Tempat wisata Sumedang belum maksimal - WisataHits
Yogyakarta

Tempat wisata Sumedang belum maksimal

sumedang, KOTA – Bagus Noorohmat, anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Sumedang, mengatakan beberapa tempat wisata di Sumedang dinilai tidak memenuhi syarat sebagai tempat wisata. Selain infrastruktur, masih banyak yang harus diperbaiki oleh pemerintah daerah.

“Regulasi tempat wisata, masih banyak tempat wisata yang levelnya masih jauh dari harapan pemerintah. Kalau seperti Buricak Burinong, anggarannya sangat besar dan didukung langsung oleh provinsi, tetapi administrasinya masih terbatas. Apalagi yang akan diserahkan ke pemerintah daerah,” kata Bagus kepada Sumeks, Rabu (26/10).

Padahal, kata dia, pemerintah daerah sendiri mengharapkan adanya tempat wisata yang bisa dikelola oleh pemerintah kota.

“Hari ini kami sedang melakukan penilaian dari DPRD. Hingga muncul peraturan daerah tentang desa wisata. Namun, desa-desa yang memiliki potensi wisata saat ini masih terkendala regulasi payung hukum tersebut,” jelasnya.

Diharapkan penilaian tersebut dapat memberikan kerangka hukum bagi desa-desa yang berpotensi menjadi daya tarik wisata.

“SKPD terkait, khususnya Disparbudpora, ketika ada payung hukum, perlu menopang ke bawah mengingat pergerakan yang terjadi di beberapa daerah,” jelasnya.

Dijelaskannya, sejumlah daerah seperti Banyuwangi dan Gunung Kidul berpotensi tumbuh dari nol. Karena kesadaran masyarakat terhadap pariwisata sudah tinggi.

“Selama ini, ketika kita memberikan anggaran yang besar, terkadang banyak kesalahan. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat perlu dibangun tentang pentingnya pariwisata,” kata Noorohmat.

Dia memperkirakan saat tol dibuka nanti, akan ada beberapa opsi.

“Saat tol dibuka, kunjungan ke Sumedang akan lebih banyak atau lebih sepi. Jika Anda tidak siap, kemungkinan Anda akan kesepian dan mati, “katanya.

Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 telah selesai dikerjakan dan akan segera dibuka. Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Pemkab Sumedang.(kg)

Baca juga: Kontestan Kebanggaan Jawa Barat Ridwan Kamil, Dodi: Saatnya Sunda Tunjukkan Diri

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button