Tidak efektif, dua perusahaan daerah di Situbondo akan dibubarkan - WisataHits
Jawa Timur

Tidak efektif, dua perusahaan daerah di Situbondo akan dibubarkan

Liputan6.com, Situbondo – Dewan Perwakilan Daerah (DPR) Situbondo menyetujui usul pembubaran dua perusahaan daerah (Perusda) Situbondo.

Dua Perusda yang diusulkan pemerintah Situbondo dibubarkan, yakni Perusda Pasir Putih dan Perusda Banongan. Pengelolaan kedua BUMN itu dinilai tidak efektif karena tidak bisa berkontribusi dalam meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Sidang paripurna DPRD Situbondo akhirnya menerima usul pembubaran kedua Perusda dengan pemungutan suara terbuka. Ada satu fraksi yang menolak, yakni fraksi PKB. Sedangkan empat fraksi lainnya setuju, yakni fraksi PPP, Demokrat, PDIP, dan Gerindra,” kata Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi, Jumat (14/10/2022).

Edy mengatakan, hasil evaluasi gubernur akan ditunggu sebelum kedua Perusda tersebut bisa dibubarkan [Jawa Timur](“”). Demikian usul yang berkembang dalam rapat paripurna bahwa anggota dewan berkeinginan untuk membentuk pansus Jilid II untuk mempersiapkan administrasi kedua Perusda setelah pembubaran.

“Tujuan pembubaran ini adalah untuk lebih mengelola kedua Perusda dan meningkatkan kontribusinya terhadap PAD. Anggota Dewan ingin terlibat dalam perumusan dengan membentuk Pansus Jilid II. Sebelumnya dibentuk panitia khusus untuk menganalisis usulan pembubaran tersebut,” katanya.

Bupati Situbondo Karna Suwandi mengakui, Pemkab sudah mengusulkan pembubaran kedua Perusda tersebut agar menjadi korporasi yang sehat dan membantu peningkatan PAD.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button