Tempat wisata religi di Balikpapan banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Tempat wisata religi di Balikpapan banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia

Tempat wisata religi di Balikpapan banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Kota Balikpapan memiliki tempat ikonik untuk wisata religi. Itu disebut gunung doa Kalimantan. Terletak di Desa Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur.

Progres pembangunan Bukit Doa Kalimantan hingga akhir Desember 2022 sudah mencapai 30 persen dan masih berjalan. Bagian yang sudah selesai termasuk 36 gua doa, Shepherd’s Field Chapel, Bethelem Chapel, kantor dan resepsi.

Ketua Yayasan Bethany Kalimantan, Pdt. Dr. Samuel Kusuma MTh mengatakan, pembangunan diawali dengan visi Tuhan pada tahun 2000. Saat itu seseorang memberinya tanah seluas 2.000 meter persegi. “Ini anugerah dari Tuhan. Visi dari Tuhan bahwa ini adalah tempat suci Tuhan, maka Bukit Doa dibangun. Tuhan Yesus juga memberi contoh naik ke bukit setiap pagi untuk berdoa,” ujarnya kepada Tribunkaltim.co.

Setelah itu, negara berkembang. Yayasan Bethany Kalimantan berkembang sangat pesat hingga mencapai 5,6 hektar. Pengembangan kawasan ini sesuai dengan IMB yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan sejak tahun 2006, sesuai dengan siteplan dan perluasan kota sebagai kawasan wisata religi. Jadi ibadah bukan hanya tentang berdoa, ini tentang bepergian. “Di tengah kesibukan gereja, mereka membutuhkan tempat khusus untuk berdoa, menyegarkan iman, menemukan kedamaian dan mengalami perjumpaan dengan Tuhan,” kata Pdt. Samuel yang juga pendeta senior Gereja Bethany Favor God (FOG) Balikpapan .

Ia menjelaskan, realisasi pembangunan Bukit Doa di Kalimantan merupakan anugerah Tuhan hingga saat ini. “Sungguh luar biasa, luar biasa. Karena di tengah pandemi Covid-19, proyek ini bisa cepat dibangun,” ujarnya.

Selama ini masyarakat yang datang ke Bukit Doa Kalimantan berasal dari berbagai agama. Ada Katholik, Metodis, Muslim, Hindu, Budha bahkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dari berbagai kota/pemerintahan di Kaltim dan Kalsel, Kemenag dari Jakarta, Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag dan lain-lain. . Juga dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang berasal dari Jakarta, Surabaya, Papua, Toraja, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, Pulau Kalimantan dan lainnya.

Memang, sambung Pdt Samuel, FKUB Balikpapan menjadikan Bukit Doa Borneo ikonik untuk membuktikan bahwa Balikpapan tumbuh sebagai kota iman (bersih, indah, aman dan nyaman).

Pembangunan Bukit Doa Kalimantan masih berlangsung. Dibutuhkan dana lebih dari Rp 300 miliar, menurut Pdt Samuel. Jika Anda ingin berpartisipasi dalam penyemaian dalam proyek dan pelayanan ini, silakan melakukan transfer ke rekening bank UOB: 320.100.3324 atas nama Yayasan Bethany Kalimantan/Bukit Doa Kalimantan. Kemudian bukti transfer dikirimkan melalui WhatsApp ke nomor 0821-5757-9280.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button