Terus berjuang, okupansi hotel akhir pekan di Kota Batu mencapai 80 persen - WisataHits
Jawa Timur

Terus berjuang, okupansi hotel akhir pekan di Kota Batu mencapai 80 persen

Terus berjuang, okupansi hotel akhir pekan di Kota Batu mencapai 80 persen

Salah satu wisatawan berfoto selfie di Batu City Hotel dengan pemandangan yang indah.  (Foto: Istimewa)Salah satu wisatawan berfoto selfie di Batu City Hotel dengan pemandangan yang indah. (Foto: Istimewa)

JATITIMES – Jumlah pengunjung Kota Batu meningkat cukup pesat, tercatat hingga akhir Juli sudah mencapai 3,4 juta wisatawan. Hal ini juga mempengaruhi jumlah kunjungan atau okupansi hotel di Kota Batu.

Catatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menunjukkan tingkat hunian Kota Batu mencapai 50 persen pada hari biasa atau weekdays. Saat weekend atau akhir pekan mencapai 80 persen hingga 100 persen.

Ya, setelah tren pandemi Covid-19 mulai melambat dan banyak aturan yang dilonggarkan, jumlah kunjungan ke Kota Batu meningkat. Tentunya hal ini sangat membantu dalam mendongkrak perekonomian di Kota Batu yang mulai menggeliat.

“Kalau hari biasa 50 persen, akhir pekan sekarang 80 sampai 100 persen,” kata Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi, Minggu (14/8/2022).

Peningkatan okupansi ini dimulai sejak pertengahan Juni 2022. Melihat tren tersebut, Sujud optimistis jumlah kunjungan wisatawan bisa terus meningkat hingga akhir tahun 2022.

Meski demikian, Sujud mengakui, puncak kunjungan wisatawan tertinggi terjadi sejak libur sekolah lalu. Hingga saat ini, banyak wisatawan dari berbagai daerah berkunjung.

Sebelumnya, ekonomi pariwisata Kota Batu ambruk saat pandemi Covid-19. Ya, okupansi hotel sudah 0 persen selama 2 tahun terakhir.

Menurutnya, saat ini adalah masa pemulihan sektor perhotelan di Kota Batu. Karena itu Sujud berharap pandemi Covid 19 segera mereda. “Agar kegiatan ekonomi pariwisata di Kota Batu bisa normal seperti semula,” harap Sujud yang juga presiden dan direktur Taman Rekreasi Selecta.

Sementara itu, jumlah kunjungan ke Kota Batu mencapai 3,6 juta wisatawan hingga akhir Juli, menurut Biro Pariwisata Kota Batu. Jadi, untuk mencapai target 5 juta wisatawan hingga akhir tahun depan, Pemkot Batu perlu menarik 1,4 juta wisatawan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari JatimTIMES.com. Ayo gabung di grup Telegram, klik link Telegram JatimTIMES lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.malangtimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button