Tiket & Atraksi Peninggalan Kuno PULAU ONRUST - WisataHits
wisatahits

Tiket & Atraksi Peninggalan Kuno PULAU ONRUST

Harga Tiket Masuk Onrust Island Museum

Bagi yang berencana ke Pulau Onrust, harga tiket masuknya relatif murah. Tapi persiapkan juga biaya penyeberangan perahu ke pulau atau Anda bisa ikut serta dalam perjalanan yang terorganisir.

Harga tiket
Setiap hari Rp5.000

Baca: 14 Aktivitas Seru di Kepulauan Seribu Jakarta

Jam buka

Pulau ini hanya ditutup pada hari Senin. Meski pulau ini tidak menetapkan waktu tertentu, kedatangan wisatawan tentu bergantung pada keberadaan kapal pengangkut. Biasanya hanya dari pagi hingga sore hari. Umumnya wisatawan berkunjung dengan mengikuti paket wisata yang juga mengunjungi beberapa pulau sekaligus.

Jam buka
selasa-minggu 24 jam

Obyek wisata Pulau Onrust

Berkunjung ke Pulau Onrust akan memberikan pengalaman rekreasi sekaligus belajar tentang sejarah. Seolah-olah Anda masuk melalui sebuah pintu yang akan membawa nostalgia masa lalu. Tidak hanya museum, terdapat juga beberapa peninggalan masa lampau lainnya. Misalnya rumah sakit tua, reruntuhan penginapan ziarah, penjara tua, sumur tua, dan kuburan tua.

Bangunan-bangunan tua tampak terabaikan. Bahkan penuh dengan lumut liar yang tumbuh. Sementara sisa dindingnya masih berdiri, banyak yang tertutup tanaman merambat bebas. Satu-satunya gedung yang mengalami proses renovasi adalah gedung rumah sakit. Rumah sakit dulunya adalah tempat khusus untuk karantina.

Berbagai benda di museum

Aneka Artefak di Museum Pulau Onrust -Sulaeman BongBerbagai artefak yang tersisa di Museum Pulau Onrust (Foto: Google Maps/Sulaeman Bong)

Pulau yang terkenal memiliki air laut yang bersih ini juga menyimpan berbagai macam artefak. Koleksi museum ini merupakan penemuan tim Arkeologi. Beberapa di antaranya termasuk pecahan keramik Eropa, sepatu besi, dan bola meriam.

Selain berbagai jenis artefak, ada juga koleksi foto peziarah selama karantina tahun 1911. Ada model Pulau Onrust dari abad 17 hingga 20, dengan tata letaknya. Ada berbagai patung, diorama, dan poster tentang sejarah pulau itu pada masa kolonial.

Baca: Tiket PULAU JAWA UNTUNG dan Ragam Kegiatannya

Makam kuno di Pulau Onrust

Kompleks Pemakaman Belanda Zaman VOC - Komunitas IndonesiaKompleks pemakaman Belanda dari zaman VOC (foto: Google maps/komunitas Indonesia)

Persembahan selanjutnya di Pulau Onrust adalah Makam Kuno. Ada kuburan Belanda serta penduduk asli. Keberadaan makam tersebut membuktikan bahwa pulau ini pernah berpenghuni dan menjadi tempat hidup.

Ada makam yang sangat besar. Dihiasi dengan patung dan ornamen. Diramalkan pemilik makam itu adalah tokoh-tokoh Belanda pada masanya. Ada juga makam suci yang terkenal. Pemilik makam ini bernama Maria Van De Velde. Menurut kabar yang beredar, wanita asal Belanda ini bunuh diri karena ditinggal kekasihnya.

Sedangkan salah satu makam pribumi yang terkenal adalah makam pemimpin pemberontak Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo. Tokoh ini dieksekusi pada masa pemerintahan Presiden Soekarno pada tahun 1964 di Pulau Onrust.

Kewaspadaan mistis sangat terasa saat Anda menyaksikan area ini. Suasana makam terasa teduh karena banyaknya pohon beringin yang berdiri di sana. Tapi suasananya juga angker. Tidak jarang rambut di kepala Anda berdiri tegak saat berlama-lama di sini. Jadi bagi para pemburu mood mistis, Pulau Onrust tentu bisa menjadi jawabannya.

Baca: PULAU SEBIRA sangat indah di utara Kepulauan Seribu

Penjara tua di Pulau Onrust

Pulau Onrust juga dijadikan penjara bagi para pemberontak. Ada sebuah penjara tua yang dibangun oleh Belanda, di tengah pulau. Ruang sel itu dulunya adalah tempat para tahanan yang terlibat dalam pembajakan kapal-kapal angkatan laut Belanda.

Misalnya De Zeven Provincien yang terkenal dengan peristiwa Tujuh Kapal pada 1933. Ternyata, para awak kapal yang kebanyakan penduduk asli memberontak setelah adanya rumor pemotongan gaji. Saat ini, penjara lama telah menjadi puing-puing.

Baca: Tiket Pulau Pramuka dan Beragam Aktivitas Menariknya

reruntuhan asrama

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button