Temui Karnaval Boyong Oyod Genggong, Cikal bakal Prosesi Desa Kalilunjar Banjarnegara - WisataHits
Jawa Tengah

Temui Karnaval Boyong Oyod Genggong, Cikal bakal Prosesi Desa Kalilunjar Banjarnegara

BANGARNEGARAKU.COM – Penciptaan suatu wilayah diawali dengan proses yang kaya akan nilai sejarah, adat istiadat, tradisi dan seni budaya.

Demikian juga beberapa kawasan desa di Kabupaten Banjarnegara juga memiliki potensi wisata yang menjadi cikal bakal terbentuknya desa dengan kearifan lokalnya masing-masing.

Dimana potensi tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengembangan pariwisata jika dikembangkan oleh pelaku lokal.

Baca Juga: Remaja Punggelan Banjarnegara Tidak Mengikuti Nasehat Ibunya dan Pergi Tanpa Ucapkan Pamit

Desa Wisata Kalilunjar merupakan salah satu desa wisata yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Setiap tahun, desa ini menyelenggarakan festival budaya bertajuk Parade Budaya Boyong Oyod Genggong.

Acara ini diadakan untuk memperingati hari jadi desa yang didirikan sekitar tahun 1833 oleh seorang musafir dari Kerajaan Mataram.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Boyong Oyod Genggong berkenalan dengan karnaval, cikal bakal berdirinya Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara seperti dilansir akun Instagram resmi @budparbanjarnegara, berikut ulasan lengkapnya.

Karnaval Oyod Genggong menggambarkan proses terbentuknya Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara.
Yang ditentukan oleh Ki Candra dan Ni Candra, yang diwakili oleh pusaka Oyod Genggong, sebagai wakil dari pohon Genggong, tempat berdirinya desa Kalilunjar, yang kini hanya berakar.

Baca Juga: Tentukan Dosis Pupuk Dasar NP dan K dengan Uji Tanah Padi, Selengkapnya

Source: banjarnegara.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button