Tanam 500 cemara laut untuk melindungi garis pantai kemangi yang indah - WisataHits
Jawa Tengah

Tanam 500 cemara laut untuk melindungi garis pantai kemangi yang indah

KENDAL, AYSEMARANG.COM — Pantai Indah Kemangi (PIK) di Desa Jungsemi Kangkung menjadi destinasi wisata pantai yang indah. Garis pantai yang panjang harus dijaga agar tidak tergerus oleh abrasi yang mengancam pantai Jawa.

Untuk mengatasi gerusan tersebut, pihak Nasdem serentak melakukan penanaman mangrove dan cemara laut di sepanjang pantai utara.

DPD Nasdem Kendal menanam 500 pohon cemara laut yang ditanam di pinggir PIK pada Minggu 28 Agustus 2022 agar wisata alam ini bisa terus berlanjut. Pilih Pantai Indah Kemangi karena kultur tanahnya banyak mengandung pasir, sehingga sangat cocok untuk ditanami pinus bahari. Mangrove tidak cocok karena berada di tepi pantai kecuali jika menyatu dengan sungai yang terdapat kotoran atau lumpur.

Baca Juga : Pertalite Solar Langka, Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina: Solusi BBM Murah

Kepala Desa Jungsemi Dasuki sangat menjunjung tinggi Partai Nasdem, yang mengurusi abrasi pantai di pesisir Kendal. “Di PIK ini pinus laut cocok, kalau tanaman mangrovenya tidak cocok, karena sudah beberapa kali ditanam selalu mati,” ujarnya.

Ditambahkannya, PIK yang merupakan daerah tujuan wisata mendukung penanaman ini karena selain dapat menahan abrasi juga berfungsi sebagai tempat berteduh sambil menikmati pemandangan laut.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Kendal Siswoyo mengatakan penanaman dilakukan di beberapa daerah secara serentak. “Dengan penanaman 10.000 mangrove dan cemara laut, diharapkan tidak hanya mencegah abrasi tetapi juga memperindah pantai,” jelasnya.

Baca Juga: 5 HP Dengan Kamera Terbaik 2022, Pembuat Konten Utama

Siswoyo berharap dengan menanam pinus bahari ini, manajemen PIK bisa ikut terlibat dalam pelestarian dan perawatannya. Selain itu, agar pantai menjadi lebih indah dan terawat, PIK merupakan objek wisata pantai yang baru, namun banyak pengunjungnya karena pantainya yang bersih dan asri.

Source: www.ayosemarang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button