Tiket & Atraksi DANAU CIBEUREUM Garut - WisataHits
wisatahits

Tiket & Atraksi DANAU CIBEUREUM Garut

Harga tiket masuk Danau Cibeureum: Rp 10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Sarimukti, Pasirwangi, Garut, Jawa Barat, Indonesia, .

Danau Cibeureum adalah sebuah danau alami di kaki Gunung Kamojang, Kabupaten Garut. Berbeda dengan Situ Cibeureum di Bekasi, danau ini berada di tengah kawasan hutan. Keindahan alamnya masih sangat terjaga.

Harga Tiket Masuk Danau Cibeureum

Tiket masuk kawasan wisata Danau Cibeureum cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar 10.000 rupiah per orang untuk dihibur di sini. Tarif tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan dan berkemah. Untuk berkemah, ada biaya tambahan sebesar 10.000 rupee.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000/orang

Baca Juga : 25 Destinasi Wisata Terbaik Di Garut

Jam buka

Danau Cibeureum dibuka untuk umum setiap hari. Adapun daerah tempat perkemahanObyek wisata ini memiliki jam buka 24 jam, kunjungan wisatawan umumnya meningkat pada akhir pekan.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Rekreasi di Danau Cibeureum

Tempat wisata alam yang indahMeski minim perawatan, Situ Cibeureum yang ditempati sebagai objek wisata pada awal tahun 2000-an ini masih menyuguhkan suasana alam yang damai dan menyejukkan – Foto: Gmap/Jaka Satria Budiman

Sedikit orang yang tahu tentang potensi wisata Kamojang, wilayah Kabupaten Garut. Kawasan ini memiliki bentang alam yang beragam. Ada kawah, hutan pinus, danau, dan sumber air panas di sini. Sebagai kawasan konservasi, kelestarian alam Kamojang masih sangat terjaga.

Salah satu wisata alam yang sudah ada sejak lama adalah Danau Cibeureum. Danau alami ini terletak di kaki Gunung Kamojang. Dan masih masuk dalam wilayah Kampung Legok Pulus, Desa Sukakarya, Kabupaten Samarang.

Lokasinya memang agak di dalam hutan. Pantas saja akses jalan tidak mudah. Namun, Danau Cibeureum dulunya merupakan tempat wisata yang tidak pernah sepi. Seiring waktu, kurangnya perawatan membuat tempat ini kurang diminati.

Pesona Danau Cibeureum terletak pada keindahan lingkungannya. Danau yang berada di ketinggian 2.124 mdpl ini diselimuti oleh hutan pinus yang cukup lebat. Airnya tetap jernih meski danau ini mengalami pendangkalan akibat sedimentasi. Ketenangan dan kedamaian yang hadir di sini menjadi pesona dan daya tarik tersendiri.

Akses masuk

Jalan menuju danauKeterbatasan akses jalan menjadi kendala lain yang membuat objek wisata ini sepi pengunjung – Foto: Gmap/Cong On

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi Danau Cibeureum adalah akses jalan. Sebagai obyek wisata, danau ini hanya berpijak pada jalur sempit menembus hutan. Jarak dari jalan raya ke lokasi danau kurang lebih 1,5 kilometer.

Medan jalan sebagian beraspal dan cukup mulus. Lainnya adalah jalan makadam yang masih belum sempurna. Ada bagian yang kotor dan becek setelah hujan. Tantangan yang berbeda membuat danau ini menjadi tujuan yang menarik bagi para pesepeda.

Selain medan yang berat, sempitnya jalan juga menjadi tantangan lain. Beberapa titik pertemuan tertutup semak belukar yang dapat menggores bodi mobil. Oleh karena itu, disarankan menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju ke sana. Lebih bagus lagi jika jenis kendaraan yang digunakan adalah off-road.

Dingin dan tenang

Pemandangan Situ CibeureumJernihnya air Situ Cibeureum mampu menyejukkan mata – Foto: Gmap/Sidik Triadi

Sekitar 1 kilometer sebelum lokasi danau, pengunjung akan menemukan area berkemah. Kawasan tersebut merupakan hutan pinus yang sejuk dan asri. Berada di dataran tinggi membuat suhu udara di sini lebih sejuk. Suhu tertinggi yang tercatat di kawasan danau itu hanya 18 derajat Celcius.

Di area parkir, wisatawan akan menjumpai jalur irigasi. Jalur ini dibuat agar terlihat seperti air terjun buatan. Sebelum memasuki kawasan danau, terdapat hutan pinus yang harus Anda lewati.

Telaga Cibeureum merupakan salah satu hulu Sungai Cimanuk. Airnya jernih dan segar. Sayangnya, danau ini mengalami pendangkalan dan penyusutan. Banyak tanaman air menutupi sebagian besar permukaan.

Fasilitas masih lengkap

Fasilitas yang tersediaKawasan wisata Danau Cibeureum menawarkan fasilitas berupa pondok dan vila bergaya tradisional – Foto: Gmap/Zamil Abdul Aziz

Obyek wisata ini memiliki fasilitas penunjang yang lengkap meski kondisinya tidak terawat. Fasilitas seperti toilet, mushola dan warung sudah ada. Sebuah vila sederhana berdiri tak jauh dari tepi danau.

Sejumlah pondok peristirahatan tersebar di sekitar danau. Jangan lewatkan pos pengamatan dan spot foto di tengah danau. Spot ini memiliki pemandangan danau yang indah dikelilingi oleh hutan.

rekreasi alam

Berkemah di hutan sekitar danauKawasan hutan di sekitar danau segar menjadikannya tempat berkemah yang ideal – Foto: Gmap/ZAHRAN FAIRUZ

Rekreasi yang bisa dilakukan di sekitar salah satunya adalah piknik. Pengunjung dapat memilih lokasi pengungsian di tepi danau atau di tanah datar. Nikmati keramahan sambil bersantap di tengah alam.

Bagi penghobi fotografi, Danau Cibeureum adalah tempat berburu yang ideal. Pemandangan alam yang masih alami dan asri menghadirkan objek fotografi alam yang menarik. Bagi pecinta selfie, ada banyak spot menarik seperti area di tengah danau. Pengunjung harus menyeberangi jembatan bambu sederhana untuk mengaksesnya.

Pilihan aktivitas lainnya adalah berkemah. Medan di sekitar danau merupakan medan landai yang nyaman untuk mendirikan tenda. Selain landai, kawasan ini juga luas dan rindang karena dinaungi pepohonan. Wisatawan bisa merasakan suasana tidur ditemani suara alam yang menenangkan.

Pemasangan Situ Cibeureum

Fasilitas penunjang di Danau Cibeureum terbilang lengkap meski dalam kondisi seadanya. Terdapat fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, mushola dan warung. Di beberapa tempat terdapat pendopo atau gazebo untuk istirahat. Ada juga vila yang bisa disewa untuk bermalam dan tempat berkemah yang luas.

Lokasi Danau Cibeureum

Danau alami ini terletak di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Garut. Jalan dari kota melewati Jalan Samarang, kemudian belok di pertigaan menuju Kamojang. Sesampainya di objek wisata Puncak Parabon, belok kanan dan ikuti jalan menuju lokasi.

Batas angkutan umum hanya sampai pertigaan Samarang-Kamojang. Disarankan menggunakan sepeda atau motor pribadi. Akses jalan menuju lokasi danau hanya cukup untuk satu mobil dengan medan yang berat. Tidak disarankan menggunakan mobil kecuali tipe off-road.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button