Tempat perkemahan yang direkomendasikan di Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

Tempat perkemahan yang direkomendasikan di Surabaya

Berkemah adalah salah satu kegiatan paling menarik untuk menghabiskan akhir tahun bersama keluarga, teman, dan orang-orang terkasih. Selain menambah kemesraan, camping juga bisa mendekatkan Anda dengan alam sambil rehat sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan dan hiruk pikuk kota.

Nah, buat kamu yang sedang berada di Surabaya dan sedang mencari rekomendasi camping ground terdekat dengan kota Surabaya, yuk simak 6 rekomendasi camping ground yang cocok untuk liburan akhir tahun kamu.

1. TK Wonorejo

6 Rekomendasi Tempat Perkemahan di Surabaya dan SekitarnyaPerkemahan Pembibitan Wonorejo. (Instagram/andiks_kind)

Perkemahan pertama dengan nuansa alam di tengah kota Surabaya adalah Pembibitan Wonorejo. Meski berada di tengah kota, tempat ini memiliki suasana yang asri, sejuk dan luas, sehingga sangat cocok untuk berkemah bersama teman atau keluarga.

Selain suasananya yang teduh, Wonorejo Nursery juga menawarkan fasilitas yang lengkap dan juga berbagai taman bermain anak. Di taman tersebut juga terdapat danau, jogging track, tempat istirahat dan beberapa jenis hewan yang dirawat dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai tempat liburan maupun sebagai tempat edukasi bagi anak-anak.

Untuk memasuki tempat ini, pengunjung tidak dipungut biaya atau tidak dipungut biaya sama sekali. Namun untuk parkir kendaraan, pengunjung harus membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan pengunjung camping hanya akan dikenakan tarif Rp 25.000.

Lokasi : Tol Wonorejo, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya.

Baca Juga: 5 Spot Glamping di Jawa Timur Mirip Luar Negeri

2. Taman Hutan Raya (TAHURA) Jawaban Klumprik

6 Rekomendasi Tempat Perkemahan di Surabaya dan SekitarnyaCamping Tahura Reply Klumprik (Instagram/f.surabayasehat)

Taman Hutan Raya Balas Klumprik adalah tempat perkemahan terbaru di Surabaya yang diresmikan oleh Tri Rismaharini yang saat itu menjabat sebagai Walikota Surabaya pada tahun 2020 dan masih sangat populer. Selain sebagai alternatif camping ground, taman ini juga bisa digunakan untuk piknik atau bersantai bersama teman atau keluarga.

Fasilitas di taman hutan Balas Klumprik juga cukup lengkap, mulai dari toilet hingga berbagai wisata kuliner. Di tengah taman terdapat sebuah danau dengan perahu berbentuk bebek yang memungkinkan pengunjung untuk berkeliling danau dengan membeli bibit lele hanya dengan 10.000 rupee.

Selain itu juga terdapat beberapa fasilitas olahraga dan tempat bermain anak yang cukup bervariasi seperti perosotan, ayunan dan lain sebagainya. Masuk ke tempat ini gratis, namun pengunjung harus membayar Rp 3.000 untuk parkir kendaraan.
Lokasi: Jl. Jawaban Klumprik, Jawaban Klumprik, Kec. Wiyung, kota Surabaya.

3. Berkemah Hotel Singgasana

6 Rekomendasi Tempat Perkemahan di Surabaya dan SekitarnyaSuasana perkemahan Hotel Singgasana. (singgasanahotels.com)

Masih di tengah kota Surabaya, Singgasana Hotel memiliki taman tropis seluas 15 hektar yang cocok sebagai alternatif camping ground di tengah kota dengan suasana yang asri dan sejuk. Tempatnya yang nyaman dan rindang akan membuat pengunjung merasakan suasana pegunungan yang pastinya akan betah berlama-lama di tempat ini.

Selain menjadi bumi perkemahan, taman ini juga menawarkan banyak wahana wisata yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Untuk camping di campsite Hotel Singgasana, pengunjung harus membayar paket camping Rp 150.000 per orang dengan minimal 10 orang camper.

Lokasi: Singgasana Hotel, Jl. Teluk 1 Surabaya, Gunung Sahari, Kecamatan. Dukuhpakis, kota Surabaya.

4. Perkemahan Kakek Bodo

6 Rekomendasi Tempat Perkemahan di Surabaya dan SekitarnyaBumi Perkemahan Opa Bodo (Instagram/pesona.airterjun)

Perkemahan Kakek Bodo merupakan kawasan hutan pinus dengan tempat wisata alam berupa air terjun dan mata air alami. Berlokasi di Pasuruan, pengunjung dari Surabaya perlu berkendara sejauh 66,2 km atau 1 jam 41 menit melalui Jl. Raya Pantura atau Jl. Jalan Tol Surabaya – Gempol atau Jl. Jalan Tol Surabaya – Porong.

Meski suasananya benar-benar alami, namun pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di bumi perkemahan ini. Pasalnya, fasilitas di tempat ini sangat lengkap, mulai dari kamar mandi hingga warung yang menjual makanan, minuman, dan jajanan.

Banyaknya warung di lokasi ini juga akan memudahkan para pekemah yang tidak membawa perlengkapan masak atau tidak ingin memasak. Untuk berkemah di bumi perkemahan ini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 20.000 per orang per malam.

Lokasi: Jl. Taman Wisata No.541, Sawah/Area Kebun, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan.

5. Pulau Bawean

6 Rekomendasi Tempat Perkemahan di Surabaya dan SekitarnyaSuasana Pulau Bawean di sore hari. (Instagram/Marsheld.com)

Pulau Bawean merupakan salah satu destinasi wisata di Gresik namun sangat dekat dengan Surabaya. Dari Surabaya, pengunjung hanya perlu menempuh jarak 22,7 km atau 49 menit melalui Jl. perjalanan menuju pelabuhan Gresik. Jalan Tol Surabaya – Gresik. Dari pelabuhan, pengunjung harus naik perahu selama 3-4 jam (80 mil laut) untuk sampai ke Pulau Bawean.

Terkenal dengan eksotismenya, pulau ini memiliki banyak destinasi wisata antara lain pemandian air panas, air terjun, gua, dan pantai berpasir putih. Namun, tempat perkemahan yang paling populer bagi pengunjung adalah pantai. Pasalnya, pantai ini menawarkan pemandangan sunset dan sunrise yang sangat indah.

Untuk naik perahu ke Pulau Bawean Anda perlu menyiapkan Rp 150.000. Namun, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk berkemah. Karena kurangnya penjaja makanan, akan lebih baik jika Anda membawa bekal sendiri dari rumah atau membawa peralatan dan perlengkapan masak sendiri.

Lokasi: 120 km sebelah utara Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Perkemahan di Blitar, Lereng Gunung hingga Pantai

6. Alas Pelangi

6 Rekomendasi Tempat Perkemahan di Surabaya dan SekitarnyaPelangi oh getaran berkemah. (Instagram/alaspelangi_trawas)

Berkemah di dekat Surabaya dengan suasana hutan pinus yang sejuk dan asri bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Alas Pelangi di Pasuruan. Untuk menuju lokasi ini, pengunjung harus menempuh jarak hingga 60,7 km atau 1 jam 44 menit dari Surabaya melalui Jl. Raya Pantura atau Jl. Jalan Tol Surabaya – Gempol atau Jl. Jalan Tol Surabaya – Porong dan Jl. Raya Surabaya-Malang.

Alas Pelangi memiliki atraksi berupa wisata hutan pinus, spot foto, pemandangan Gunung Welirang dan pemandangan kawasan Mojosari. Pecinta durian juga bisa mencoba buah durian yang dijual oleh pedagang lokal.
Selain fasilitas yang lengkap dan pemandangan yang indah, Alas Pelangi juga dapat menampung hingga ratusan pekemah yang ingin menginap di lokasi ini. Untuk memasuki kawasan Alas Pelangi, pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan biaya camping Rp 15.000 per orang.

Lokasi: Jl. Trawas – Mojosari No. 32-19, Cembor, Trawas, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Ternyata, Surabaya tak hanya dikenal sebagai kota metropolitan, tapi juga punya camping ground di tengah kota, kan! Jadi Anda tidak perlu ragu jika ingin berkunjung ke Surabaya sekaligus berwisata. Mulai rencanakan acara berkemah akhir tahun Anda sekarang.

Baca Juga: 6 Tempat Perkemahan di Banyuwangi dengan Pemandangan Indah

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button