Tiket Pemandian Air Panas Cangar dan berbagai jenis kolam - WisataHits
wisatahits

Tiket Pemandian Air Panas Cangar dan berbagai jenis kolam

Tiket Pemandian Air Panas Cangar dan berbagai jenis kolam

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cangar: Rp 16.500 hingga Rp 100.000. Jam buka: 08:00 – 15:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Desa Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65336.

Kota Batu, Jawa Timur, merupakan kawasan yang merupakan bagian dari dataran tinggi. Tak heran jika di kawasan Kota Batu suhu udaranya tergolong sejuk. Sangat menyenangkan untuk berwisata, terutama wisata alam. Salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di Batu adalah Pemandian Air Panas Cangar.

Pemandian air panas ini terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batu. Lokasinya berada di kaki gunung yang membuat suasana menjadi sejuk. Selain itu, pengunjung bisa mandi dan berenang di kolam air panas. Dimana airnya berasal dari mata air alami pegunungan.

Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Cangar

Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung harus membayar tiket yang sangat murah. Meski murah, objek wisata ini tetap asri karena dirawat dengan baik oleh pengelola. Hal ini pula yang membuat pengunjung berbondong-bondong datang ke kawasan wisata tersebut.

Biaya masuk
Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cangar Rp 16.500
Tiket masuk per jam ke kolam renang keluarga Rp 100.000

Baca: Batu Masuk DE KLEINE, Menu & Pesona

Syarat mengunjungi Pemandian Air Panas Cangar :

  • Pengunjung harus memiliki vaksin.
  • Pengunjung harus memiliki aplikasi PeduliLindungi.
  • Tunjukkan sertifikat vaksinasi dan scan barcode PeduliLindungi.
  • Manajemen meminta pengunjung untuk tidak menggunakan perhiasan kaca.

Jam operasional

Atraksi ini tidak buka setiap hari. Sebab, ada saatnya pemandian ini harus dibersihkan dan dikosongkan airnya. Selain itu, pengunjung hanya bisa menikmati wisata di sini dari pagi hingga siang hari.

Jam operasional
Jam operasional 08.00 – 15.00 WIB
Jumat TUTUP

Kolam renang air panas tertutup udara segar

Pemandian Air Panas CangarSuasana kolam termal Foto: Gmap/erny susanty

Baca: Tiket Masuk Omah Kayu Kota Batu dan Ragam Pesonanya

Berada di ketinggian 1.000 mdpl, Pemandian Air Panas Cangar menawarkan udara yang sangat segar. Memang objek wisata ini juga terletak di kaki Gunung Welirang. Suasananya luar biasa karena objek wisata ini dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun. Bahkan, sesekali pengunjung akan menjumpai hewan hutan yaitu monyet.

Monyet-monyet ini tampak santai bergelantungan di pepohonan bahkan pengunjung tampak berkerumun di sekitar kolam. Sesekali kicau dan pekikan monyet turut memecah keheningan suasana hutan. Diselimuti oleh suara lengkingan serangga hutan yang merupakan melodi alam tempat pemandian. Tidak mengganggu, justru suara-suara inilah yang menenangkan pengunjung saat mandi di kolam.

Kolamnya sendiri terbagi menjadi tiga kolam alami dan dua kolam. Air kolam terlihat begitu jernih, dengan dasar kolam yang berupa bebatuan terlihat jelas. Anda bisa melihat uap air keluar dari kolam karena airnya sangat panas. Sangat cocok berendam di air panas dengan udara sejuk di kawasan wisata ini.

Kolam air panas yang efisien

Kolam Termal CangarKolam Termal Cangar. Foto: Gmap/rm zainul

Baca: Tiket Masuk Coban Putri Batu dan Aneka Aktivitas

Air kolam merupakan sumber air panas alami. Dimana sumber ini keluar dari perut bumi yang memiliki suhu relatif tinggi. Namun air ini tidak langsung masuk ke kolam, melainkan bercampur dengan air alami pada suhu rendah. Dengan demikian, air kolam cukup hangat untuk berenang, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Warna airnya sangat jernih, tidak kuning meski mengandung belerang dan mineral lainnya. Meski tidak terlalu kental, sumber air panas Cangar dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Hal ini pula yang mendasari beberapa kali wisatawan datang ke pemandian ini. Karena ada juga mitos bahwa berendam di air panas bisa membuat kulit awet muda.

Baca: 20+ Tempat Wisata Menarik di Kota Batu

tempat bersejarah lama

Suasana alami di sekitar kolam renangSuasana alami sumber air panas Cangar. Foto: Gmap/Prega Panji Buana

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Batu Flower Garden

Area pemandian air panas ini berada di kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo. Tempat ini merupakan tempat bersejarah, karena merupakan saksi bisu pendudukan Jepang di Indonesia. Saksikan banyaknya gua buatan di kawasan hutan. Gua ini dibuat pada tahun 1942 – 1945, pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Pengunjung masih dapat menemukan gua di beberapa titik hutan. Tak perlu khawatir, karena goa ini sudah tidak digunakan lagi. Hanya sebagai kesaksian sebuah peninggalan sejarah yang patut untuk dilestarikan.

Kuliner Khas Cangar

Pintu masuk ke kolam termalGerbang masuk ke pemandian air panas Cangar. Foto: Gmap/Oka Mahendra

Baca: Tiket Masuk STONE NIGHT SPECTACULER (BNS) dan 10 Wahana Keren

Di beberapa tempat di sekitar kolam terdapat gazebo. Gazebo ini bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Pengunjung juga dapat menyimpan barang-barang mereka di gazebo ini. Serta orang tua dapat melihat anak-anak mereka bermain di kolam renang.

Duduk santai di gazebo, pengunjung bisa mencicipi kuliner khas Cangar. Yakni lakban hitam dan tetel, yang menjadi sajian nikmat menemani bersantai di gazebo. Jika tidak sedang sakit maag, pengunjung juga bisa menikmati badhek yaitu air beras ketan hitam. Masakan ini sangat nikmat, apalagi dinikmati di udara dingin daerah Cangar.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cangar

Obyek wisata pemandian air panas ini melengkapi kunjungannya dengan fasilitas pendukung. Diantaranya toilet, mushola dan toilet dengan air panas yang cukup sehingga tidak perlu antre. Disini juga terdapat gazebo, serta tempat bermain untuk anak-anak. Deretan penjaja makanan dan cinderamata pun ikut memeriahkan suasana kawasan wisata tersebut.

Lokasi Pemandian Air Panas Cangar

Obyek wisata ini terletak di Desa Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Yang bisa ditempuh dengan dua jalur. Rute pertama dimulai dari arah Batu – Tebing Kawah – Sumber Brantas – Cangar. Sedangkan jalur kedua melewati wilayah Pacet – Mojokerto – Kampung Sendi – Tahura Soeryo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button