Tiket dan Kegiatan Kebun Raya Indrokilo - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Kegiatan Kebun Raya Indrokilo

Tiket dan Kegiatan Kebun Raya Indrokilo

Harga tiket masuk Kebun Raya Indrokilo: Rp 5.500. Jam buka: 08:00 – 16:00 WIB. Nomor Telepon : 0821 3600 5656. Alamat : Area Sawah, Butuh, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57482.

Boyolali kini memiliki destinasi wisata edukasi baru yang ikonik dan menarik untuk dikunjungi. Timur Kebun Raya Inndrokilokebun raya yang masih dalam tahap pembangunan dan penyelesaian.

Meski begitu, kebun raya ini sudah bisa dikunjungi wisatawan. Sembari berekreasi, wisatawan bisa menambahkan sekilas tentang ragam tumbuhan yang ada di hutan hujan dataran rendah Jawa Timur.

Tiket masuk

Pengunjung tidak perlu khawatir, karena harga tiket masuk Kebun Raya Indrokilo sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp5.500

Baca: Tiket Masuk NEW SELO Boyolali dan Spot Foto Unik

  • Reservasi melalui aplikasi Si Boy (Sahabat Indrokilo Boyolali).

Jam operasional

Untuk saat ini, objek wisata tersebut hanya dibuka untuk kunjungan siang hari. Namun, kedepannya kebun raya ini akan memiliki jam berkunjung pada malam hari.

Jam buka
selasa-minggu 08.00 – 16.00 WIB
Senin TUTUP

Daya tarik Kebun Raya Indrokilo

Gerbang Kebun Raya IndrokiloGerbang kedatangan Kebun Raya Indrokilo – Foto: Google Maps/Den Baguse Trie

Kebun Raya Indrokilo merupakan salah satu bentuk inisiatif pemerintah Boyolali dalam gerakan pelestarian dan pelestarian alam. Kebun raya yang diresmikan pada Mei 2019 ini berdiri di lahan yang dulunya merupakan tegalan desa. Sebelumnya, kawasan ini dikenal mistis karena terbengkalai.

Di bawah pengawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kebun Raya Indrokilo diharapkan menampung tanaman dari hutan hujan dataran rendah Jawa bagian timur. Saat ini kebun raya ini sudah memiliki lebih dari 6000 spesies tumbuhan, termasuk spesies langka. Wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas di sini, mulai dari edukasi tanaman, piknik, hingga hunting selfie di berbagai tempat menarik.

Baca: Tempat Wisata Menarik di Boyolali

Pendidikan tanaman

Taman Pak PakuanTaman koleksi pakis dengan arsitektur kubah – Foto: Google Maps/Ilham Saputra

Kebun Raya Indrokilo dibangun di atas lahan seluas 9,35 hektar. Tanah yang digunakan termasuk dalam kategori tanah latosol dengan kemampuan menahan air yang rendah. Dengan mengubah fungsi lahan menjadi kebun raya, kawasan ini akan menjadi kawasan konservasi air sekaligus penghasil oksigen. Kebun raya ini juga membuat kawasan yang semula panas dan gersang menjadi lebih sejuk.

Saat ini, area kebun raya memiliki lebih dari 900 spesimen koleksi tanaman yang telah ditanam. Pengunjung sudah bisa melihat salah satu taman koleksi yang sudah lengkap, yaitu Taman Paku-pakuan. Taman dengan beragam koleksi spesies pakis ini dibangun dalam struktur kubah yang menarik.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Umbul Sewu Pengging Boyolali

Selain pakis, berbagai taman tematik juga akan dibangun di sini. Beberapa di antaranya adalah kebun buah lokal dan kebun koleksi bambu. Selama berwisata di taman ini, pengunjung akan disuguhi informasi tentang tumbuhan.

Monumen ikonik

Pintu masukGerbang Pasingsingan adalah replika Chiang Kai Shek di Taipei – Foto: Google Maps/Diana Apriliyanti

Kebun Raya Indrokilo sudah memiliki beberapa monumen dan bangunan unik. Semua monumen tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke sini. Sebut saja Gapura Pasingsingan, Patung Sosro Birowo dan Replika Air Terjun Niagara.

Gerbang Pasingsingan merupakan pintu gerbang yang akan menyambut wisatawan yang datang ke sini. Gerbang dengan tinggi 12 meter dan lebar 25 meter ini merupakan replika dari Tugu Peringatan Chiang Kai Shek di Taipei. Nama Pasingsingan sendiri diambil dari cerita Nagasasra Belt Inten karya SH Mintarja.

Baca: Alun-alun Kidul Boyolali 7 Aktivitas Seru

Patung Sosrobirowo merupakan patung setinggi 17 meter yang juga menyambut Anda di gerbang kedatangan. Sosrobirowo adalah nama ajian milik Mahesa Jenar, mantan pengawal raja yang sangat kuat. Itu juga merupakan bagian dari sejarah Nagasasra Belt Inten.

Di bagian barat kebun raya, terdapat replika Air Terjun Niagara Amerika Serikat yang terkenal. Air terjun ini mengalir di sepanjang tembok hitam setinggi 7 meter dan lebar 34 meter. Saat ini, air terjun ini hanya beroperasi saat ada acara atau hari libur.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Bogor, Jam Buka, Kegiatan, Fasilitas dan Lokasi

Taman Labirin

Saat berkunjung ke Kebun Raya Indrokilo, tentunya harus menyempatkan diri untuk bermain di Taman Labirin. Dinding labirin terbuat dari semak yang terpotong. Citra udara Taman Labirin akan menunjukkan bentuknya yang seperti gunung.

Dinding labirin tidak terlalu tinggi, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tersesat atau kesulitan mencari jalan keluar. Bentuknya yang unik membuat taman ini populer sebagai spot foto.

Menara Observasi Lantai Kaca

menara observasiPengunjung dapat mengagumi pemandangan Kebun Raya Indrokilo melalui menara observasi – Foto: Google Maps/Choirull Maher

Kendaraan ini merupakan kendaraan yang baru selesai dibangun dan dibuka untuk umum. Menara observasi Kebun Raya Indrokilo setinggi 15 meter dan didominasi warna merah. Pos pengamatan di bagian atas dilengkapi dengan lantai kaca tembus pandang. Dari atas sana, pengunjung bisa menikmati pemandangan 360 derajat di sini.

Beberapa peraturan harus diperhatikan jika ingin menaiki menara ini. Pengunjung lanjut usia, anak-anak di bawah usia 10 tahun, serta penderita penyakit jantung dan fobia ketinggian tidak diperbolehkan menaiki menara ini. Selain itu, pengunjung harus memakai sepatu khusus yang telah disediakan. Fungsinya bukan untuk merusak permukaan lantai yang terbuat dari kaca.

Aktifitas lain

Area keluar Kebun Raya IndrokiloArea keluar dapat digunakan dari anak-anak hingga dewasa – Foto: Google Maps/Sangkakala Chanel

Kebun Raya Indrokilo merupakan zona bebas emisi kendaraan. Pengunjung tidak diperkenankan masuk menggunakan mobil, sepeda motor dan kendaraan bermotor lainnya. Jika ingin berkeliling, pengunjung bisa menggunakan sepeda pribadi atau sewaan, sepeda listrik atau jalan kaki.

Tanah berumput terbuka yang luas juga dapat digunakan sebagai area piknik. Pengunjung bisa menikmati suasana asri ini dengan menggelar tikar dan menikmati perbekalan yang mereka bawa. Kegiatan ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga.

Di kebun raya ini juga menyediakan area keluar. Ada wahana yang berbeda keluar sulit bagi orang dewasa atau anak-anak. Wahananya beragam mulai dari catwalk, sarang laba-laba, hingga rubah terbang melewati kolam.

Fasilitas Kebun Raya Indrokilo

Meski masih dalam tahap pembangunan, fasilitas umum yang tersedia sudah cukup memadai. Fasilitas tersebut adalah tempat parkir, mushola dan toilet. Belum banyak warung atau warung yang ada di kawasan Kebun Raya ini.

Kebun Raya Indrokilo juga dilengkapi dengan menara observasi, taman labirin, dan taman koleksi pakis. Ada sepeda kayuh dan sepeda listrik sebagai alat transportasi di Kebun Raya.

Lokasi Kebun Raya Indrokilo

Kebun raya ini terletak di Desa Tempurejo, Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Obyek wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi karena akses jalan yang bagus dan mulus. Kebun Raya Indrokilo hanya bisa dinikmati dengan berjalan kaki, bersepeda atau kendaraan lain yang ramah lingkungan dan bebas emisi.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button