Tenang! Perayaan Natal di Gereja Solo Dikawal 1.018 Petugas Keamanan Bersama - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Tenang! Perayaan Natal di Gereja Solo Dikawal 1.018 Petugas Keamanan Bersama – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Dandim 0735/Solo Letkol (inf) Devy Kristiono (kiri ke kanan), Kapolres Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa meninjau persiapan Misa Natal di Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan, Solo, Selasa (20/12/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah menurunkan 1.018 aparat keamanan gabungan yang bersiaga untuk mengawal misa Natal di gereja-gereja Kota Solo. Sejumlah gereja disiagakan oleh antara 16 hingga 20 petugas.

Berdasarkan pengawasan Solopos.comPada Selasa (20/12/2022) Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Kapolres Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi dan Dandim 0735/Solo Letkol (Inf) Devy Kristiono meninjau persiapan Natal di sejumlah gereja.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Salah satunya adalah Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan. Kapolresta mengatakan, petugas gabungan terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP Solo dan pemangku kepentingan yang berkompeten.

Anda akan memimpin Operasi Lilin mulai Kamis (22/12/2022). Keamanan dan parkir selama pesta Natal di Solo menjadi perhatian tim gabungan.

“Gereja diamankan dengan klasifikasi gereja prioritas 1, 2 dan 3 antara lain berdasarkan jumlah jemaat, jumlah misa Natal dan lokasi gereja di jalan raya utama,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, DPUPR Solo Kerahkan Tim Sapu Sisir Lubang Jalan Rusak

Dikatakannya, di Kota Solo terdapat 243 gereja, Prioritas 1 sebanyak 16 gereja, Prioritas 2 sebanyak 22 gereja dan sisanya Prioritas 3.

“Gereja Prioritas 1 diamankan oleh petugas gabungan yang terdiri dari 16 hingga 20 anggota staf,” katanya. Sedangkan prioritas tiga gereja dengan kegiatan patroli dapat dilakukan oleh petugas gabungan.

Menurutnya, pimpinan Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan telah melakukan persiapan yang baik. Jemaat di Kota Solo dengan gembira mempersiapkan perayaan Natal, tanpa rasa khawatir namun dengan kewaspadaan yang meningkat, mengikuti instruksi TNI/Polri.

Wakil Ketua Paroki Santo Antonius Purbayan Gerardus Suyatman menjelaskan, ada rangkaian misa Natal, yakni misa malam Natal pada Sabtu (24/12/2022) pukul 18.00 WIB dan 19.30 WIB.

Baca Juga: Ibadah Natal, Gereja Solo Gelar Misa Penuh Jemaat

Kemudian misa Natal Lansia, Minggu (25/12/2022) pukul 07.00 WIB, misa Natal anak-anak pukul 09.00 WIB dan misa malam Natal pukul 18.00 WIB.

Menurutnya, Ekaristi Natal terbuka untuk semua orang tanpa harus mendaftar seperti tahun-tahun sebelumnya, wajib memakai masker, sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua, dalam keadaan sehat dan tidak ada yang memiliki batas umur. “Biasanya kebanyakan orang datang pada malam Natal. Diperkirakan akan ada sekitar 3.000 hingga 3.500 pertemuan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sejumlah kavling yang dipinjam petugas gereja untuk memarkirkan kendaraan masyarakat, antara lain Balaikota Solo, SD Pangudi Luhur, SD Marsudirini Solo dan Denpal B 04 Surakarta, telah dipinjamkan sejumlah kavling kepada dinas.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button