Tiket CAGAR ALAM PANGANDARAN & Keunikannya - WisataHits
wisatahits

Tiket CAGAR ALAM PANGANDARAN & Keunikannya

Harga tiket masuk Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran: Rp 16.000 – Rp 21.000. Jam buka: 07:00 – 16:00. Nomor telepon: -. Alamat : Pananjung, Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia, -.

Pangandaran memang terkenal dengan pantainya. Tapi jangan salah, ternyata di sini juga ada wisata alam. taman wisata Cagar Alam Pangandaran namanya. Bagian dari cagar alam, TWA ini sudah beroperasi sejak tahun 1978. Selain keindahan alamnya, tempat ini juga memiliki jejak sejarah sejak zaman Hindu. Selain itu, masih banyak lagi objek wisata menarik yang terletak di sini.

Tiket masuk Cagar Alam Pangandaran

Tarif masuk taman wisata alam ini terbagi menjadi 2 yaitu untuk pengunjung lokal dan mancanegara. Sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu saat berwisata ke sini. Dengan begitu, pengunjung bisa puas menikmati keindahan sambil melihat sekilas flora dan fauna.








Biaya Masuk dan Tiket Masuk Cagar Alam Pangandaran
Jenis biaya hari biasa Akhir pekan
Tiket masuk nasional Rp 16.000 Rp 21.000
Tiket masuk internasional Rp 210.000 Rp310.000

Baca: PANTAI KARAPYAK Pangandaran: Tiket Masuk dan Kegiatannya

Jam buka

TWA Pangandaran terbuka untuk wisatawan setiap hari. Namun, taman tersebut tidak dapat dijelajahi pada malam hari. Pengunjung hanya dapat melakukan perjalanan ke daerah pesisir sekitarnya.






Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 16.00 WIB

Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran

Pintu gerbang menuju taman wisata alamTaman Wisata Alam Pangandaran merupakan cagar alam yang berfungsi sebagai kawasan wisata – Foto: Google Maps/bintan78

Kabupaten Pangandaran sudah lama terkenal dengan keindahan pantainya. Turis berduyun-duyun ke sini berlibur untuk menikmati rekreasi pantai di sini. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui potensi wisata lain di kawasan ini.

Salah satu potensi tersebut adalah Cagar Alam Pangandaran. Peruntukan kawasan cagar alam tidak diperuntukkan bagi kegiatan wisata. Oleh karena itu, hanya sebagian kawasan yang dibuka khusus sebagai taman wisata alam. Tempat ini dikenal dengan Pananjung Pangandaran atau Taman Wisata Alam TWA Pangandaran.

TWA Pangandaran menawarkan secuil pesona alam ujung selatan. Kawasan ini merupakan habitat berbagai flora dan fauna, baik yang endemik maupun yang dilindungi. Selain itu, kawasan ini juga menyimpan sejumlah jejak peninggalan sejarah. Tidak ketinggalan aspek geografis yang eksotik dan menarik sebagai tujuan wisata.

Baca Juga: Tiket Masuk Green Canyon Pangandaran dan Aneka Aktivitas

Sejarah TWA Pangandaran

Situs Hindu dari Chaldean RocksBerkunjung ke TWA Pangandaran tidak hanya mengenal alam tapi juga sejarah. Salah satunya dengan mengunjungi situs Kalde Stone – Foto: Google Maps/Jonny Siallagan Channel

Terbentuknya TWA Pangandaran meninggalkan kawasan konservasi pada tahun 1922. Lahan yang semula berupa lapangan diusulkan menjadi kawasan perburuan. Usulan ini datang dari seorang warga Priangan Belanda saat itu, Y. Eycken. Setelah sempat berubah menjadi suaka margasatwa, kawasan ini berubah status menjadi cagar alam.

Hal ini berdasarkan temuan bunga Rafflesia patma di kawasan tersebut. Tidak hanya hewan, flora juga dilestarikan di sini. Pada tahun 2010, dikeluarkan ketentuan bahwa sebagian kecil cagar alam dijadikan taman wisata alam. Luas cagar alam mencapai 454 hektar, sedangkan TWA hanya sekitar 34 hektar. Dengan adanya TWA ini, aktivitas wisata di Pangandaran semakin lengkap dan bervariasi.

Baca: Tiket Masuk PANGANDARAN BEACH dan 9 Aktivitas Seru

rekreasi alam

Kawanan rusa di hutanCagar Alam Pangandaran merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna – Foto: Google Maps/kusuma adi

Kegiatan wisata dan rekreasi yang ditawarkan di TWA tentunya bertema outdoor. lintas alam hutan adalah daya tarik utama. Pengunjung dapat menjelajahi beberapa area cagar alam. Perjalanan ini akan membawa wisatawan menjumpai sejumlah flora dan fauna yang menghuni Cagar Alam Pangandaran.

Vegetasi yang menghiasi cagar alam ini terbagi menjadi beberapa zona. Variasi ini terbentuk karena wilayahnya meliputi seluruh tanjung selatan Pangandaran. Jika beruntung, pengunjung bisa langsung melihat bunga Rafflesia yang langka.

Selain itu, melihat satwa liar adalah kegiatan menarik lainnya. Berbagai jenis satwa liar terdapat di kawasan ini. Misalnya rusa, kijang, bison, lutung, monyet ekor panjang, hingga landak jawa dan berbagai jenis burung. Pengunjung bisa langsung melihat kehidupan satwa di alam bebas.

Baca Juga: Tiket Masuk PANTAI BARAT Pangandaran dan Aneka Aktivitas

Rekreasi sejarah

"Gua

Siapa sangka wisatawan bisa mendapatkan beberapa wawasan sejarah di sini. Terdapat situs Batu Kalde yang dianggap sebagai peninggalan umat Hindu abad ke-15. Batu Kalde adalah bongkahan batu yang akan menjadi pondasi candi pada masa itu. Dari sini terlihat bahwa kegiatan keagamaan Hindu menyebar ke tanah ini.

Selain situs ini, TWA Pangandaran juga memiliki banyak gua. Sebagian besar gua ini terbentuk secara alami. Namun, ada juga yang sengaja dibangun sebagai markas pertahanan Jepang pada masa Perang Dunia II.

Gua-gua di kawasan ini juga digunakan sebagai tempat pemujaan pada masa kerajaan. Tak heran jika di beberapa tempat terdapat relief dan makam keramat. Gua-gua ini bahkan memiliki stalaktit dan stalagmit alami yang menakjubkan. Beberapa diantaranya adalah Gua Panggung, Gua Parat dan Gua Sumur Mudal.

Baca Juga : Tiket Masuk BODY RAFTING Citumang dan Berbagai Kegiatannya

Lagos Viking

"Bangkai

Dengan menutup penjelajahan TWA Pangandaran, pengunjung bisa mampir ke pantai. Kawasan Pantai Pasir Putih di sebelah barat selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan pantai ini lebih ramah untuk rekreasi. Plus, ada pemandangan yang mencolok jika Anda berkunjung ke sini.

Pemandangan itu tak lain adalah bangkai kapal Viking Lagos yang terdampar. Kapal tersebut termasuk kapal ilegal yang ditenggelamkan pada 2016. Bangkai kapal sangat besar dan mulai berkarat. Area di sekitar kapal sering dijadikan arena foto pengunjung. Saat air pasang surut, pengunjung bisa melihat kapal ini dari dekat.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Terbaik di Pangandaran

Meredakan

Fasilitas taman wisata ini antara lain tempat parkir, toilet dan mushola. Pengelola juga menyediakan jasa pemandu dan penyewaan peralatan untuk eksplorasi. Di luar kawasan TWA, terdapat banyak penginapan seperti villa, hotel, dan bungalow.

Lokasi Cagar Alam Pangandaran

Taman wisata alam ini terletak di Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat. Kawasan ini dapat diakses melalui dua pintu, yaitu pintu barat dan pintu timur. Masing-masing dapat ditemukan di Pantai Barat dan Pantai Timur.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button