Tiket dan Aktivitas BUNG KARNO'S TOMB - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas BUNG KARNO’S TOMB

Harga Tiket Masuk Makam Bung Karno: Rp 3.000 Jam Buka: 07:00 – 17:00 No Telepon: (0342) 801145 Alamat: Jl. Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66133

Mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah juga termasuk wisata sejarah. Apalagi tempat tersebut merupakan tempat penting bagi tokoh terkenal tersebut. Sebagai Makam Bung Karno yang ada di Blitar, tempat peristirahatan terakhir Sang Proklamator.

Suasana nasionalisme sangat terasa saat menginjakkan kaki di area makam. Tidak hanya di hari libur, di hari biasa tempat ini juga ramai dikunjungi. Kebanyakan orang ingin berziarah dan mengirim doa kepada Presiden Soekarno. Selama ziarah, wisatawan juga menyempatkan diri untuk mengunjungi museum sejarah dan perpustakaan.

Biaya masuk

Untuk masuk ke area makam, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 3.000, pengunjung juga perlu membayar tiket kendaraan.

Biaya masuk
Tiket Masuk Makam Bung Karno Rp 3.000

Baca: Tiket Masuk TAMAN KEBON ROJO Blitar dan Tempat Wisata

Ketentuan kunjungan ke Perpustakaan Bung Karno:

  • Unduh aplikasi Care Protect.
  • Pengunjung bisa masuk asalkan sudah divaksinasi.
  • Scan QR Code di pintu masuk dan keluar area perpustakaan.

Jam operasional

Wisatawan bisa mengunjungi makam penerbit ini dari pagi hingga sore hari. Dan hampir setiap saat banyak peziarah yang datang, tempat ini tidak pernah sepi.

Jam operasional
Senin minggu 07.00 – 17.00 WIB

Tur tempat peristirahatan terakhir Pak Proklamator

Peziarah di Makam Bung KarnoPeziarah di Makam Bung Karno. Foto: Gmap/OTNAY Kris

Baca: Sumber Tiket Masuk dan Wahana Udel Waterpark Blitar

Berkunjung ke sini, wisatawan akan masuk melalui sebuah gerbang besar. Gerbang ini menandai pintu masuk ke area pemakaman sekaligus ibu dan ayah Bung Karno. Gerbang yang menghadap ke selatan ini berbentuk seperti Gerbang Candi Bentar, sebuah bangunan khas Bali. Apalagi gapura ini juga berbentuk gapura candi Wringin Agung Mojokerto.

Setelah melewati gapura, pengunjung akan melihat makam Bung Karno di dalam pendopo. Di masa lalu, makam ini memiliki dinding kaca sebagai partisi antara kamar dan para peziarah. Kemudian, pada masa Presiden Abdurrahman Wahid, partisi kaca dibongkar total. Kini pengunjung bisa mendekati makam dan juga bisa menabur bunga.

Batu nisannya terbuat dari marmer hitam besar. Di permukaan batu itu tertulis “Bung Karno dimakamkan di sini”. “Proklamator kemerdekaan dan presiden pertama Republik Indonesia, penyambung bahasa rakyat,” lanjutnya. Di sisi kanan batu ada bendera merah putih, sedangkan di kiri ada bendera kuning.

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik di Blitar

Benamkan diri Anda dalam sejarah di Museum Makam Bung Karno

Patung di Museum Makam SoekarnoPatung di Museum Makam Soekarno. Foto: Gmap/Eko Retmawan

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Negeri Fairyland Blitar

Dari museum ini, pengunjung bisa belajar tentang sejarah, baik sejarah Bung Karno maupun sejarah Indonesia. Di sini terdapat benda-benda bersejarah Bung Karno. Ada banyak koleksi foto Bung Karno mulai dari kegiatan hingga acara terkenal. Bahkan ada juga foto dimana Bung Karno jatuh sakit sebelum meninggal.

Ada juga koleksi uang kertas rupiah bergambar Bung Karno. Uang Rp 1000 tahun 1964 yang konon bergulir di tangan beberapa orang. Ada juga koper tua milik Bung Karno yang merupakan produksi Jerman. Dulu koper ini sering digunakannya, kini digunakan untuk menyimpan replika keris mantan Kiai Sekar Djagad.

Yang paling unik adalah lukisan emas berbingkai kayu berukuran 1,5 x 1,75 meter. Lukisan tersebut merupakan lukisan Sang Proklamator yang seolah-olah menyaksikan kemanapun pengunjung pergi. Uniknya, di bagian dada lukisan Bung Karno itu terlihat seperti jantung manusia yang sedang berdetak. Inilah sebabnya mengapa lukisan ini tampak hidup, yang membuatnya unik.

Nonton film dokumenter di Perpustakaan Makam Bung Karno

Makam Bung KarnoMakam Bung Karno. Foto: Gmap/Steven Jonathan

Baca: Tiket Masuk KAMPUNG COKLAT Blitar dan Aktivitas

Tak hanya museum, di kawasan makam Bung Karno juga terdapat perpustakaan. Ada banyak buku sejarah dan perjuangan Bung Karno di sini. Dengan arsitektur modern minimalis, pengunjung betah membaca buku di sini.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat video dokumenter Bung Karno. Namun, video dokumenter ini hanya tayang pada waktu-waktu tertentu.

Gong perdamaian di area makam Bung Karno

Gong Damai di Makam Bung KarnoGong Perdamaian di sekitar kuburan. Foto: Gmap/Gatra Mail

Baca: Tiket dan Wahana Desa Afrika Blitar

Berjalan di belakang museum dan perpustakaan, ada gong, tepatnya di halaman kompleks. Gong ini adalah gong perdamaian atau gong perdamaian dunia. Dengan diameter 2,5 meter, gong ini merupakan hadiah dari Komite Perdamaian Dunia. Tujuannya adalah untuk mengingatkan dunia agar damai, tidak ada lagi perang, konflik ras dan konflik lainnya.

Di permukaan gong terdapat sembilan simbol dan bendera agama. Bendera negara-negara di dunia adalah sekitar 202 negara. Selain makam Bung Karno, gong perdamaian ini juga ditemukan di Bali, Ambol dan Palu.

Belanja oleh-oleh di deretan toko souvenir

Sebelum pulang, luangkan waktu untuk berbelanja oleh-oleh di makam. Deretan toko suvenir ini berada di arah pintu keluar. Dengan demikian, sambil berjalan menuju pintu keluar, Anda akan bisa sambil membeli oleh-oleh.

Baca: Tiket Masuk Pantai Gondo Mayit Blitar dan Berbagai Kegiatan Wisata

Berbagai jenis suvenir dijual. Mulai dari gantungan kunci, gelang, lukisan, foto, kaos, hingga patung Bung Karno. Jangan khawatir karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Jika beruntung, pengunjung akan mendapatkan diskon dari penjual.

Lokasi Makam Bung Karno

Makam Bung Karno terletak di Jalan Ir.Soekarno No.152 Bondogerit. Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Pengunjung dapat dengan mudah mencapai lokasi dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button