Tidak banyak yang tahu bahwa Wisata Lumpang Batu Pangandaran memiliki sumber mata air awet muda - WisataHits
Jawa Barat

Tidak banyak yang tahu bahwa Wisata Lumpang Batu Pangandaran memiliki sumber mata air awet muda

Salah satu pengunjung menikmati keindahan objek wisata Batu Lumpang Pangandaran. [HR Online]

Banyak pengunjung yang datang ke lokasi Taman Sari Pangandaran hanya untuk mandi. Tentu saja, harapan bisa tetap awet muda.

SuaraBekaci.id – Kabupaten Pangandaran dikenal sebagai tujuan wisata populer di Jawa Barat. Banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Pangandaran, Grand Canyon, Pantai Batu Hiu atau Pantai Madasari.

Namun sebenarnya Kabupaten Pangandaran masih memiliki banyak potensi wisata yang belum banyak diketahui orang. Salah satunya adalah objek wisata Batu Lumpang.

Obyek wisata Batu Lumpang bukan sekedar tempat peristirahatan biasa. Tempat wisata di Dukuh Satu, Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi ini dipercaya memiliki sumber awet muda.

Kepercayaan ini erat kaitannya dengan kisah Demang Jaya Yuda. Ia adalah utusan Demak yang akhirnya dikenal sebagai penyebar agama Islam di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan Belum Optimal Pasca Pandemi, TWC Prambanan Gencar Promosi

Ia datang ke tanah Sunda pada tahun 1727 M bersama putri Sri Yuningsih. Tugas mereka tentu saja menyebarkan Islam.

Konon ia adalah keturunan dari orang tua yang tidak menyetujui Mataram dan Majapahit. Karena itu, Demang Jaya Yuda diasuh oleh warga Demak hingga dewasa. Karena orang tua saya membuangnya.

Ia juga menjabat kerajaan Demak saat dewasa. Hingga akhirnya raja mengutusnya untuk pergi ke tanah Sunda.

Cirebon adalah daerah pertama yang dikunjunginya di tanah Sunda. Dari sana ia pergi ke Banten ke Majalaya hingga akhirnya tinggal di Batu Lumpang, Dukuh Satu Dukuh, Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Salah seorang warga, Hilman Farid, mengatakan, awalnya Batu Lumpang merupakan lokasi perkebunan warga. Karena keindahan alamnya, Batu Lumpang telah menjadi tujuan piknik sejak tahun 2015.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Kenali 5 Tanda Penuaan Kulit Dini yang Harus Diwaspadai

“Batu Lumpang sendiri merupakan jalur Sungai Cijolang yang bersumber dari Sungai Ciwayang,” kata Hilman, Sabtu (17/9/2022).

Source: bekaci.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button