Temui odong-odong eksentrik di Indramayu - WisataHits
Jawa Tengah

Temui odong-odong eksentrik di Indramayu

Temui odong-odong eksentrik di Indramayu

Indramayu

Lain halnya dengan deretan kendaraan yang parkir di objek wisata di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Mobil dengan dekorasi dan tampilan nyentrik ini biasa disebut Odong-Odong.

Saat Anda berkendara melewati kawasan Kabupaten Indramayu, jangan heran jika melihat kendaraan nyentrik mirip Truk Optimus Prime berkeliling. Kereta wisata sering berkeliling desa atau membawa rombongan ke tempat-tempat wisata.

Salah satunya dikendarai Saidun (42), warga Kecamatan Gegesk, Kabupaten Cirebon. Dia memakai odong-odong kakaknya. Mobil tersebut baru dibeli dari Pemalang sekitar 3 bulan yang lalu.

“Harganya Rp 83 juta, ada juga yang 40 juta. Harga odong-odong lengkap sudah termasuk alat musik karaoke dan dekorasinya,” kata Saidun pada Rabu (1/4/2023).

Menurutnya, ada empat odong-odong modern di Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon. Umumnya bentuk odong-odong modern seperti ini dipesan dari luar daerah. Seperti Solo dan Pemalang.

Selain fasad yang menarik, kereta wisata modern ini juga memiliki fasilitas seperti musik karaoke dan berbagai lampu dekorasi yang meriah saat beroperasi di malam hari. Padahal, enam baris utama bisa menampung sekitar 24 hingga 30 penumpang. Penumpang harus membayar Rp 12.000 untuk menaiki odong-odong yang berputar-putar di beberapa titik.

Kata Saidun, kereta wisata atau odong-odong dibuat dari mesin kendaraan tua seperti truk pikap era 1990-an.

“Mesin ini pakai pikap Panther, ya mesin jadul jadi kadang agak lama start-nya,” terangnya.

Butuh keahlian untuk mengendarai odong-odong ini. Selain itu, terkadang muncul kondisi yang tidak terduga saat odong-odong dipakai di jalan. Saidun sendiri pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan saat memakai odong-odong. Salah satu ban kendaraannya meledak.

“Ya kita jaga kecepatan saja karena naik penumpang itu kan berpengaruh pada nyawa orang lain, jadi lebih hati-hati,” jelasnya.

Di sisi lain, fasilitas Odong Odong yang cukup lengkap menjadi daya tarik tersendiri bagi para penumpang. Selain meriah, penumpang juga bisa dihibur dengan berbagai sajian musik dangdut bahkan karaoke.

“Paling seru kalau bawa grup yang suka karaoke,” kata Saidun.

(enak/sendok)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button