Tarif cukai pasar naik, itulah tujuan kantor KUKMP Kota Banjar - WisataHits
Jawa Timur

Tarif cukai pasar naik, itulah tujuan kantor KUKMP Kota Banjar

Tarif cukai pasar naik, itulah tujuan kantor KUKMP Kota Banjar

WAKTU INDONESIA, BANJAR – Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Edi Herdianto melalui Kabid Perdagangan Irman Hermana mengumumkan status 185 kios dari 1681 di pasar tradisional Kota Banjar naik sejak awal Januari.

“Peningkatan status kios Tipe B menjadi Tipe A akan berdampak pada kenaikan tarif retaliasi,” ujarnya, Selasa (17/1/2023).

iklan

Peningkatan status tersebut terkait dengan Peraturan Wali Kota Banjar Nomor 18 Tahun 2022 tentang Sifat Pasar, yang juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan PAD Kota Banjar.

Para pemilik lapak yang semuanya berada di kawasan pasar Karang Taruna ini didatangi oleh kantor KUKMP kota Banjar untuk menjalin kontak.

“Kami melakukan sosialisasi dan tahun ini 185 kios yang ditingkatkan statusnya menjadi Tipe A mulai beroperasi,” jelasnya.

Irman mengatakan, pungutan pasar merupakan hasil dari penaikan status Tipe A, sedangkan nilai kenaikan pungutan disesuaikan dengan letak kios, luas plasa, tipe plasa dan tipe pasar.

“Untuk Tipe A dengan kios menghadap jalan utama, tarifnya Rp 650/m2 per hari dikalikan luas tempat atau kios. Sedangkan untuk kios di gang masuk pasar harganya Rp 600/m2 dan untuk kios di gang masuk pasar harganya Rp 550/m2,” ujarnya.

Sistem pembayaran bea dilakukan setiap bulan. Berbeda dengan Tipe B yang membayar retribusi setiap hari pasar.

“Karena untuk los pasar Tipe B Kota Banjar tidak setiap hari ada transaksi dan pembayaran masih dilakukan secara manual,” terangnya.

Irman berharap dengan dinaikkannya status kios dari Tipe B menjadi Tipe A dapat menyadarkan para pedagang untuk membayar retribusi dengan tertib sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan daerah.

Bersamaan dengan kenaikan tarif, target penerimaan daerah dari sektor retaliasi pasar juga meningkat sekitar 10 persen year-on-year dari Rp 2,1 miliar menjadi Rp 2,3 miliar tahun ini.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button