Tempat misterius di desa Pitu hanya bisa dihuni oleh maksimal 7 keluarga - WisataHits
Yogyakarta

Tempat misterius di desa Pitu hanya bisa dihuni oleh maksimal 7 keluarga

Rabu, 21 September 2022 – 09:32 WIB

Gaya hidup VIVA – Membicarakan hal misterius selalu menjadi topik hangat untuk didiskusikan. Seperti Kampung Pitu yang konon hanya dihuni 7 KK. Tidak bisa dipungkiri bahwa Yogyakarta terkenal dengan wisata alamnya yang begitu menarik, namun juga memiliki beragam budaya yang sangat unik.

Salah satu yang menggugah rasa ingin tahu, desa atau desa yang memiliki sejarah mistis namun memiliki sejuta pesona di baliknya. Kampung yang bernama Kampung Pitu ini terletak di puncak sisi timur gunung api purba, salah satu gunung terkenal di Yogyakarta yang terletak di Nglanggeran, Kecamatan Patung, Gunung Kidul, DIY.

Yuk scroll ke bawah!

Desa Pitu Nglanggeran, Gunungkidul.

Desa Pitu Nglanggeran, Gunungkidul.

Nama itu diambil untuk menggambarkan isi desa yang hanya dihuni 7 kepala keluarga (KK). Aturan-aturan ini telah ada sejak dahulu kala dan dipertahankan hingga hari ini. Percaya atau tidak, menurut kepercayaan setempat, jika aturan itu dilanggar, jika desa itu dihuni lebih dari 7 keluarga, salah satunya akan mati.

Bahkan, suatu hari konon ada orang dari luar desa Pitu yang tiba-tiba meninggal karena ingin tinggal di desa tersebut. Dikatakan juga bahwa hanya mereka yang terpilih yang merasa nyaman dan kuat di sana. Tidak ada yang tahu asal usul desa tersebut.

Namun yang pasti, desa ini berawal dari sebuah kompetisi yang pernah diadakan oleh Keraton Yogyakarta. Isi lomba menyebutkan siapa yang bisa dan cukup kuat menjaga pohon pusaka Kinah Gadung Wuluh di puncak gunung purba tersebut mendapat lahan untuk ditinggali bersama anak cucunya namun hanya sampai 7 keluarga.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button