Tiket dan Aktivitas MUSEUM ULLEN SENTALU - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas MUSEUM ULLEN SENTALU

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu: Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Jam buka: 08:30 – 16:00 WIB. Nomor telepon: 0274-895-161. Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55582.

Wisata sejarah di Jogjakarta memang tidak ada habisnya. Museum Ullen Sentalu, saksi bisu keberadaan dinasti Mataram yang masih eksis sampai sekarang. Saat ini banyak pengunjung yang datang ke Museum untuk belajar sekaligus berwisata.

Berada di pegunungan, pengunjung akan disambut dengan udara sejuk bersuhu 15-25 derajat Celcius. Pengunjung juga akan merasa lebih tenang berkat kesunyian yang menyatu dengan alam. Pemandangan di sekitar museum seolah menyatu dengan benda-benda bersejarah museum.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Untuk dapat masuk ke Museum Ullen Sentalu, tiket masuk dikenakan biaya yang berbeda-beda. Pengunjung bisa membeli tiket mulai dari Rp 50.000.

Biaya masuk
Tiket Masuk Wisata Mataram Adiluhung Rp 50.000
Tiket masuk untuk tur Vorstenlanden Rp 100.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas World Landmarks Merapi Park

Beli tiket Anda di situs web: tiket.ullensentalu.com

Jam Buka Museum Ullen Sentalu

Museum buka Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Pembelian tiket untuk kunjungan terakhir dilakukan 30 menit sebelum tutup.

Jejak Dinasti Mataram di Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen SentaluMuseum Ullen Sentalu Yogyakarta. Foto: Gmap/Rosalia Destarisa

Museum Ullen Sentalu terletak di lahan seluas 1,2 hektar. Lambat laun berkembang menjadi nDalem Kaswargan, yang berarti Rumah Surga. Rumah Surga menggambarkan suasana museum yang damai dan asri.

Dari pintu masuk, pengunjung akan menemukan ruang pameran berupa art shop dan restoran. Jalan yang dilalui berupa tikungan, anak tangga dan labirin yang memberikan kesan pegunungan yang indah. Di sekelilingnya terdapat kolam, taman, gapura dan tembok yang melambangkan keagungan para leluhur.

Museum budaya ini menampilkan berbagai peninggalan, mulai dari patung dan artefak sejarah. Semuanya masih terawat dengan baik. Tak hanya itu, event-event pun kerap digelar di sini, bahkan bertaraf internasional.

Baca: Tiket Masuk LOST WORLD Castle Yogya dan 5 Spot Foto Keren

Kolam Museum Ullen SentaluKolam di sekitar area museum. Foto: Gmap/Dita Retno

Saat mengunjungi museum ini, alangkah baiknya jika Anda menggunakan jasa pemandu wisata. Nantinya guide akan menceritakan semua tentang Ullen Sentalu. Dan tentunya panduan ini dapat menjelaskan kepada Anda dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Panduan di sini disebut Tur Pendidik. Educator Tour bertanggung jawab membawa pengunjung dalam eksplorasi seni dan budaya Ullen Sentalu. Disebut Educator karena guide ini benar-benar mengedukasi pengunjung melalui penjelasannya.

Selain bahasa Indonesia dan Inggris, pengunjung juga bisa mendapatkan penjelasan dalam bahasa lain. Pengunjung dapat memilih tur audio, dimana pengunjung dapat mendengarkan penjelasan audio. Tidak perlu pemandu wisata, audio menyediakan bahasa Cina, Belanda, dan Jepang.

Audio ini gratis untuk wisatawan. Syaratnya hanya menitipkan kartu identitas dan kembali paling lambat 90 menit.

Baca: Tiket Masuk Candi PRAMBANAN dan 8 Kegiatan Utama

Program eksplorasi budaya

Selain wisata di dalam museum, Ullen Sentalu juga menawarkan program eksplorasi budaya. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan keragaman seni dan budaya di luar museum. Baik di sekitar museum maupun di Kaliurang, hingga Kotagede.

Dalam program eksplorasi budaya ini dapat berupa kelompok kecil maupun kelompok besar. Untuk kelompok yang lebih besar, reservasi dapat dilakukan terlebih dahulu.

Berpartisipasi dalam kegiatan klub diskusi Ullen Sentalu

pemandangan indah Ullen SentaluPemandangan indah di Ullen Sentalu. Foto: Gmap/Mas Yossie

Di museum ini diadakan acara rutin yang disebut Klub Diskusi. Seperti namanya, klub ini akan membahas berbagai topik terkait budaya. Jumlah maksimal peserta chat adalah 10 orang, agar lebih fokus dan semua peserta bisa aktif.

Tema akan ditentukan oleh pihak museum, namun tentunya terkait dengan budaya. Diharapkan diskusi ini dapat berkontribusi pada pelestarian budaya. Serta bertukar pikiran tentang budaya dan kehidupan modern saat ini.

Selain itu, Museum juga sering menyelenggarakan pemutaran film dokumenter. Film dokumenter ini bercerita tentang berdirinya Kraton dan terbentuknya kota Jogja.

Baca: Tiket Masuk Punthuk Setumbu Magelang dan Top 5 Aktivitas

Fasilitas Museum Ullen Sentalu

Selain museum, ada juga toko dan ruang pameran bernama Kaligonal. Di sini selain menampilkan pameran, juga menampilkan pagelaran budaya. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas makan dengan menu Indonesia dan mancanegara.

Lokasi dan transportasi menuju Museum Ullen Sentalu

Museum Buaya terletak di Jalan Boyong KM.25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi atau umum. Anda bisa naik Trans Jogja dan dilanjutkan dengan angkutan umum, maksimal pukul 14.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 0274-895-161. Atau email [email protected]. Facebook atau Instagram @ullensentalu.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button