Tiket masuk wisata alam Kawah Kamojang Garut dengan background pegunungan - WisataHits
Jawa Barat

Tiket masuk wisata alam Kawah Kamojang Garut dengan background pegunungan

Kawah Kamojang Garut merupakan tempat wisata, salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif. Kawah ini dikelola oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan Pertamina. Uap yang dihasilkan di sini dari kawah berasal dari bagian dalam bumi dan digunakan sebagai tenaga uap.

Pemandangan gunung berkabut yang indah. Kawah pertama yang dilihat saat berkunjung adalah dua kawah yang berbentuk seperti danau uap. PLTP ini pertama kali dibangun pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1926 dan diresmikan oleh Presiden Suharto pada tahun 1983.

Menurut Kuncen atau Penjaga Kawah, uap yang dihasilkan sangat baik untuk kesehatan kulit dan baunya dapat meningkatkan sirkulasi dan pernapasan. Uapnya yang membuat banyak wisatawan datang ke tempat wisata alam ini.

Legenda Asal Usul Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang dikaitkan dengan cerita Simojang atau gadis. Asal usul Kawah Kamojang konon merupakan tempat tinggal seorang gadis muda bersama orang tuanya dahulu kala. Suatu hari gadis itu ditawari untuk menikah dengan seorang lelaki tua untuk menjadi istri kelimanya. Karena penolakannya, Mojang melarikan diri ke hutan.

Orang tuanya mencari keberadaan Mojang. Berbagai upaya telah dilakukan sia-sia. Oleh karena itu, tempat menghilangnya gadis itu diberi nama dan dikenal sebagai Kamojan. Sampai hari ini, legenda ini tersebar luas di kalangan masyarakat umum. Berikut adalah 5 objek wisata Kawah Kamojang Garut.

1. Mandi uap Kawah Kamojang Garut

Ada 32 kawah di Kawah Kamojang, di antaranya: Kawah kereta api yang terdengar seperti kereta api tua, kawah Manuk yang berbunyi seperti siulan burung, dan kawah hujan tempat mandi pengunjung. Dikatakan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Wisatawan yang datang untuk mandi sauna atau untuk menenangkan pikiran. Menariknya, telur mentah yang dikukus bisa dimakan sekitar 10 menit kemudian, karena suhu airnya sekitar ±100 derajat Celcius.

2. Lihat pemandangan dari Jembatan Bukit Kamojang

Jembatan Bukit Kamojang untuk melihat Indahnya Cahaya Kota, bila warga Majalaya sering menyebut jembatan ini Jembatan Koneng, jembatan ini bahkan bisa dilihat di rumah saya. Jembatan Koneng sangat ikonik dengan warna kuningnya yang mencolok dan berada di atas ketinggian Gunung Kamojang.

Wisatawan juga bisa menuju ke Jembatan Bukit Kamojang. Jembatan ini adalah Jembatan Konnen yang sangat ikonik dengan warna kuningnya yang mencolok, membentang dari ketinggian Gunung Kamojang.

3. Kawasan Kawah Kamojang Garut penghasil energi panas bumi

Luasnya sekitar 10 hektar, namun hanya 8 hektar yang bisa dilalui pengunjung, selebihnya sedang direnovasi. Kawah Kamojang berbentuk seperti gua, dari mana uap panas bumi keluar melalui lorong gua. Uap panas bumi, dan itulah yang membuat Kawah Kamojang begitu istimewa.

4. Melihat Curug Madi dan Danau Ciharus

Di sebelah kawah terdapat air terjun bernama Madi dan danau bernama Danau Ciharus yang berada di tengah hutan belantara. Sebaiknya datang di pagi hari agar Anda punya cukup waktu untuk melihat Curug Madi dan Danau Ciharus.

5. Bermalam di Bumi Perkemahan Kawah Kamojang Garut

Wisatawan dapat bersantai di Taman Alam Kawah Kamojang dengan mendirikan tenda dan tidur di lingkungan alam. Ada tempat perkemahan khusus di daerah ini yang disebut Bumi Perkemahan Kamojang.

Untuk menuju lokasi perkemahan, pengunjung dapat menempuh beberapa rute yang telah disediakan. Rute yang paling direkomendasikan adalah melalui daerah Garut. Kondisi jalan di jalur ini cukup baik, sehingga berbagai jenis kendaraan bisa lewat.

harga tiket Kawah Kamojang Garut

Harga tiket masuknya Rp 7000 – Rp 9500. Fasilitas seperti parkir, food court, toilet bersih, tempat sampah, gazebo, pancuran air panas seharga Rp 4000.

Alamat Kawah Kamojang Garut

Situs tersebut terletak di kawasan panas bumi PLTU Kamojang Garut, yang berada di perbatasan kecamatan Ibun, kabupaten Bandung.

Kawah ini terletak di daerah Samarang, Garut, Jawa Barat dengan ketinggian 1.730 m di atas permukaan laut. Suhu di Kawah Kamojang sangat dingin dan disarankan untuk membawa jaket tebal.

Artikel menarik lainnya: 4 Tempat Wisata Wisata Alam Lapangan Peternakan Sentul Palemboko dengan Kolam Renang di Bogor

Akomodasi di dekat Kamojang Green Hotel and Resort

Wisatawan dapat menginap di Kamojang Green Hotel and Resort, yang terletak dalam kondisi yang menguntungkan. Lokasinya berjarak 15,8 km dari pusat kota dan menawarkan akses mudah menuju Kawah Kamojang Garut.

Demikian artikel tentang Kawah Kamojang Garut yang bisa menjadi pilihan wisata saat anda berkunjung ke kota Garut. Fenomena alam ini indah ketika Anda menikmati sauna dengan cara yang alami.

Artikel menarik lainnya: Camping Cibuluh Land Sentul Camping dan menginap di Villa Bogor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button