-olah berada di pedesaan, meski berada di pusat kota.

Uniknya, untuk masuk ke taman ini, Anda tidak bisa masuk begitu saja. Traveler harus melakukan reservasi di aplikasi bernama JAKI. Wisatawan akan dipandu untuk mengisi beberapa informasi seputar program wisata. Setelah itu, dapatkan kode untuk digunakan sebagai syarat memasuki taman.

Baca: Tiket Taman Mini Indonesia Indah TMII dan 10 Wahana

Berjalanlah di Infinity Link Bridge yang unik

Jembatan Infinity Link menyala di malam hariJembatan Infinity Link menyala di malam hari. Foto: Gmap/Myra Kelana

Infinity Link Bridge sepertinya menjadi ikon dari taman ini. Penghubung antara Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Berupa jembatan dengan pilar merah bertingkat. Warna ini disesuaikan dengan pohon leda dan pohon lainnya yang dipisahkan oleh jembatan.

Meski menghubungkan, jembatan ini bukan sekadar jembatan lurus. Tapi itu melengkung seperti angka delapan, yang menembus pepohonan, seolah-olah jembatan itu berlindung di bawah pepohonan.

Wisatawan bisa berjalan-jalan santai di sini atau jogging melintasi jembatan. Di siang hari, lanskap merah dan hijau terlihat kontras dan serasi. Dan pada malam hari, pemandangannya semakin indah karena jembatan ini diterangi dengan lampu hias. Warna merah menjadi lebih cerah dengan bantuan sinar lampu berwarna.

Baca: Tiket dan Wahana TAMAN LEGEND TMII

Belajar dan berkumpul di taman komunitas

Kebun masyarakatKebun masyarakat. Foto: Gmap/Bintang Akbar Maulana

Taman masyarakat merupakan tempat dimana masyarakat dapat melakukan kegiatan. Seperti bercocok tanam, berkebun dan kegiatan pendidikan alam lainnya. Sebelumnya, tempat ini merupakan pembibitan, yang kemudian digunakan kembali.

Ikuti petualangan di taman bermain anak-anak

Taman bermain anak-anak di Tebet Eco ParkTaman bermain untuk anak-anak. Foto: Gmap/Imam Fauzie

Taman bermain anak atau children’s playground menawarkan berbagai jenis permainan di sini. Ikon di kawasan ini adalah buaya coklat raksasa. Buaya ini merupakan arena bermain yang bisa dimasuki anak-anak. Pada bagian gigi buaya diganti dengan tali sehingga bisa digunakan untuk bermain dengan gantungan.

Ada juga area pendakian di atas bukit buatan. Dimana terdapat bukit buatan dengan kemiringan hingga 45 derajat dan alas rumput buatan. Di rerumputan terdapat tangga untuk memanjat, serta tali untuk memanjat. Anak-anak bisa melatih keberanian dan ketangkasan mereka di arena ini.

Tidak hanya itu, terdapat area perbukitan kecil yang berfungsi sebagai perosotan. Di area terowongan juga terdapat aktivitas memanjat dan merangkak yang seru. Seluruh taman bermain diselimuti warna-warna ceria. Agar menambah keseruan anak saat bermain.

Baca: Tiket JAKARTA AQUARIUM dan 9 Atraksi Unik

Berjalan di sepanjang rawa

Jalan Lebar Lahan BasahBroadwalk lahan basah. Foto: Gmap/Opale Raufal

Sebuah kawasan unik yang disebut Wetland Boardwalk atau kawasan berawa. Rawa biasanya identik dengan sesuatu yang menakutkan, buaya dan banjir. Namun tidak dengan rawa Tebet Eco Park yang justru menghadirkan keindahan tersendiri.

Ruang hijau dengan pepohonan, gulma, dan rerumputan hijau subur. Ada jalan setapak di atas rawa-rawa yang lebih mirip jembatan. Pangkal jembatan terbuat dari kayu solid, dan pagar terbuat dari kayu dan besi. Jembatan ini ditopang oleh beton yang kokoh, sehingga daerah berawa tidak terganggu.

Fungsi kawasan ini tidak hanya untuk menciptakan kawasan yang indah dan menarik. Kawasan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir dan peningkatan kualitas air. Melalui tanaman yang dapat mendukung penjernihan air. Sehingga air yang keluar dari taman bagian utara merupakan air bersih.

Baca: Tiket dan Wahana ECOPARK ANCOL

Fasilitas Tebet Eco Park

Obyek wisata ini telah menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap. Seperti taman tempat duduk, area parkir, toilet, mushola, alat fitnes, dan tenant makanan dan minuman. Namun, beberapa pantangan juga diberlakukan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan taman. Seperti tidak boleh membuang sampah sembarangan, merusak taman, melarang hewan peliharaan.

Lokasi Tebet Eco Park

Taman kota ini terletak di Jalan Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button