Tiket GUNUNG PUTANG dan 7 atraksi - WisataHits
wisatahits

Tiket GUNUNG PUTANG dan 7 atraksi

Tiket GUNUNG PUTANG dan 7 atraksi

Harga Tiket Masuk Gunung Puntang: Rp 25.000 – Rp 300.000 Jam Buka: 24 jam Telp: +62 812-8086-4366

Gunung Puntang adalah sebuah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Bandung. Lokasi tepatnya berada di Desa Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran. Jaraknya sekitar 30 kilometer dengan mobil dari kota Bandung ke arah selatan.

Reputasi Gunung Puntang sebagai destinasi wisata memang tidak perlu diragukan lagi. Gunung ini sudah populer sebagai tujuan pendakian, berkemah dan rekreasi alam lainnya. Keindahan alamnya mampu memukau siapa saja yang berkunjung. Berbagai wahana alamnya juga sangat cocok untuk liburan solo atau keluarga.

Tiket masuk Gunung Puntang

Sistem tiket masuk Gunung Puntang dibedakan untuk pengunjung lokal dan asing. Tiket masuk bagi pengunjung yang ingin berkemah juga dibedakan. Sementara itu, tiket masuk ini tidak berlaku untuk kegiatan khusus seperti syuting atau pre-wedding.

Tiket masuk Gunung Puntang
Tiket masuk wisata nusantara Rp25.000
Tiket masuk turis internasional Rp 55.000
Tiket perkemahan Rp 35.000
Tiket masuk sepeda Rp25.000
Tiket Masuk Mega Peak Rock Climb Rp 30.000
Memblokir perkemahan Rp 300.000
Tiket Masuk Jalur Goa Rp 7.500
Saung Talabah (2 jam) Rp25.000
Sebelum pernikahan Rp 500.000
Tiket kendaraan
2 roda Rp 7.000
4 roda Rp 12.000
6. roda Rp 30.000
berkemah roda 2 Rp 8.000
berkemah roda 4 Rp 17.000
berkemah roda 6 Rp 35.000

Baca: Tiket Masuk Taman Wisata Bougenville Bandung dan Beragam Kegiatannya

Jam buka

Gunung Puntang masih dibuka untuk umum setiap hari. Selain hari biasa dan akhir pekan, Gunung Puntang juga buka pada hari libur. Musim kemarau umumnya merupakan musim tersibuk untuk kegiatan berkemah atau mendaki di sini.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Wisata Gunung Puntang

Panorama matahari terbit dari puncak Gunung PuntangGunung Puntang adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer di Kabupaten Bandung – Foto: Google Maps/DM Hanif

Gunung Puntang merupakan salah satu gunung yang ada di Kabupaten Bandung. Gunung ini sering menjadi referensi bagi anak muda pecinta alam di sekitar Bandung Raya. Lokasinya mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh. Terletak di desa Cimaung, kabupaten Banjaran.

Gunung yang memiliki ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut ini masih merupakan rangkaian Pegunungan Malabar. Suasananya selalu sangat asri dan alami. Selain itu, gunung ini juga menawarkan sejumlah pemandangan alam built-in untuk segala usia. Beberapa aktivitas di gunung ini antara lain:

Baca: GUNUNG PAPANDAYA: tiket masuk dan aktivitasnya

melakukan perjalanan

Lekukan Mega Peak yang luar biasa dilihat dari Gunung PuntangPemandangan saat mendekati Mega Peak – Foto: Google Maps/Dyah Lestari

Berbicara tentang gunung tentunya tidak lepas dari kegiatan mendaki atau climbing melakukan perjalanan. Gunung Puntang pun tak luput dari daftar destinasi pendakian bagi penikmat aktivitas ini. Puncak tertinggi, Mega Peak, menawarkan panorama dari ketinggian 2.223 meter di atas permukaan laut. Puncak “Dragon’s Back” juga menjadi spot favorit untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Pendakian Gunung Puntang tidak terlalu sulit. Medannya cukup menantang dengan berbagai tanjakan dan turunan. Rute dimulai pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, sehingga rutenya cukup pendek. Bagi pendaki pemula, gunung ini menjadi salah satu rekomendasi sebagai tempat berlatih atau beradaptasi melakukan perjalanan.

Waktu tempuh menuju puncak kurang lebih 4 jam. Keindahan pemandangan hingga Mega Peak membuat Anda terkesima sejenak. Sejauh mata memandang, lekukan elegan Pegunungan Malabar tampak hijau. Kaki yang lelah dan sakit juga tampaknya terbayar.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Wahana MONT HALIMUN SALAK

Berkemah di Gunung Puntang

Tenda di area Love PoolAda banyak camping ground di Gunung Puntang dengan nuansa dan suasana yang berbeda – Foto: Google Maps/Anissa Yuliani

Selama ini kawasan wisata alam Gunung Puntang merupakan salah satu yang dikembangkan di Bandung Raya. Penataan ini selaras dengan lingkungan alam tanpa merusaknya. Hal ini terlihat dari tersedianya sejumlah camping ground yang tertata rapi.

Ya, kawasan pegunungan ini memang surganya para pecinta camping. Tempat ini terdiri dari beberapa perkemahan yang dibagi menjadi blok-blok terpisah. Setiap spot menyuguhkan suasana dan pemandangan yang berbeda.

Plus, beberapa perkemahan bahkan memiliki akses jalan masuk. Hal ini tentu memudahkan keluarga untuk membawa anak-anak. Fasilitas penunjang seperti toilet dan perlengkapan camping juga tersedia lengkap. Berkemah di sini bisa menjadi pengalaman menarik bagi si kecil.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Aktivitas GUNUNG PUTRI Lembang

pendidikan kopi

Warga sekitar Gunung Puntang telah dilatih budidaya kopi Puntang. Kopi asli lokal ini merupakan varian kopi dari Indonesia yang sudah mendunia. Rasanya memiliki ciri agak manis dan asam. Rasa yang unik ini menjadikannya tempat istimewa bagi pecinta kopi.

Wisatawan ke Gunung Puntang juga bisa menikmati kafe ini. Disini terdapat wisata edukasi seputar budidaya dan pengolahan kopi Puntang. Peserta akan belajar tentang transformasi kopi dari kebun menjadi minuman siap saji. Jenis wisata ini tentu sayang jika dilewatkan, apalagi jika berhubungan langsung dengan produk kopi kelas dunia.

Baca Juga : Tiket Masuk dan Atraksi Wisata Gunung Tangkuban Parahu

Berbagai air terjun

Aliran air terjun SiliwangiKeindahan Curug Siliwangi, Salah Satu Air Terjun Gunung Puntang – Foto: Google Maps/Rival Ahsanudin

Gunung Puntang juga memiliki sejumlah air terjun cantik yang agak tersembunyi. Beberapa lokasi air terjun hanya dapat dicapai dengan bantuan seorang pemandu. Namun, secara keseluruhan trek ini sangat cocok untuk trekking.

Air terjun yang paling populer adalah Curug Siliwangi. Salah satu air terjun tertinggi di Jawa ini memiliki ketinggian hingga 150 meter. Bentuknya berupa air terjun bertingkat sebagai hiasan taman buatan. Airnya jernih dan bisa menjadi tempat bermain atau bersantai sejenak.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Rumah Gibbon

Ekosistem Gunung Puntang merupakan rumah yang nyaman bagi spesies owa. Satwa primata ini sangat dilindungi oleh pengelola dan warga sekitar Gunung Puntang. Wajar saja, karena hewan ini termasuk hewan langka.

Jika beruntung, pengunjung yang melakukan aktivitas di kawasan pegunungan ini bisa menemukannya. Namun, tidak perlu khawatir karena pengunjung masih bisa melihatnya melalui layar secara bertahap. Sutradara menyediakan wahana bertajuk Natural Gibbon Cinema.

Wisatawan akan diajak menonton pertunjukan owa. Penyaringan ini berlangsung secara sederhana di sebuah bilik kayu dengan sistem plug-in screen. Staf pemandu dengan senang hati menjelaskan dan menjawab pertanyaan tentang owa. Ada juga berbagai memorabilia bertema owa, lho.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bandung: 49 Destinasi Terlengkap

Situs bersejarah

Puing-puing Stasiun MalabarJejak kemegahan Stasiun Malabar masih bisa dilihat hingga saat ini melalui sisa-sisa reruntuhannya – Foto: Google Maps/Budi Surya Nugraha

Beberapa gunung juga merupakan rumah bagi situs bersejarah. Gunung Puntang cukup erat kaitannya dengan zaman penjajahan Belanda. Gunung ini pernah menjadi lokasi fasilitas penting, yaitu Stasiun Radio Malabar.

Reruntuhan bangunan terletak di kaki gunung. Meski hanya puing-puing, kemegahan masa lalu tetap ada. Stasiun radio ini tercatat sebagai salah satu radio tercanggih pada masanya. Radio ini bisa menjadi sarana komunikasi yang menjangkau Belanda.

Di bagian depan sisa bangunan, ada kolam renang tua bernama Love Pool. Disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai bentuk hati. Padahal kolam ini sebenarnya berbentuk seperti anak panah yang menunjuk ke Belanda. Kompleks stasiun ini dikelilingi oleh pegunungan dan memberikan tampilan yang indah.

Situs sejarah lain yang terletak di sini adalah Gua Belanda. Pengunjung dapat menjelajahi salah satu peninggalan perang tersebut. Tempat ini telah mengalami konversi alami menjadi sarang kelelawar.

Tur jalan kaki gunung

Pemandangan di sekitar vila di taman wisata BougenvilleVilla yang dibangun tidak jauh dari sungai ini menawarkan suasana alam yang menenangkan – Foto: Google Maps/Irma Suryania

Banyak tempat wisata yang bisa dijajal tanpa harus mendaki ke puncak Puntang. Di kaki gunung terdapat sejumlah tempat wisata menarik. Misalnya Taman Wisata Bougenville dan Puncak Bukit Harapan.

Bougenville Tourist Park adalah tempat rekreasi eksklusif bagi mereka yang menyukai kenyamanan. Daya tarik utama adalah fasilitas villa yang mengelilingi suasana hutan alam. Taman ini memiliki kolam renang dan berbagai wahana rekreasi lainnya. Sejumlah kegiatan seperti yoga juga sering dilakukan di sini.

Puncak Bukit Harapan masih menjadi bagian dari Kawasan Wisata Gunung Puntang. Tempat ini awalnya hanya sebuah taman selfie karena pemandangannya yang indah. Saat ini, jalur khusus sepeda telah dibuka bagi mereka yang ingin merasakan sensasi bersepeda gunung yang menantang.

Fasilitas Gunung Puntang

Sarana dan prasarana penunjang wisata di Gunung Puntang sangat lengkap. Sangat mudah untuk menemukan area parkir, toilet, kamar mandi, mushola dan warung makan di sini. Pengelola juga menyediakan penyewaan peralatan camping dan akomodasi berupa villa. Layanan pemandu sebaiknya digunakan bagi pengunjung yang ingin menuju ke tempat-tempat tertentu dengan akses jalan yang sulit.

Lokasi Gunung Puntang

Gunung Puntang terletak di Desa Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Akses termudah menuju ke sana dari Kota Bandung adalah melalui Tol Buah Batu atau Tol Soreang. Jalan menuju lokasi agak sempit tapi kondisinya sudah beraspal dan sangat bagus.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button