Tempat wisata Pemandian Clereng menampilkan mata air alami yang segar - WisataHits
Yogyakarta

Tempat wisata Pemandian Clereng menampilkan mata air alami yang segar

LANGIT7.ID, Kulon Progo – Pemandian Clereng adalah objek wisata yang memiliki kolam pemandian air tanah. Aliran mata air yang jernih dan segar menjadi daya tarik dari pemandian ini.

Menurut visitjogja.jogjaprov.go.id, Pemandian Clereng terletak di Desa Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Pemandian Clereng terdiri dari kolam atau mata air alami. Mata air berasal dari mata air dengan alas berupa bebatuan dan lumut alami. Hal ini menambah keunikan dari objek wisata Pamandian Clereng.

Baca Juga: 11 Menu Khas Keraton Mangkunegaran yang Disajikan di IWTCF 2022

Selain itu, ada juga dua kolam buatan dengan kedalaman hingga dua meter setengah meter. Tempat wisata sudah lama dikenal, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukan panduan menuju tempat tersebut.

Selain dikenal sebagai salah satu pemandian tertua di Kulon Progo, Pemandian Clereng juga dikenal memiliki cerita sejarah, menjadi tempat persinggahan Sunan Kalijaga pada masa penyebaran Islam.

Pemandian Clereng sering ramai, terutama menjelang bulan Ramadhan, saat orang-orang berduyun-duyun ke tempat ini untuk melanjutkan tradisi Padusan.

Keindahan alam Pemandian Clereng merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dari hiruk pikuk pekerjaan. Pemandangan di sekitar pemandian berbentuk tebing juga menambah keindahan tempat wisata ini.

Di kawasan ini, Sahabat Langit7 juga memiliki pasar tradisional yang ramai menjual makanan khas Clereng. Salah satu makanan yang wajib disantap adalah Geplek Clereng yang terkenal gurih dan kenyal.

Baca Juga: Turis Muslim Meningkat Signifikan, Jakarta Berkomitmen Jadi Destinasi Wisata Halal

Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai mulai dari kamar mandi, ruang ganti, pendopo, warung makan, mushola, tempat parkir hingga persewaan peralatan renang.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pemandian ini adalah pada pagi dan sore hari karena suasananya lebih teduh dan menyegarkan. Sobat Langit7 hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

(Lembut)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button