Tiket BUKIT LAWANG dan 4 aktivitas wisata - WisataHits
wisatahits

Tiket BUKIT LAWANG dan 4 aktivitas wisata

Harga tiket masuk ke Bukit Lawang: Rp 5.000 – Rp 225.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Jalan Bukit Lawang, Bohorok, Langkat, Sumatera Utara, Indonesia, 20852.

Penasaran ingin tahu bagaimana rasanya menjelajahi hutan dan melihat satwa liar secara langsung? Bukit Lawang di Sumatera Utara bisa jadi jawabannya. Kawasan ini dikenal sebagai cagar alam bagi orangutan. Tak hanya itu, bukit ini juga menjadi destinasi wisata alam yang menarik.

Berdiri sejak tahun 1973, bukit ini awalnya hanya berfungsi sebagai tempat rehabilitasi dan perlindungan orangutan. Kawasan ini kemudian berkembang menjadi kawasan wisata dengan minat wisata alam yang semakin meningkat. Setelah sempat ditutup akibat banjir bandang, Bukit Lawang kembali berdiri. Kini wisatawan lokal maupun mancanegara selalu meramaikan kegiatan rekreasi di sini.

Tiket masuk Bukit Lawang

Untuk memasuki kawasan Bukit Lawang, wisatawan harus membayar tiket masuk Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Berbagai wahana dan kegiatan rekreasi berlaku tiket terpisah.



















Tiket Masuk TNGL
Jenis tiket masuk Senin Sabtu Minggu dan hari libur
Tiket Masuk Indonesia Rp5.000 Rp 7.500
Tiket masuk untuk orang asing Rp 150.000 Rp 225.000
Tiket Masuk Warga Negara Indonesia (Grup) Rp3.000 Rp4.500
Tiket masuk untuk orang asing (grup) Rp 100.000 Rp 150.000
jenis rekreasi Umum lingkungan
Berkemah Rp5.000/hari Rp 2.500/hari
Pelacakan/pendakian-pendakian Rp5.000 Rp 2.500
penjelajahan gua Rp 10.000 Rp5.000
Penampakan satwa liar Rp 10.000 Rp5.000
Kano / Kano Rp 25.000 Rp 15.000
Arung jeram Rp 15.000 Rp 10.000
Jejak Kanopi Rp 25.000 Rp 15.000
Pelatihan keluar Rp 150.000 Rp 75.000

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Langkat

Jam buka

Kawasan wisata ini masih dibuka untuk umum setiap hari. Setiap bulan adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke sini.






Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Pesona Wisata Bukit Lawang

Seekor orangutan tampak sedang duduk santai di tengah Hutan Bukit LawangBukit Lawang merupakan habitat yang dilindungi bagi Orangutan Sumatera – Foto: Google Maps/Jill K Quaintance

Bukit Lawang merupakan destinasi wisata yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Kawasan wisata ini berada di ketinggian 100 hingga 700 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari perbukitan hutan primer alami. Merupakan kawasan yang menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna, khususnya orangutan sumatera.

Sebelum menjadi kawasan ekowisata seperti saat ini, kawasan tersebut merupakan Kawasan Konservasi Orangutan Sumatera. Ini juga berfungsi sebagai stasiun pengamatan orangutan. Saat ini kawasan tersebut dibuka untuk wisatawan yang ingin merasakan pesona dan aktivitas wisata di jantung alam. Namun, semua kegiatan berada di bawah pengawasan ketat untuk menjaga kelestarian dan keberlangsungan ekosistem yang ada.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas TANGKAHAN CRU Langkat

pelacakan hutan

Sejumlah tenda berdiri di tepian Sungai LandakPaket wisata berupa trekking dan survival menawarkan kesempatan kepada wisatawan untuk bermalam di hutan sambil berkemah dan “survive” di hutan – Foto: Google Maps/M.Agung Wicaksana

Kegiatan yang menjadi daya tarik utama disini adalah pelacakan hutan. Wisatawan dapat merasakan suasana alam terbaik melalui kegiatan ini. Animo terbesar terhadap kegiatan ini biasanya datang dari wisatawan mancanegara.

Setidaknya ada 2 pilihan cara untuk melakukan kegiatan ini. Pertama, bisa dengan setengah hari atau perjalanan sehari. Wisatawan akan diajak menjelajahi sebagian hutan di sekitar perbukitan. Ini termasuk habitat orangutan dan primata lainnya.

Lalu ada opsi lain yang harus dilakukan pelacakan hutan dan berkemah. Kegiatan ini dapat berlangsung selama 2 hingga 7 hari. Selama kegiatan berlangsung, guide akan menemani wisatawan untuk merasakan sensasinya ‘bertahan hidup’ di dalam hutan. Dalam kegiatan ini wisatawan dapat mengamati kehidupan berbagai fauna dan merasakan suasana hutan yang syahdu.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Mengunjungi KOLAM ABADI

Sungai Bohorok

Aktivitas Tubing di Bukit Landak Sungai LawangMenuruni Sungai Bohorok dengan pelampung turun – Foto: Google Maps/Hana Elvina

Saat berada di sini, pastikan untuk bermain di Sungai Bohorok. Sungai yang masih menjadi bagian dari Bukit Lawang ini tak boleh dilewatkan. Sungai ini memiliki banyak bagian air yang dangkal dan jernih. Sedangkan arusnya cukup bersahabat untuk dijadikan tempat berenang atau pipa sungai. Dengan alirannya melewati beberapa kawasan wisata.

Berbagai kegiatan rekreasi dipusatkan di sungai dan sekitarnya. Apalagi di sepanjang sungai Anda dapat dengan mudah menemukan penginapan dan restoran. Begitu juga dengan area camping dan turunan river tubing yang menguji adrenalin.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan LANDAK RIVER

Kafe dan akomodasi di Bukit Lawang

Panorama wisma Taman Kupu-KupuDi sepanjang Sungai Bahorok, banyak penginapan bertema alam yang menawarkan suasana hutan dan pemandangan sungai yang tenang – Foto: Google Maps/Lukasz Oio

Keindahan alam bukit ini bukan hanya untuk para petualang. Karena banyak fasilitas yang tersedia dengan mengutamakan kenyamanan untuk menikmati kawasan ini. Tengok saja deretan penginapan dan hotel di sepanjang Sungai Bohorok. Hampir semua pilihan akomodasi ini mengusung konsep menyatu dengan alam.

Begitu pula dengan restoran dan kafe yang ada. Beberapa tempat makan bahkan menawarkan pengalaman bersantap yang unik. Salah satunya duduk di bangku yang sengaja diletakkan di sungai. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati makanan sambil merasakan sejuknya aliran air sungai di kaki mereka.

Fasilitas rekreasi

Jembatan gantung melintasi Sungai Bahorok Jembatan Gantung Bukit Lawang – Foto: Google Maps/Song Jae Shin

Masih banyak wahana lain yang bisa dinikmati di Bukit Lawang. Misalnya aktivitas mendayung kano atau kano di Sungai Bohorok. Lalu ada juga aktivitas menikmati barbeque lezat di tepian Sungai Landak.

Sementara itu, jika ingin aktivitas penjelajahan yang berbeda, cobalah berkunjung ke Gua Kelelawar. Gua ini menampilkan stalaktit yang spektakuler serta habitat kelelawar. Jadi jangan lupa untuk berfoto selfie kekinian di Jembatan Gantung Bukit Lawang. Jembatan berbentuk unik ini melintasi Sungai Bohorok dan memiliki desain yang unik.

Fasilitas Bukit Lawang

Fasilitas umum yang tersedia sangat lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut meliputi area parkir, papan informasi, toilet dan tempat ibadah. Fasilitas lain seperti hostel dan hotel serta restoran dan kafe sangat mudah ditemukan. Bukit Lawang juga menyediakan banyak memandu siap menemani pengunjung menjelajah.

Lokasi dan akses ke Bukit Lawang

Bukit Lawang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, tepatnya di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jarak tempuh dari Medan sekitar 80 km dan dapat ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan darat.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau moda angkutan umum. Minibus atau minibus “Membangun Semesta” berangkat dari terminal Pinang Baris di Medan dan mengantarkan wisatawan langsung ke Tangkahan. Akses jalan bagus dengan jalan beraspal.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button