Tiket dan Aktivitas Cliff Keraton Bandung - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Cliff Keraton Bandung

Tiket dan Aktivitas Cliff Keraton Bandung

Harga tiket masuk Tebing Karaton: Rp 17.000

jurang Istana atau lebih dikenal dengan Tebing Keraton terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Tebing ini menawarkan keindahan alam hutan pinus yang berpohon. Selain itu, dari tebing ini, hamparan keindahan kota Bandung mungkin terlihat lebih mulus. Tempat wisata yang sangat cocok bagi pecinta aktivitas alam.

Selain menawarkan keindahan alam dan perbukitan, berbagai aktivitas menarik ada di sini. Mulai dari aktivitas yang merangsang hingga aktivitas relaksasi. Tak ada salahnya jika tebing ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Lembang.

Baca: 49 Tempat Wisata Lengkap di Bandung

Harga Tiket Masuk Tebing Istana Lembang

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam kawasan wisata ini harus membayar tiket masuk. Harga masuknya pun cukup terjangkau dibandingkan dengan pengalaman yang akan didapatkan.

Harga Tiket Masuk Tebing Istana Bandung
Tiket masuk* Rp 17.000

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan PARC DJUANDA RAYA

Informasi penting sebelum mengunjungi Tebing Keraton/Tahura Djuanda:

  • Pengunjung yang datang untuk membayar tiket masuk Tahura memiliki akses ke tebing Tahura dan Keraton Maribaya.
  • Pembelian tiket bisa datang langsung ke loket tiket Tahura.

Jam buka Istana Tebing

Tempat wisata ini buka setiap hari. Kalau tidak, perkemahan bisa datang di pagi hari untuk dinikmati Matahari terbit di Tebing Istana. Sedangkan bagi yang ingin menunggu sunset bisa datang pada sore hari.

Jam buka Istana Tebing
Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB

Aktivitas wisata di Cliff Palace

Keindahan kota Bandung dan alam perbukitan menjadi sajian utama kawasan wisata perbukitan ini. Lanskap eksotis yang didukung oleh infrastruktur wisata yang baik menjadi salah satu keunggulannya. Jangan lewatkan berbagai aktivitas yang mungkin tersedia di sini, yang semuanya akan menambah pengalaman baru bagi pengunjung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata ini.

Berfoto dengan tebing dan bukit

tebing dan bukit keraton bandungKeindahan pemandangan perbukitan dan jurang di tebing-tebing Keraton Lembang. Foto: Google Map/lanskap

Tebing Lembang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dikelilingi oleh hamparan hutan yang membuat wisatawan enggan untuk tidak berfoto. Ada beberapa spot foto favorit dan salah satunya ada di bebatuan di pinggir tebing.

Pengunjung dapat duduk atau bersantai di atas batu karang/tebing sebelum berfoto. Foto-fotonya akan bagus. Apalagi jika Anda memotret di pagi hari saat masih ada kabut. Namun, jika ingin berfoto di pagi hari, Anda harus tiba di tebing pada pukul 05:00 WIB.

Selain berada di atas tebing, pengunjung juga bisa berfoto di sepanjang jalur pendakian yang telah disiapkan oleh pengelola. Memang, di ujung tebing, banyak pengunjung yang antre untuk berfoto. Untuk mendapatkan pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa mengambil foto dari pos pengamatan.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Puncak Bintang Bandung

Cliff Palace Matahari terbit dan terbenam

Pemandangan matahari terbit dan terbenam Menikmati pemandangan perbukitan saat sunset atau sunrise bisa dilakukan dari kawasan wisata ini. Foto: Google Maps/Debby Stevia

Berada di ketinggian memungkinkan pengunjung untuk melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam. Jika datang di pagi hari, semburat kuning sinar matahari berpadu dengan hijaunya hutan dan kabut. Sedangkan pada sore hari, sinar matahari yang keemasan bisa dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

Waktu terbaik untuk datang di pagi hari adalah dari pukul 05:00 hingga 07:00 WIB. Namun, untuk mendapatkan foto yang lebih baik dan meminimalkan kebisingan, bisa datang di hari biasa. Pasalnya, pengunjung yang datang pada akhir pekan akan lebih banyak.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Stone Garden Bandung

Berkemah

Di area Istana Tebing, ada tempat perkemahan. Untuk menggunakannya, Anda bisa meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola. Setelah itu, pada malam hari, Anda bisa menikmati suasana Bandung dari atas tebing. Pengunjung bisa melihat pemandangan lampu dari atas tebing seolah-olah sedang berada di langit. Ini juga menghemat waktu untuk sampai ke puncak tebing di pagi hari untuk berfoto.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Bukit Moko Bandung

Trekking di perbukitan

mendaki ke bukit istanaPengunjung akan trekking untuk sampai ke bukit istana. Foto: Google Map/Antoni Oen

Pengunjung yang datang ke Tebing Keraton tidak bisa langsung mencapai puncaknya. Kendaraan seperti mobil harus diparkir terlebih dahulu sebelum mendaki tebing. Untuk sampai ke tebing, dibutuhkan waktu 15 hingga 30 menit berjalan kaki.

Dalam perjalanan menuju tempat parkir di puncak tebing, pemandangan hijau hutan mendominasi. Pemandangan yang indah akan membuat trekking lebih asyik, apalagi kalau ramai. Pengunjung bisa menyusuri trek sambil sesekali berfoto sebelum mencapai puncak tebing.

Baca: Tiket Masuk Farm House Lembang dan Wahananya

alat belajar

Di Tebing Keraton, Lembang, ada informasi tentang Sesar Lembang. Menurut Center for Earthquake Studies, patahan atau sesar ini memiliki panjang 29 km. dengan pergerakan 3-5,5 mm/tahun, sesar Lembang dapat merusak Bandung dan sekitarnya.

Adanya tanda Sesar Lembang di dekat Tebing Keraton dapat meningkatkan kewaspadaan. Agar pengunjung bisa belajar atau mengetahui lebih lanjut, di papan reklame dengan QR Code. Pengunjung, terutama anak muda, dapat memindai QR untuk mendapatkan informasi ini. Jadi, selain traveling, kamu juga bisa belajar untuk lebih waspada dan waspada, terutama saat terjadi gempa.

Baca: Tiket dan Wahana CICALENGKA DREAMLAND

Sepeda

Bersepeda di Tebing IstanaBersepeda merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan pengunjung di area Tebing Istana. Foto: Google Maps/Fadil Aziz

Untuk menuju Tebing Keraton tidak hanya berjalan kaki tetapi juga dengan sepeda. Di kawasan wisata ini terdapat jalur sepeda yang bisa ditempuh. Saat menyalip, baik menanjak maupun menurun, tidak jarang sepeda dibawa karena kondisi jalan yang berbatu. Selain naik, turun gunung dengan sepeda (lereng) menjadi salah satu atraksi favorit bagi para pesepeda.

merenungkan

Di tebing Keraton sudah ada dek dengan alas kayu dan pembatas yang dipasang di tepinya besi. Di tempat ini, pengunjung bisa bermeditasi. Duduk santai sambil menikmati udara segar.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan D’Dieuland Bandung

Nikmati pinus

Hamparan pohon pinus langsung terlihat begitu sampai di tangga masuk. Pengunjung bisa berfoto seperti di hutan pinus. Atau Anda bisa naik trek dari blok untuk sampai ke pos pengintai. Sehingga pemandangan Bandung dan hutan pinus bisa dinikmati dari atas.

Cara menuju Tebing Keraton

Transportasi menuju kawasan wisata ini tidak terlalu sulit. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Namun jika pilihannya adalah angkutan umum, pengunjung bisa berangkat dari jalan terminal Leuwipanjang. Dari sana terus naik Damri ke Leuwipanjang – Dago, turun di perempatan Dago dan terus naik angkot Ciburial.

Wisatawan yang membawa mobil dapat memarkir kendaraannya di Dago Pakar. Kemudian mendaki ke tebing Keraton. Pengunjung yang membawa sepeda motor bisa langsung menuju lokasi namun harus berhati-hati karena kondisi jalan tidak terlalu bagus.

Pilihan lainnya adalah menggunakan layanan pangkalan ojek. Biaya yang terlibat tentu saja dinegosiasikan, tetapi rata-rata adalah Rp 30.000 sekali jalan. Sementara itu, jika Anda meminta ojek untuk menunggu makanan Anda, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 50.000 termasuk turun.

Fasilitas Tebing Keraton Bandung

Pengelola kawasan wisata ini telah merencanakan fasilitas umum. Beberapa di antaranya adalah tempat ibadah dan juga kamar mandi. Di sekitar kawasan wisata banyak terdapat warung-warung dengan berbagai macam makanan dan minuman.

Lokasi Tebing Keraton Lembang

Kawasan wisata ini terletak di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat 40198. Untuk informasi lebih lanjut, seperti pengambilan foto prewedding atau iklan, Anda dapat menghubungi (022) 2515895.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button