Terwujudnya green tourism, wisatawan di Candi Borobudur diajak mengolah sampah - WisataHits
Yogyakarta

Terwujudnya green tourism, wisatawan di Candi Borobudur diajak mengolah sampah

MAGELANG, iNews.id – Wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang diundang untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan program pariwisata hijau. Wisatawan diajari cara mengelola sampah organik dengan memanfaatkan sampah plastik dalam kerajinan bertema Candi Borobudur.

Wisata hijau merupakan salah satu upaya PT Taman Wisata Candi (TWC) untuk melestarikan candi dan menciptakan keseimbangan ekosistem di suatu kawasan. Program ini bertujuan untuk menggerakkan program Green Tourism menuju pariwisata berkelanjutan.

“Kami sudah memiliki situs TPS3R di Zona 2 kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Di sana kami mengolah limbah daun menjadi pupuk organik. Hasilnya bisa menyuburkan dan menyuburkan tanaman di sekitar Candi Borobudur,” kata Hetty Herawati, Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Bisnis TWC, Selasa (25/10/2022).

Wisatawan juga diajak mengolah sampah plastik menjadi berbagai kerajinan. PT TWC bekerja sama dengan komunitas dan seniman lokal melalui program pemberdayaan masyarakat.

“Wisatawan diajak melihat dan mempraktekkan berbagai kerajinan berbahan dasar plastik yang terinspirasi dari Candi Borobudur sehingga ada nilai sejarah dan storytellingnya,” ujarnya.

Atraksi Edukriya ini sudah berjalan pada libur lebaran tahun ini. Nantinya, karena tingginya animo masyarakat, maka akan diadakan lagi pada saat libur Natal dan Tahun Baru.

Penerbit: Kuntadi Kuntadi

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button