Tebar 5.000 Bibit Ikan Nila di Waduk Sermo • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Tebar 5.000 Bibit Ikan Nila di Waduk Sermo • Radar Jogja

PEMBAGIAN BIBIT: Petugas Polres DIJ membagikan 5.000 bibit ikan nila di waduk Sermo Kulonprogo pekan lalu (26/11). Diharapkan ikan-ikan ini nantinya menjadi pemasukan bagi warga sekitar waduk.” (Doc Humas Polda DIJ)

RADAR JOGJA – Sebanyak 5.000 benih ikan nila didistribusikan oleh Polda DIJ di Waduk Sermo Kulonprogo. Kegiatan tersebut dilakukan di sela-sela kegiatan review latihan penanggulangan bencana bagi jajaran Polda DIJ.

Kabid Humas Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, penyebaran benih ikan merupakan salah satu pilar ketersediaan dan kelestarian sumber daya ikan di perairan umum. Waduk Sermo tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga tempat sebagian nelayan di Kecamatan Kokap mencari nafkah.

“Mereka menangkap ikan di waduk ini dan menjualnya ke pengepul untuk disumbangkan ke keluarganya,” jelasnya pekan lalu (26/11).

Selama ini, menurutnya, pengisian benih ikan memang harus rutin dilakukan. Karena setiap tahun persediaan ikan di perairan semakin berkurang. Ia berharap masyarakat ikut berperan menjaga kelestarian sumber daya ikan di Waduk Sermo. “Keterlibatan kelompok masyarakat pengawas juga sangat dibutuhkan untuk menjaga sumber daya ikan di waduk ini,” ujarnya.

Selain mengamati dan membagikan bibit ikan, Polda DIJ juga melakukan penanaman pohon rindang di sekitar waduk. Diharapkan keadaan ekosistem di sekitar waduk dapat terjaga dengan baik. (lan/bah)

Kulonprogo Kulonprogo Polda DIJ

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button