Tanggapan Ketua DPRD Klaten atas rencana pengembangan jalur sepeda di jalan tol Yogyakarta-Solo - WisataHits
Yogyakarta

Tanggapan Ketua DPRD Klaten atas rencana pengembangan jalur sepeda di jalan tol Yogyakarta-Solo

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo menyambut baik usulan pembangunan jalur sepeda di luar tol Yogyakarta-Solo yang melintasi kawasan tersebut.

Selain itu, bersepeda saat ini sedang digandrungi oleh berbagai kalangan dan juga dapat dikembangkan menjadi wisata olahraga.

“Tentu kita sambut positif karena kita tahu bersepeda sedang trend sekarang dan banyak rekan-rekan kita di Solo-Jogja juga senang bersepeda,” ujarnya kepada TribunJogja.com, Selasa (18/10/2022).

Menurut Hamenang, usulan pembangunan jalur sepeda di luar tol Yogyakarta-Solo dapat membantu pengembangan pariwisata di Klaten.

Terutama objek wisata di sekitar jalan tol Yogyakarta-Solo.

“Tidak hanya pariwisata di sekitar jalan tol yang terpengaruh, seni kuliner juga bisa terpengaruh ketika jalur tersebut dibangun,” jelasnya.

Dia juga mendorong para pemangku kepentingan pariwisata di Klaten untuk mengadopsi rencana tersebut dengan menyiapkan paket wisata yang bisa dikunjungi oleh pengendara sepeda yang bepergian di jalan tol Yogyakarta-Solo.

“Di pintu keluar tol bisa dipasang papan informasi tentang pariwisata unggulan di Klaten. Mungkin dengan begitu banyak yang tertarik mengakses jalur sepeda ini,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut politisi PDIP tersebut, meski menyambut positif pembangunan jalur sepeda, ia juga mengimbau kepada pengembang jalan tol untuk memastikan keselamatan pembangunan jalur sepeda di jalan tol.

keamananItu yang harus kita perhatikan dari batas lajur, karena kita tahu kendaraan tol ini bergerak tinggi dan anginnya juga kencang dan bisa mempengaruhi pengendara sepeda,” ujarnya.

Usulan pembangunan jalur sepeda di luar tol Yogyakarta-Solo kabarnya disambut baik oleh kementerian terkait.

Bahkan, pemerintah pusat telah mengalokasikan dana baru sebesar Rp200 miliar untuk membangun jalur sepeda di ruas tol Yogyakarta-Solo Seksi 1.

“Sepertinya ada reaksi positif ya, kemarin ada informasi biayanya sekitar 200 miliar rupiah,” kata Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya beberapa waktu lalu.

Menurut Yoga, jalur sepeda tidak akan bersinggungan dengan jalur utama tol Yogyakarta-Solo karena jalur sepeda akan dibangun di luar tol dengan jalur khusus.

Jalur sepeda dibangun dengan lebar sekitar 5 meter.

Ia melanjutkan, jika pembangunan jalan sepeda itu terealisasi, maka akan berdampak pada sektor pariwisata di daerah tersebut.

Selain itu, jalur sepeda akan terhubung dengan rest area di Seksi 1 Tol Yogyakarta-Solo.

Selain itu, lanjut Yoga, pihaknya juga telah menyiapkan event wisata seperti sepeda santai di jalan tol dan sejenisnya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button