Tiket dan Atraksi KAWAH WAYANG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi KAWAH WAYANG

Tiket dan Atraksi KAWAH WAYANG

Harga tiket masuk Kawah Wayang : Rp 10.000 – Rp 25.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Sukamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378.

kawah boneka merupakan destinasi geowisata menarik berbasis agroforestri di Pengalengan Bandung. Tempat wisata ini merupakan kawah Gunung Wayang yang berketinggian 2.182 m. Gunung Wayang sebenarnya merupakan gunung api kembar yang bersebelahan dengan Gunung Windu. Selain sebagai tempat wisata, kawasan ini juga menjadi lokasi proyek sumber daya panas bumi yang aktif, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Wayang Windu.

Destinasi wisata Kawah Wayang menawarkan pemandangan kawah dengan asap mengepul sebagai panorama utamanya. Selain itu di sekitar area juga terdapat pool walk, jalur sepeda sampai lintas alam. Lalu ada juga tempat perkemahan lebar. Sehingga pengunjung yang datang bisa menjajal aktivitas seru di berbagai wahana yang ada.

Harga Tiket Masuk Kawah Wayang

Tarif masuk ke tempat wisata ini tidak mahal dan masih cukup terjangkau bagi wisatawan. Nantinya, sebagian uang hasil penjualan tiket akan digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Seperti perawatan pohon dan penanaman pohon di sekitar kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk Kawah Wayang
Tiket masuk Rp 10.000
Pendakian Wayang Rp 25.000

Baca: Tiket SITU CILEUNCA Bandung dan Berbagai Kegiatannya

Jam buka

Kawah Wayang terbuka untuk semua orang sepanjang hari dan bisa datang kapan saja. Namun, pengunjung harus membatasi kunjungan hingga pukul 6 sore saja. Karena pencahayaannya masih minim, sehingga akan gelap pada malam hari. Namun, jika pengunjung membutuhkan penerangan, tersedia genset dari pihak pengelola.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Objek Wisata Kawah Wayang

Pandang Viewpoint adalah jembatan kayu di atas Kawah WayangPos pengamatan berupa jembatan kayu. Foto: google maps/Sentosa Surya

Destinasi wisata ini menjadi tempat rekreasi alternatif bagi keluarga. Kawah yang menarik dengan berbagai fasilitas menjadi magnet bagi tempat ini. Berikut adalah beberapa atraksi yang bisa dinikmati di sini.

Berbalut asap panas yang beruap terlihat memukau

Hasil seni fotografi di kawah WayangAmbil foto dengan pemandangan bukit kawah yang diselimuti asap. Foto: google maps/Hai sayang

Untuk mencapai kawah, wisatawan harus menempuh jalan menanjak, tangga kayu, dan jembatan kayu. Dari kejauhan, tercium bau belerang yang menyengat khas pegunungan vulkanik. Kawasan kawah hanyalah bebatuan yang dipenuhi asap putih.

Bagi yang suka berfoto, pemandangan ini menawarkan efek foto yang menarik. Efek asap dan kabut yang dihasilkan bisa membuat foto menjadi sangat ajaib.

Baca: Tiket dan Aktivitas TAMAN SKY Pangalengan

jalur sepeda

Sepeda bisa parkir di depan kawahSepeda bisa parkir di depan Kawah Wayang. Foto: google maps/Didin Upay

Ada 2 akses untuk mendaki ke lokasi kawah, ada akses tangga dan akses sepeda. Jika Anda membawa sepeda, tersedia jalur sepeda. Hal ini memungkinkan pengunjung yang membawa sepeda dapat langsung parkir di depan kawah. Ada juga area parkir khusus sepeda yang letaknya sangat dekat dengan kawah.

Mendaki Gunung Wayang

Mendaki ke puncak Gunung WayangMendaki ke puncak Gunung Wayang. Foto: google maps/Iguana Asep

Kawasan Kawah Wayang juga populer sebagai titik pendakian Gunung Wayang. Jalur pendakian dimulai dari pendakian kawah wayang yang berbatu tanpa vegetasi dan berasap. Kemudian naik ke areal vegetasi yang sudah mulai rimbun dengan semak-semak dan pepohonan hijau. Sesampainya di puncak gunung, pengunjung tidak akan kecewa karena bisa menyaksikan pemandangan perbukitan yang indah.

pengunjung amatir lintas alam Anda bisa menyalurkan hobi Anda ke tempat ini dengan membawa perlengkapan sendiri. Bagi wisatawan yang ingin lintas alam harus membayar tiket khusus. Banyak orang menyukai Gunung Wayang sebagai tujuan pendakian. Bahkan ada kegiatan lintas alam bersertifikat untuk peserta sebagai kenang-kenangan.

Baca: Tiket PESONA PADAAWAS dan Berbagai Kegiatannya

Kolam Kawah Wayang

Area Kolam Air Panas Kawah WayangArea kolam air panas. Foto: google maps/sssst

Terdapat 2 kolam air panas berdekatan yang cukup luas dan berundak. Kolam dengan posisi lebih tinggi merupakan kolam air campuran, sehingga cenderung hangat. Sementara kolam dasar memiliki air yang lebih hangat, hanya sedikit orang yang berenang. Meski begitu, hot tub masih tergolong aman untuk anak-anak. Karena tinggi panggul hanya sebatas paha orang dewasa.

Selain wisatawan yang datang khusus untuk mandi. Tak sedikit juga yang menyempatkan diri untuk berendam usai beraktivitas lintas alam. Berendam di bak mandi air panas dapat merelaksasikan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengendurkan otot.

Baca: Tiket dan Aktivitas NIMO HIGHLAND

Gazebo untuk piknik

Di kawasan ini, terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dinikmati pengunjung. Beberapa gazebo tersebar di sekitar area parkir dan beberapa di sekitar kolam spa. Duduk di atas gazebo, Anda bisa sekaligus menikmati pemandangan hijau yang mengelilinginya.

Di belvedere, pengunjung dapat berpiknik bersama keluarga, teman atau pasangan. Bisa duduk santai di gazebo sambil buka bekal makanan. Tidak ada penjual makanan di lokasi ini, jadi sebaiknya bawa perbekalan sendiri.

Baca: Tiket dan Atraksi KAWAH PUTIH

Bumi Perkemahan Kawah Wayang

Area Perkemahan Kawah WayangArea Perkemahan Kawah Wayang

Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan berkemah di kawasan Kawah Wayang. Untuk berkemah, pengunjung harus membayar tiket. Tidak ada tenda yang disewakan di lokasi ini. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin berkemah harus membawa perlengkapan dan perbekalan sendiri.

Akses menuju kawah Wayang

Untuk menuju tempat wisata ini, pengunjung harus menempuh jalan yang belum diaspal. Jalannya masih alami berbatu dan cukup terjal. Pengunjung akan memasuki kawasan hutan Pangkuan dari desa Sukamanah Pangalengan. Hutannya sangat indah dengan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Setelah sampai di tempat parkir, pengunjung harus berjalan menuju kawah Wayang dengan jalan menanjak. Pintu masuknya ditata dengan tangga dan terdapat jembatan kayu yang memudahkan untuk bergerak. Pendakian yang cukup melelahkan namun akan terbayar dengan keindahan pesona kawahnya.

Kemudahan

Fasilitas di tempat wisata Kawah Wayang ini cukup lengkap. Ada toilet, kolam renang, gazebo atau cabana, jalur sepeda, dan tempat parkir yang nyaman. Toiletnya memiliki air yang agak panas, jadi pengunjung harus berhati-hati saat menggunakannya. Fasilitas penerangan tersedia pada malam hari, tetapi generator dibayar sebagai pengganti biaya bensin.

Lokasi Kawah Wayang

Wisata kawah ini terletak di desa Sukamanah, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. Dari pusat kota Bandung ke lokasi berjarak kurang lebih 53 kilometer. Setelah dicapai dengan kendaraan, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 57 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button