Temui Forum Pariwisata ASEAN 2023 yang akan diadakan di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Temui Forum Pariwisata ASEAN 2023 yang akan diadakan di Yogyakarta

Temui Forum Pariwisata ASEAN 2023 yang akan diadakan di Yogyakarta

Agenda besar menanti Indonesia di awal tahun 2023, yaitu ASEAN Tourism Forum.

ASEAN Tourism Forum akan diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 5 Februari 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Bantul. Sejumlah event penting di bidang pariwisata Asia Tenggara dijadwalkan digelar di Jogja Expo Center (JEC).

Yogyakarta juga bersiap menyambut peserta dari seluruh Asia Tenggara. Maklum saja, Yogyakarta dianggap sebagai daerah yang sangat istimewa di mata dunia pariwisata bahkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan.

“Kenapa Yogyakarta? Karena saya juga memilih kota ini. Saya sangat mencintai Yogyakarta dan kota ini membuat saya ingin kembali lagi dan lagi, ini juga merupakan salah satu tujuan wisata utama. Dan ketika ditawarkan dari berbagai arah, Yogyakarta paling banyak menerima permintaan dari rekan-rekan kita di ASEAN,” kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno dalam laman resmi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Puncak Gurute, Cocok untuk wisata alam akhir pekan

Apa itu Forum Pariwisata ASEAN?

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menyatakan bahwa Forum Pariwisata ASEAN merupakan kerjasama regional untuk mempromosikan ASEAN sebagai tujuan wisata dengan menonjolkan keramahan dan keragaman budaya Asia.

Forum Pariwisata ASEAN didirikan pada tahun 1981 dan tuan rumah Forum Pariwisata ASEAN bergilir antar negara anggota setiap tahunnya. Tanpa disadari pertemuan tersebut, ASEAN Tourism Forum bertujuan untuk bertukar pikiran, meninjau perkembangan industri, merumuskan rekomendasi untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata ASEAN, dan menyediakan forum transaksi produk pariwisata regional dan individual bagi negara-negara ASEAN.

Forum Pariwisata ASEAN juga akan mengadakan pertemuan para menteri dan pejabat senior, yang terbagi dalam beberapa sesi, seperti Pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN ke-26, Pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN Plus Tiga ke-22 (Tiongkok, Jepang, Korea), Pertemuan ASEAN ke-10 -Pertemuan Menteri Pariwisata India dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa peserta ASEAN Tourism Forum tidak hanya berasal dari negara-negara ASEAN, tetapi juga dari negara-negara mitra lainnya.

Tentunya pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan keluaran yang bernilai dan bermanfaat bagi setiap negara yang terlibat.

“Tentunya dari yang dihasilkan, kerjasama ini mencakup pemasaran, investasi, sumber daya manusia dan diskusi tentang pariwisata berkelanjutan,” ujar Martini Mohammad Paham, Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

“Hasilnya berupa pernyataan bersama para menteri ASEAN; ada kajian bagaimana kita bisa melaksanakan pembangunan pariwisata berkelanjutan ASEAN pasca-COVID-19 di negara-negara ASEAN; dan terakhir ada kajian mutual recognition agreement bagi para profesional pariwisata, bagaimana para pelaku industri di negara-negara ASEAN tersebut dapat mengusahakan mobilitas di negara-negara ASEAN, itulah hasil yang diharapkan,” jelasnya.

Selain candi, berikut adalah rekomendasi tempat menarik untuk dikunjungi di Magelang

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button