Tanah Tol Jogja Solo Lewat Ring Road Utara Dibebaskan tahun ini, ada empat desa yang melintas - WisataHits
Jawa Tengah

Tanah Tol Jogja Solo Lewat Ring Road Utara Dibebaskan tahun ini, ada empat desa yang melintas

Harianjogja.com, SLEMAN– Tahun ini, lahan Tol Jogja Solo Seksi 2 yang melewati Ring Road Utara akan dibebaskan di empat kabupaten, yakni Maguwoharjo (Depok), Tirtoadi dan Tlogoadi (Mlati) serta Trihanggo (Gamping).

“Kami menyebutnya Seksi 1 plus-plus. Artinya untuk Seksi 2, lahan yang akan dibebaskan hanya Maguwoharjo, Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo,” kata Dian Hardiyansyah, PPK Jalan Raya Pelaksana (PJBH) Yogyakarta-Solo. di wilayah DIY, Dian Hardiyansyah, Jumat (26/8/2022).

BACA JUGA: Di Wisuda Sultan HB X, Siswa SMK Bopkri 1 Jogja Punya Bisnis Dengan Pendapatan Miliar Bulanan

Meski akan ada pembelian lahan tambahan di Seksi 2 Tol Jogja Solo, Dian menegaskan perluasan tersebut tidak akan mengubah desain pembangunan jalan tol tersebut. Kalaupun ada perubahan, kata dia, hanya dalam bentuk kecil. “Intinya apa yang sebelumnya disosialisasikan kepada warga terdampak dibebaskan,” katanya.

lokasi Mati Tidak ada perubahan pada tol Jogja Solo di Maguwoharjo. lokasi Mati terletak di dalam Jalan Lingkar Utara seperti yang dirancang semula. “Perencanaan pembangunan dilakukan oleh Badan Pengelola Jalan Tol [BPJT]kami hanya ditugaskan dengan pembelian properti. Namun BPJT belum memberikan informasi mengenai perubahan desain tersebut,” ujarnya.

Rencana pembebasan lahan tol Jogja Solo Seksi 2 di Maguwoharjo, Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo masih berlangsung. Pihaknya masih mengajukan rencana untuk mengidentifikasi dan memvalidasi lahan di Maguwoharjo. Pembayaran Kompensasi (UGR) untuk Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo akan dilakukan setelah tim penilai menyelesaikan proses penilaian.

“Pengumuman telah selesai untuk beberapa Dusun, hanya masalah apresiasi. Sebentar lagi kita akan hargai tanahnya dimulai dari Tirtoadi,” ujarnya.

General Manager Pertanahan dan Utilitas PT JMM Muhammad Amin mengatakan, pembebasan lahan Tol Jogja Solo Seksi 2 hanya dilakukan sebagian desa. Seksi 2 Di bagian barat jalan lingkar terdapat tiga kecamatan yang tanahnya sudah dibebaskan.

BACA JUGA: Skuter Listrik Dilarang di Malioboro, Usul Kerjasama dengan Desa Wisata

Terletak di Trihanggo, Tirtoadi dan Tlogoadi. Ini untuk menghubungkan Tol Jogja Solo dengan Tol Jogja Solo Persimpangan Sleman, fungsinya memberikan akses dari dan ke Tol Jogja Bawen,” ujarnya.

Lahan yang juga akan dibebaskan berlokasi di Maguwoharjo, Depok untuk mengurai kemacetan di Jalan Nasional Jogja-Solo. Akses keluar akan dibangun di Maguwoharjo (Mati) dari jalan tol Jogja-Solo. “Dari Simpang Susun Purwomartani sampai Maguwoharjo ini akan dibangun layang di atas Terusan Mataram. Nanti ada exit di Maguwoharjo,” ujarnya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button