Ternyata ini berat dan harga emas di puncak Monas - WisataHits
Jawa Barat

Ternyata ini berat dan harga emas di puncak Monas

Ternyata ini berat dan harga emas di puncak Monas

IIMS

Bogordaily.net – Berapa berat emas dan harga emas di puncak Monumen Nasional atau Tugu Monas Untuk mengetahui jawabannya, baca langsung artikel ini.

Monumen Nasional atau Monas merupakan monumen kebanggaan warga Jakarta dan bangsa Indonesia yang menjadi salah satu landmark DKI Jakarta.

Monas juga sering dijadikan tempat wisata edukasi bagi masyarakat Indonesia.

Saat anda berkunjung ke Monas anda dapat melihat dari jauh bahwa di puncak Monas anda dapat melihat emas yang berbentuk api.

Menjadi salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke Monas dan sering menjadi objek berfoto.

Salah satu hal yang paling ikonik dari Monas adalah adanya emas raksasa di puncak gedung.

Menilik akun Instagram resmi Monas yakni @monumen.nasional, seluruh emas raksasa di puncak Monas seberat 72 kilogram (kg). Namun ternyata angka tersebut tidak cukup di puncak Monas.

Dimana Monas hanya berbobot 50 kg di bagian atas. Sedangkan 22 kg sisanya berada di Ruang Kemerdekaan yang menempel di Gerbang Kemerdekaan, burung Garuda Pancasila dan Kepulauan Indonesia.

Saat Anda berkunjung ke Monas, terdapat ruang edukasi yang menceritakan tentang sejarah Indonesia. Ada Ruang Kemerdekaan, ruangan berbentuk persegi yang dikelilingi amfiteater berisi 4 simbol kemerdekaan Indonesia. Di ruangan itu, diperdengarkan suara asli Bung Karno saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1945.

Sambil mendengarkan suara Bung Karno, kita juga bisa melihat salinan teks proklamasi yang disimpan dalam kotak kaca di dalam gerbang yang dikenal sebagai “gerbang merdeka”, yang disepuh dan dihiasi dengan bunga Wijaya Kusuma.

Jika dihitung jumlah total emas di Monas, total harga emas bisa mencapai Rp 69,8 miliar di puncak Monas. Jumlah tersebut didapat saat merujuk perhitungan harga emas Antam di situs Logam Mulia tertanggal 28 Januari 2023.

Harga emas Antam pada Sabtu 28 Januari 2023 berada di kisaran Rp 970.600.000 per kg. Artinya, untuk menghitung jumlah total emas Monas, Rp 970.600.000 dikalikan 72, hasilnya adalah Rp 69.883.200.000.

Namun perlu dicatat bahwa harga tersebut merupakan hasil perhitungan kasar harga emas Monas berdasarkan fluktuasi harga emas Antam. Artinya, nilai nominal bisa berubah tergantung waktu penghitungan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button