Terinspirasi oleh hadits Nabi, Pondok Darul Falah modern berkembang... - WisataHits
Jawa Tengah

Terinspirasi oleh hadits Nabi, Pondok Darul Falah modern berkembang…

LANGIT7.ID, Subang – Pondok Modern Darul Falah Cimenteng mengembangkan wisata alam Panyawangan di Desa Cimenteng, Subang, Jawa Barat.

Persiapan dilakukan pada pertemuan Ketua Dewan Pembina Yayasan PM Darul Falah, H. Agus Maulana, dengan Kepala Pemerintahan Desa Cimenteng Minggu (13/11/2022) lalu.

Pengembangan wisata alam ini dibantu oleh pakar pengembangan wisata Kang Mega Parliantara yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Kang Mega disebut mendukung Perdana Menteri Darul Falah dalam rencana ini.

Baca Juga: 5 Pilihan Kuliner Lokal & Western Populer di Pasar Gede Solo

Agus mengatakan, rencana pengembangan wisata alam di Panyawangan terinspirasi dari hadits Rasulullah SAW yang memerintahkan manusia untuk bermanfaat bagi sesama. Hadits itu berbunyi, “Manusia terbaik adalah yang paling berguna bagi manusia.” (Dilaporkan oleh Ahmad).

Agus ingin kehadiran Perdana Menteri Darul Falah bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Proses pendidikan di pesantren berjalan dengan baik. Bahkan, ada pertemuan ilmu khusus untuk masyarakat sekitar.

“Nah, sekarang bagaimana kita bisa bermanfaat bagi orang lain dengan Pondok Modern Darul Falah Cimenteng? Alhamdulillah manfaat pendidikan saat ini berlangsung di pondok dan sekarang juga di masyarakat, ada pengajian jumat di desa, sharing jumat dan lain sebagainya,” kata Agus melalui akun Instagram Perdana Menteri Darul Falah.

Rencananya berawal saat Agus berkunjung ke Bandung untuk menemui Ustadz Hajrul dari IKPM Bandung. Agus dikenalkan dengan Kang Mega. Pertemuan tersebut memunculkan gagasan tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus ekonomi pesantren.

“Kami hadir untuk mengembangkan potensi masyarakat dan sesama, maka dari pesantren kami salurkan wakaf produktif ini. Mudah-mudahan ada kebaikan di sini dengan obrolan ini, insyaallah Allah juga memberikan jalan yang terbaik,” ujarnya kepada Agus.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jajanan Khas Indonesia, Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Menurut Agus, wisata alam memiliki banyak manfaat. Tempat wisata dapat menjadi tempat pertukaran budaya, termasuk dalam tataran toleransi antar masyarakat. Ini hanya sebagian kecil dari dampak positif yang ditimbulkan oleh adanya wisata alam.

“Pariwisata merupakan medium yang kompleks, juga bermanfaat untuk pertukaran budaya, juga toleransi bagi orang yang berkunjung, sehingga memberikan efek yang sangat positif. Oleh karena itu, untuk mengembangkan pariwisata ini, yang terpenting adalah pengelolaannya jelas dimana mau kemana dan tujuannya harus jelas,” kata Kang Mega.

(jadi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button