Tiket AEK SIJORNI dan berbagai wahana - WisataHits
wisatahits

Tiket AEK SIJORNI dan berbagai wahana

Tiket AEK SIJORNI dan berbagai wahana

Harga tiket masuk Aek Sijorni: Rp 10.000 – Rp 20.000. Jam buka: 07:00 – 18:00. Nomor Telepon: 082162962922. Alamat/Tempat: Simpang Tolang, Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia, 22774.

Aek Sij├Ârni merupakan destinasi wisata alam di Sumatera Utara yang berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air terjun ini mengalir di atas bebatuan bertingkat dengan arus air yang deras. Debit air tidak berubah meski di musim kemarau. Hal unik lainnya adalah airnya tetap jernih meski datang di musim hujan.

Di Aek Sijorni, air terjunnya setinggi 10 meter dan terdapat 2 pancuran yang mengalir tersebar. Pengunjung tidak perlu mendaki untuk mencapai lokasi karena letaknya dekat dengan tempat parkir. Sebelum sampai, pengunjung akan melintasi jembatan gantung yang panjang. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Sayur Matinggi dan dapat diseberangi dengan aman.

Harga tiket masuk Aek Sijorni

Untuk memasuki Aek Sijorni, pengunjung harus membayar sejumlah tiket masuk. Kemudian persiapkan juga biaya untuk membeli makanan atau oleh-oleh. Jika membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir.

Harga tiket masuk Aek Sijorni
Tiket masuk untuk anak usia 7 hingga 12 tahun Rp 10.000
Tiket masuk dewasa Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi AIR TERJUN SIKULIKAP

Jam Buka Aek Sijorni

Aek Sijorni buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Jam operasional
Senin minggu 07.00-18.00

Pesona air terjun bertingkat

Air Terjun Teras Aek SijorniAek Sijorni berbentuk terasering dan aliran airnya selalu deras meski di musim kemarau. Foto: Google Maps/Hafiz Wahyu

Pada umumnya air terjun tersebut berada di dataran tinggi dan harus ditempuh dengan cara mendaki. Namun berbeda dengan air terjun Sijorni yang tidak terlalu tinggi. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter dan 2 aliran air terjun. Uniknya, air terjun ini mengalir secara menyebar dan di bagian bawahnya terdapat bebatuan yang bertingkat-tingkat.

Pesona lain dari air terjun ini adalah suasana air terjunnya juga sejuk dan rindang. Di sekitar air terjun banyak tumbuh pohon kelapa. Selain itu, di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat pasir putih. Air terjun ini bisa menjadi tempat wisata yang menenangkan. Suasana alam dan suara gemercik air membuat pikiran dan tubuh rileks.

Baca: AIR TERJUN SIPISO PISO dan Tiket Pesona

Selalu hapus Aek Sijorni

Air selalu jernih di Aek SijorniSelain debit air yang selalu tinggi, di Aek Sijorni kondisi airnya selalu jernih meski sedang musim hujan. Foto: Google Maps/EAP

Air Aek Sijorni selalu jernih meski musim hujan maupun musim kemarau. Ini karena sungai mengalir melalui bebatuan dan tidak mengandung lumpur. Kemudian, debit airnya juga selalu besar meski di musim kemarau.

Karena kondisi tersebut, masyarakat setempat menamakan air terjun ini Sijorni yang berarti jernih. Dari pinggir jalan, Aek Sijorni bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Dalam perjalanannya, pengunjung harus melewati jembatan gantung yang aman namun cukup panjang. Jembatan ini dibuat dan dibangun di atas Sungai Sayur Matinggi yang indah.

Baca: Tiket Masuk Cascade DUA WARNA & Pesona

Taman air dengan air pegunungan

Pengunjung berenang di taman airSelain bermain air di bawah air terjun, pengunjung Aek Sijorni juga bisa berenang di kolam waterpark. Foto: Google Maps/Herjani Novira

Selain berenang di bawah air terjun, pengunjung juga bisa berenang di dalamnya Taman air konsep alami. Air di kolam ini berwarna terang karena berasal dari mata air yang langsung berasal dari pegunungan. Disini terdapat 2 jenis kolam dengan kedalaman yang berbeda antara satu kolam dengan kolam lainnya. Ada kolam dengan kedalaman kurang dari 1 meter dan kolam yang lebih dalam.

Kolam ini dilengkapi dengan beberapa wahana air menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wahana seperti seluncuran, ayunan hingga komidi putar mini. Tak hanya itu, terdapat juga beberapa gazebo kayu dan beratap rumbia. Pengunjung bisa bersantai atau beristirahat setelah berenang di sini.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Air Terjun Ponot

Panorama

Pengunjung berfoto di air terjunSelain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa berfoto di bawah air terjun Aek Sijorni. Foto: Google Map/Pandji 007

Di Aek Sijorni, pengunjung tidak hanya bisa berenang, tapi juga bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam. Jika cuaca cerah, langit akan berwarna biru dengan sedikit awan putih. Pemandangan langit sangat indah karena berpadu dengan hijau dan pegunungan yang indah. Selain itu, pohon kelapa yang menjulang tinggi di pintu masuk air terjun juga memeriahkan suasana.

Sambil melihat-lihat situs, pengunjung juga bisa berfoto atau berfoto bersama teman dan keluarga. Tempat unik yang bisa dijadikan objek foto adalah saat melintasi jembatan gantung. Dari sana, pemandangan pegunungan dan pohon kelapa akan menjadi latar foto yang bagus.

Kemudian, pengunjung juga bisa berfoto di area air terjun sambil bermain air di sini. Bentuk unik dari air terjun yang mengalir deras dan airnya yang jernih serta deras akan sayang jika tidak diabadikan. Selain itu, area kolam renang Taman air bisa juga jadi spot foto lainnya. Di sini pengunjung bisa mengambil foto saat berada di dalamnya kolam pribadi sambil menghadap perkebunan milik warga.

Fasilitas di Aek Sijorni

Di Aek Sijorni terdapat beberapa warung makan yang menjual berbagai makanan khas daerah. Selain itu, banyak juga gubuk-gubuk yang bisa disewa untuk beristirahat. Kemudian jika ingin berfoto, fasilitas lain disini adalah toilet, ruang ganti, mushola, tempat sampah dan tempat parkir yang cukup luas.

Lokasi Aek Sijorni

Aek Sijorni terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanulis Selatan, Sumatera Utara. Pengunjung harus menempuh perjalanan selama 12 jam jika berangkat dari pusat kota Medan. Namun, jika Anda berangkat dari pusat kota Padangsidimpuan, hanya membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke sini. Lokasi kawasan ini berada di pinggir jalan sehingga dapat dijangkau menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button