Tiga KWT di Kobar Ikuti Pelatihan Budidaya Anggur - ANTARA News Kalimantan Tengah - WisataHits
Yogyakarta

Tiga KWT di Kobar Ikuti Pelatihan Budidaya Anggur – ANTARA News Kalimantan Tengah

Pangkalan Bun (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Ketahanan Pangan, telah melatih tiga Kelompok Tani (KWT) di bidang pemeliharaan anggur.

Pj Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan dan Ketahanan Kobar Adi Budiarto menjelaskan, kegiatan yang diikuti oleh 30 anggota KWT ini dilaksanakan pada Jumat di Sekretariat KWT Tunas Jaya Desa Sungai Pakit Kecamatan Pangkalan Banteng.

“Tiga KWT yang mengikuti pelatihan budidaya anggur yaitu KWT Tunas Jaya Desa Sungai Pakit, KWT Indah Makmur dan KWT Sri Rezeki dari Desa Amin Jaya juga dikunjungi wakil penyuluh dan koordinator BPP Pangkalan Banteng,” ujarnya di Pangkalan. roti, Jumat.

Dikatakannya, tujuan dari pelatihan pemeliharaan anggur ini adalah untuk memperkenalkan pemeliharaan anggur secara intensif sehingga diharapkan akan terwujud desa anggur di Kobar.

“Kami berharap ke depan juga bisa difungsikan sebagai kampung anggur, seperti kampung anggur di Bantul, Yogyakarta,” ujarnya.

Pada pelatihan budidaya anggur ini, Dinas Ketahanan Pangan Kobar menghadirkan dua pembicara yaitu Heru Hiswara dan Heri Kristanto, praktisi anggur dari Kobar, yang juga memberikan bibit anggur dan substrat tanam.

“Pada kegiatan ini juga diberikan 10 biji anggur sebagai pelajaran dari pelatihan budidaya hari ini,” ujarnya.

Baca Juga: Listrik Padam, DPRD Kobar Segera Telpon Kepala Kantor PLN ULP Pangkalan Bun

Sementara itu, Heru, salah satu praktisi dan fasilitator wine dalam pelatihan ini mengatakan, menanam anggur itu strategis dan mudah karena bisa dilakukan dengan cara okulasi atau stek karena dianggap lebih cepat dan mudah.

“Selain itu, menanam anggur juga bisa dilakukan dengan menanam benih, dan bisa ditanam di mana saja,” ujarnya.

Ia berharap dengan pendidikan ini setidaknya bisa menjadi modal dasar untuk menjadi winemaker dan mandiri serta terus menjadi pengusaha di bidang ini, tidak hanya menjual buah anggur tetapi juga biji anggur dan lain sebagainya.

Baca Juga: Digelar Lagi, Parade Nasi Adab Semarak

Baca juga: Kementerian Koperasi dan UKM Dorong Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di Kobar

Source: kalteng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button