Tempat keramat paling populer di Ponorogo, apakah kamu berani datang ke sini? - WisataHits
Jawa Barat

Tempat keramat paling populer di Ponorogo, apakah kamu berani datang ke sini?

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama Ponorogo? Yang satu ini di sisi barat Jawa Timur terkenal dengan reognya yang mendunia. Bahkan menjadi pesta populer berupa Festival Nasional Reog Ponorogo.

Tentu saja, di balik tradisi yang masih kuat seperti Grebeg Suro dan Kirab Pusaka pada setiap tanggal 1 Muharram, tidak dapat dipisahkan dari tempat-tempat suci. Ada sejumlah tempat suci dan makam di Ponorogo. Beberapa di antaranya adalah makam orang-orang penting Petilasan.

Apakah Anda ingin berziarah atau hanya ingin memuaskan rasa penasaran Anda? Berikut adalah lima tempat suci di Ponorogo yang harus Anda kunjungi.

1. Makam Bathoro Katong

5 tempat suci terpopuler di Ponorogo, beranikah kamu mengunjunginya? Makam Bathoro Katong (instagram.com/dana.kristiana)

Makam Bathoro Katong merupakan salah satu cagar budaya sekaligus wisata religi yang menjadi kebanggaan masyarakat Ponorogo. Makam ini terletak di Desa Setono, Kecamatan Jenangan.

Sementara itu, Bathoro Katong merupakan sosok yang berperan penting dalam menyebarkan agama Islam di Ponorogo. Sosok Bathoro Katong masih erat kaitannya dengan kerajaan Mataram Islam dan kerajaan Demak.

Seperti diketahui, Kasunanan Surakarta merupakan penerus kerajaan Mataram Islam. Tak heran jika keluarga Kasunanan Surakarta selalu datang ke makam untuk berziarah atau berdoa.

2. Gunung Sandil

5 tempat suci terpopuler di Ponorogo, beranikah kamu mengunjunginya? Astana Srandil (instagram.com/anike_aosta_rouge)

Gunung Srandil sebenarnya adalah sebuah bukit di Desa Srandil Kecamatan Jambon. Ada kompleks pemakaman yang menampung para bupati Kabupaten Sumoroto dan keluarganya.

Saat ini, Sumoroto merupakan sebuah desa di Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo. Raden Merto Kusumo adalah salah satu orang paling terkenal yang dimakamkan di sini.

Beliau adalah Gubernur Kabupaten Ponorejo dengan nama Raden Dipo Taruno. Juga dikenal sebagai tokoh yang mendukung Pangeran Diponegoro.

Tempat ini memiliki udara mistis yang padat dan sakral. Meski jauh dari pusat kota Ponorogo dan lebih dekat dengan jalan penghubung Ponorogo-Solo. Namun, menjadi tujuan orang-orang yang melakukan ziarah karena berbagai alasan.

3. Suru Kubeng

5 tempat suci terpopuler di Ponorogo, beranikah kamu mengunjunginya? Suru Kubeng (youtube.com/KI BAMBANG CHANNEL)

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Suru Kubeng adalah sebuah tempat atau Petilasan di Desa Kutu Wetan, Kecamatan Jetis. Kisah-kisah menarik yang dipercaya masyarakat melingkupi keberadaannya.

Hal ini menjadikannya tempat keramat yang sering dikunjungi sejumlah orang yang mencalonkan diri sebagai pejabat pemerintah.

Situs ini dikelilingi oleh persawahan yang dulunya ditumbuhi semak belukar, rerumputan dan pohon suru. Karena diyakini sebagai Petilasan Demang Suryo Alam atau Ki Ageng Putu Suryo Alam, masyarakat setempat juga membersihkan lokasi tersebut.

Ki Ageng Suryo Alam adalah Madraguna Senopati Majapahit yang sakti. Sementara itu, Suru Kubeng menjadi tempat para prajurit Kadipaten Wengker dikerahkan saat itu.

Baca juga: [QUIZ] Dari tur angker ini kami tahu idola KPop mana yang akan menemani Anda

4. Gunung Dloko

5 tempat suci terpopuler di Ponorogo, beranikah kamu mengunjunginya? Rute Menuju Gunung Dloko (youtube.com/ Yona Mystery)

Hampir mirip dengan Gunung Srandil, Gunung Dloko juga merupakan bukit, namun terletak di Desa Patung di Kecamatan Balong. Sedikit berbeda dari sebelumnya, Gunung Dloko dipercaya sebagai tempat tinggal Ki Ageng Putu Suryo Alam.

Semakin disakralkan karena penghormatannya, diketahui juga ada Kerajaan Djinni yang diperintah oleh Nyi Korek. Tak heran kemegahannya terkenal di seantero pulau Jawa. Namun, tetap saja ada yang datang dengan berbagai alasan seperti mencari berkah dan sejenisnya.

5. Klampis Ireng

5 tempat suci terpopuler di Ponorogo, beranikah kamu mengunjunginya? Klampis Ireng (instagram.com/jansenjasien)

Tempat keramat lainnya di Ponorogo yaitu Klampis Ireng yang dipercaya sebagai tempat pertapaan Kyai Ismoyo atau Semar. Tempat ini juga dipercaya banyak dihuni oleh makhluk gaib yang sering hadir saat perayaan Grebeg Suro. Lokasinya berada di Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Sukorejo.

Ada juga yang menganggap Klampis Ireng sebagai pusat mistik dan pertapaannya hanya ada di Ponorogo. Sementara itu, Semar menjadi sosok yang disegani di sana, karena dianggap sebagai pendidik tertua dan Botoro.

Kesan mistis dan sakral menggantung di tempat ini. Padahal, pengunjung Pura Kalmpis Ireng harus mencermati sejumlah pantangan agar tidak menimbulkan kekacauan di kemudian hari.

Diantaranya adalah dilarang berbicara kasar dan memakai ikat celup bertema poleng kawung atau semar. Karena ukurannya dikatakan mirip dengan Kyai Ismoyo.

Nah, itulah lima tempat wisata keramat di Ponorogo yang wajib kamu kunjungi. Beberapa di antaranya sarat akan nuansa mistis dan membuat Anda merinding. Pecinta wisata horor wajib datang ke sini!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Paling Terkenal Di Jawa Timur, Berani Datang Ke Sini?

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button