Tebing Breksi, wisata eks tambang unik favorit warga Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Tebing Breksi, wisata eks tambang unik favorit warga Yogyakarta

PeekLifestyle Celebrities – Tebing Breksi adalah salah satu tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan karena menawarkan pesona keindahan alamnya yang indah dan mempesona.

Tidak hanya keindahan lingkungan yang mempesona, tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan di tempat ini. Buat kamu yang suka selfie atau foto-foto, kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik di tempat ini.

FYI: Sebelum Taman Breksi menjadi tujuan wisata, awalnya adalah tambang batu alam. Kegiatan penambangan ini sudah dilakukan sejak tahun 1980-an. Hasil penambangan batu tersebut berfungsi sebagai bahan dekorasi bangunan.

Pada pertengahan 2014, kegiatan pertambangan dihentikan oleh pemerintah. Karena berdasarkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa batuan di lokasi penambangan berasal dari aktivitas vulkanik Gunung Semilir Purba.

Lokasi ini kemudian dilindungi dan penambangan tidak diizinkan. Kemudian pada tahun 2015 kawasan pertambangan ini menjadi wisata Tebing Breksi. Penasaran dengan hal-hal menarik dan lainnya dari Tebing Breksi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Instagram/@tebingbreksi_official

Foto: Instagram/@tebingbreksi_official

Terbing Breksi terletak di Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda mencapainya dari Candi Prambanan, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mencapai tempat tersebut dengan kendaraan roda 4.

Di sini Anda akan dikejutkan dengan bekas penambangan yang kini memiliki bentuk ukiran yang unik dan indah. Belum lagi pemandangan dari atas tambang. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang datang tidak hanya untuk jalan-jalan, tapi juga untuk sesi prewedding dan acara lainnya bersama masyarakat.

Instagram/@tebingbreksi_official

Foto: Instagram/@tebingbreksi_official

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang objek wisata tebing breksi baca di sini:

1. Ukiran patung naga

Tebing Breksi bukan hanya bekas lokasi penambangan yang belum dimanfaatkan. Namun, dinding dindingnya telah diukir membentuk ukiran yang sangat indah dan detail. Salah satunya adalah ukiran patung naga.

Patung naga ini berada di sisi tebing kecil yang dipahat oleh Kasdwiyanto. Kasdwiyanto memadukan ukiran naga Bali dengan Yogyakarta. Sekedar FYI bahwa di Jawa sendiri lambang naga adalah lambang wali.

Keindahan ukiran patung naga ini sudah dibuat sejak tahun 2016 dan menjadi salah satu ikon tebing breksi.

2. Relief wayang

Tak hanya pahatan patung naga yang memukau, relief wayang di dinding tebing juga bisa menarik perhatian pengunjung. Dibuat oleh Kasdwiyanto, pematung dari Desa Sambireji, tema boneka tersebut adalah Perang Bunga.

Relief wayang di sini menggambarkan perang antara kebaikan dan kemarahan. Buto Cakil, digambarkan sebagai Angkara Murka, tampak berbaring telentang dan tertusuk keris. Ini juga melambangkan bahwa kegiatan penambangan dipandang oleh sebagian orang sebagai perusak alam.

Dan ini terlepas dari kenyataan bahwa masyarakat sekitar mencari nafkah sebagai penambang. Sedangkan Raden Arjuna melambangkan keindahan pariwisata. Relief-relief boneka tersebut diharapkan dapat memberikan pelajaran bahwa orang seperti Buto Cakil dapat dipersalahkan atas perbuatannya sendiri.

3. Menikmati matahari terbenam

Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata yang paling didambakan oleh para penikmat sunset. Bukan tanpa alasan, namun dari ketinggian di atas tebing breksi, pemandangan di sekitar Yogyakarta akan terlihat sangat memukau.

Langit jingga hingga merah muda berpadu dengan langit biru yang perlahan memudar menciptakan suasana romantis dan magis. Belum lagi saat malam hari pemandangan langit malam menjadi semakin indah, berpadu dengan kerlap-kerlip lampu rumah warga yang terang benderang.

Maka tak heran jika banyak orang datang ke sini pada sore hari untuk mendapatkan sensasi yang berbeda dari pada sore hari.

4. Tur dengan jip

Instagram/@tebingbreksi_official

Foto: Instagram/@tebingbreksi_official

Tebing Breksi juga menawarkan tempat wisata dengan paket wisata jeep. Jadi Anda diajak mengendarai jip melewati berbagai medan. Jika Anda tertarik, barisan jeep ini berada di depan patung ukiran naga. Wisata jeep tersedia mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB.

Ada jeep ini mulai dari Rp 350.000 untuk 3 orang. Rutenya juga bervariasi, ada yang mulai dari Candi Banyunibo, Tebing Banyunibo, Selo Langit, Batu Papal dan Candi Ijo. Nantinya pengunjung juga mendapatkan air minum kemasan dan perlengkapan lainnya selama naik jeep.

Anda juga bisa berfoto dengan mobil jeep berlatar belakang tempat wisata, yang tentunya akan membuat hasil jeep Anda semakin bagus dan canggih.

5. Foto dengan burung hantu

Daya tarik lain dari Tebing Breksi adalah Anda bisa menemukan spot foto menarik dengan burung hantu di sini. Jangan khawatir, burung hantu ini jinak dan siap diajak berpose di depan kamera dengan gaya berbeda.

Burung hantu ada 6 jenis yaitu Bubo Sumatera, Ikan Buffy dan Obay Oriental yang masing-masing berjumlah 2 ekor.

Instagram/@tebingbreksi_official

Foto: Instagram/@tebingbreksi_official

Tebing Breksi buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 20.00 WIB. Jadi jika Anda tidak bisa datang di akhir pekan atau hari libur nasional, Anda bisa datang di hari biasa. Harga tiket masuk ke tebing breksi juga ramah di kantong karena cukup membayar Rp 10.000 saja sudah bisa masuk dan melihat langsung keindahannya.

Sedangkan bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Namun, perlu diketahui bahwa harga ini dapat berubah seiring waktu. Namun, kami berharap harga ini bisa menjadi patokan Anda saat merencanakan biaya liburan.

Fasilitas di Tebing Breksi

Instagram/@tebingbreksi_official

Foto: Instagram/@tebingbreksi_official

Setelah mengetahui berbagai hal menarik dari Tebing Breksi, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut. Tersedia tempat parkir yang luas, panggung musik, lokasi off-road dan toilet di Tebing Breksi.

Selain itu juga terdapat mushola atau mushola bagi pengunjung yang ingin salat di tempat wisata. Di Tebing Breksi ada panggung pertunjukan yang disebut Tlatar Seneng, panggung terbuka yang digunakan untuk pertunjukan seni.

Demikian informasi terkait tebing breksi, mulai dari atraksi hingga harga tiket masuknya. Sekali lagi, harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu dan kebijakan pengelolaan objek wisata.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang Tebing Breksi, Anda dapat mengunjungi media sosial Tebing Breksi di Instagram @tebingbreksi_official atau mengunjungi situs resminya langsung di https://tebingbreksi.com/.

Sebagai penutup, semoga artikel Tebing Breksi Abadi ini bermanfaat untuk anda dan Selamat Berlibur. (Tidak)

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button