Tempat Wisata Spiritual Goa Maria Sendangrejo, Alternatif Tempat Liburan Natal di Kota Blitar - WisataHits
Jawa Timur

Tempat Wisata Spiritual Goa Maria Sendangrejo, Alternatif Tempat Liburan Natal di Kota Blitar

SURYA.CO.ID, BLITAR – Tempat wisata spiritual Gua Sendangrejo Maria di Desa Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul menjadi tujuan wisata favorit umat Katolik yang menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru di Kota Blitar.

Pengunjung dapat berdoa dan menyegarkan diri sambil menikmati indahnya suasana di lokasi wisata spiritual Gua Maria Sendangrejo.

Tempat wisata Gua Maria Sendangrejo berada di pinggiran Kota Blitar atau sekitar 5 kilometer sebelah utara kawasan wisata Makam Bung Karno.

Tempat wisata spiritual Gua Maria ini berada di dekat pemukiman penduduk kecamatan Ngadirejo. Sayangnya, akses menuju lokasi masih sempit.

Akses menuju lokasi hanya cukup untuk mobil dan sepeda motor. Rombongan yang naik bus harus parkir di Jl DI Panjaitan lalu jalan kaki menuju Gua Sendangrejo Maria.

Begitu tiba di lokasi, pengunjung langsung disambut oleh pelataran Gua Maria Sendangrejo yang sangat luas. Penghuni sawah tersebar di sekitar tempat itu.

Setelah melewati pelataran luas, pengunjung menuruni anak tangga menuju Gua Sendangrejo Maria.

Menuruni anak tangga, mata pengunjung disambut pemandangan pepohonan rindang dan sungai yang membelah lokasi Gua Maria Sendangrejo.

Di sebelah kiri tangga turun, pengunjung bisa langsung melihat Gua Maria. Biasanya, umat Katolik terlebih dahulu berdoa di depan Gua Maria sebelum berkeliling lokasi.

Ada mata air suci di sebelah kanan tangga menuju ke bawah. Pengunjung biasanya minum air suci juga.

Dari Gua Maria, pengunjung harus menyeberangi jembatan kecil di atas sungai yang mengarah ke Tempat Salib yang terletak di halaman belakang.

“Menjelang Natal biasanya sepi, masih ada (pengunjung) tapi tidak banyak,” kata Pengelola Situs Wisata Rohani Gua Maria Sendangrejo Yohanes Yulianto Purnomo, 78, Sabtu (24/12/2022).

Yohanes mengatakan, jelang Natal, umat Katolik sebenarnya sibuk mempersiapkan kebaktian dan perayaan Natal di rumah masing-masing.

“Setelah Natal, pengunjung baru berkerumun. Biasanya rombongan datang dari luar kota untuk berziarah,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button