Tempat ziarah di Wonogiri - WisataHits
Yogyakarta

Tempat ziarah di Wonogiri

Tempat ziarah di Wonogiri

Wonogiri dikenal sebagai Kota Gaplek karena wilayahnya didominasi oleh bebatuan karst yang ditanami singkong sebagai pengganti beras. Selain itu, lokasinya sangat strategis karena berbatasan dengan Jawa Timur serta dekat dengan Yogyakarta dan Solo.

Selain itu, masih banyak hal menarik lainnya dari Wonogiri, termasuk destinasi wisatanya. Waduk Gadjah Mungkur, Bukit Cumbri dan Museum Karst Indonesia adalah beberapa tempat wisata menarik di Wonogiri. Sejumlah tempat dikeramatkan dan menjadi tujuan ziarah bagi penduduk lokal maupun luar kota.

Anda berniat untuk menunaikan ibadah haji di Wonogiri? Berikut lima tempat wisata di Wonogiri yang wajib dikunjungi.

1. Makam Bupati Pertama Wonogiri, Raden Hangabehi (R Ng) Djjodoedharso

5 tempat ziarah di Wonogiri, Makam Bupati hingga Tugu Peringatan Sunan GiriMakam Bupati Pertama Wonogiri (youtube.com/Kang Imam)

Makam Bupati Pertama Wonogiri, Raden Hangabehi (R Ng) Djojosoedharso, merupakan salah satu tempat ziarah terpopuler di Wonogiri. Makam ini terletak di Perbukitan Npicturewangi, Dusun Dringo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi. Selain sebagai tempat ziarah, makam tersebut juga dijadikan wisata sejarah.

Sejumlah pejabat pemerintah Wonogiri juga kerap berziarah ke makam ini untuk mengenang jasa Djojosoedharso. Kadang dilakukan saat memberi hormat pada hari jadi pemerintahan Wonogiri atau menjelang perayaan tertentu.

Djojosoedharso ditunjuk untuk mengosongkan pangkalan Wonogiri setelah pemerintah Raden Mas Said membangun Candi Mangkunegaran. Saat membersihkan tanah, perbukitan NImagewangi sering menjadi tempat istirahat. Penduduk setempat mengingat kebaikannya hingga saat ini dan ia juga dikenal sebagai seorang pejuang.

2. Makam Kiai Nur Muhammad

5 tempat ziarah di Wonogiri, Makam Bupati hingga Tugu Peringatan Sunan GiriMakam Kiai Nur Muhammad (youtube.com/Sahri Sobiran)

Makam orang penting lain yang menjadi tujuan ziarah di Wonogiri yaitu makam Kiai Nur Muhammad. Beliau adalah salah satu ulama yang menyebarkan agama Islam di Wonogiri bagian selatan. Makamnya terletak di Dusun Kauman, Desa Balepanjang, Kecamatan Baturetno.

Karakternya sangat dicintai masyarakat. Karena selain sebagai seorang ulama, ia juga seorang penyembuh. Salah satu peninggalan yang masih bisa Anda temukan adalah sebuah buku yang disimpan di Branjang Gunung Kidul. Karena rasa hormat, orang sering berziarah ke makam setiap Jumat malam.

Hal lain yang masih berkaitan dengan Kiai Nur Muhammad adalah Masjid Al-Ghany di Baturetno. Nama tersebut berasal dari nama Bani Abdul Ghany, dari keturunan Kiai Nur Muhammad. Sebagian besar generasi penerus masih tinggal di Baturetno.

Baca Juga: 10 Potret Waduk Gajah Mungkur, Wisata Andalan di Wonogiri

3. Makam Kiai Sidik Premono

5 tempat ziarah di Wonogiri, Makam Bupati hingga Tugu Peringatan Sunan GiriIlustrasi kuburan orang-orang penting (pexels.com/jeswinthomas)

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Makam spiritual lain di Wonogiri adalah makam Kiai Sidik Premono. Terletak di kawasan Wukir Dhento Sri Gading, Dusun Wiroko, Desa Dlepih, Kecamatan Tiromoyo. Makam tersebut berjarak sekitar 2 km dari rumahnya yang masih bisa Anda kunjungi hingga saat ini.

Untuk mencapai makam tersebut Anda harus berjalan kaki karena berada di atas bukit dan tidak ada akses kendaraan. Namun, hal tersebut tidak menghalangi para peziarah untuk mengunjungi makam Kiai Sidik Premono. Biasanya jemaah haji banyak yang datang pada Senin malam, yang bertepatan dengan peringatan wafatnya Kiai Sidik Premono.

Beberapa peziarah bahkan rela bermalam di dekat makam untuk keperluan tertentu. Bahkan, beberapa pejabat sering berziarah ke makam tersebut.

4. Gedong Giyono

5 tempat ziarah di Wonogiri, Makam Bupati hingga Tugu Peringatan Sunan GiriGedong Giyono (Dok SDM/Anom Saksana)

Gedong Giyono adalah kompleks pemakaman Gusti Raden Gunung Sari beserta istri, anak dan pengikut serta muridnya. Padahal dia adalah cucu dari Raja Majapahit, Brawijaya. Pemakaman ini terletak di Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro.

Selain sejumlah makam, beberapa bangunan kayu masih berdiri, meski beberapa di antaranya sudah direnovasi sehingga masih bisa digunakan. Setiap bangunan berupa mushola, shelter, dan bangunan khusus yang menjadi tempat makam Gusti Raden Gunung Sari dan keluarganya.

Tempat ini masih sering dikunjungi untuk berbagai keperluan, seperti meditasi atau sekedar wisata religi. Tempat ini biasanya ramai pengunjung saat bulan Syawal yaitu sepekan setelah lebaran.

5. Petilasan Sunan Giri

5 tempat ziarah di Wonogiri, Makam Bupati hingga Tugu Peringatan Sunan GiriPetilasan Sunan Giri (youtube.com/sugeng widodo)

Tempat ziarah lainnya di Wonogiri adalah Petilasan Sunan Giri di Gunung Giri, Dusun Seneng, Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri. Keberadaan reruntuhan tersebut membuat masyarakat percaya bahwa Sunan Giri pernah menyebarkan agama Islam ke Wonogiri

Disebut juga Gunung Giri, tempat ini terletak di atas bukit. Hal itu ditandai dengan adanya sebuah batu yang dipercaya sebagai tempat salat sunan kala itu karena terdapat jejak kaki. Di dekat bangunan Petilasan juga terdapat Makam Pejuang Kemerdekaan yang ditandai dengan bambu runcing dan bendera merah putih di batu nisan.

Seperti empat tempat ziarah sebelumnya, Petilasan ini berada dalam satu bangunan dengan satu pintu. Jadi jika Anda memiliki tujuan tertentu, Anda harus menghubungi juru kunci,

Tempat ziarah di Wonogiri didominasi oleh makam tokoh-tokoh penting yang berjasa dalam peradaban masyarakat setempat, mulai dari Bupati Pertama Wonogiri hingga para ulama penyebar agama Islam di Wonogiri.

Kelima tempat ini masih terawat dengan baik, meski berada di perbukitan dan seringkali sulit dijangkau. Apakah Anda berencana untuk mengunjungi salah satu dari mereka?

Baca Juga: 6 Gua Wonogiri yang Patut Jadi Destinasi Liburanmu, Menakjubkan!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button