Taman Nasional Baluran - WisataHits
wisatahits

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Berlibur di alam yang berisi berbagai jenis flora dan fauna merupakan ide yang patut dipertimbangkan.

Pasalnya, liburan wisata alam sangat efektif menghilangkan stres akibat tekanan hidup dan beban kerja yang menumpuk.

Jadi jika Anda sedang berada di Banyuwangi atau Situbondo, tempat wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Baluran terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya.

taman nasional balur banyuwangi

Di sana, Anda bisa berbaur dengan alam sambil berinteraksi dengan berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Seperti apa Taman Nasional Baluran ini ? Yuk, temukan semua informasinya dalam artikel berikut ini.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau disebut juga dengan Taman Nasional Situbondo atau banyak juga yang menyebutnya Taman Nasional Banyuwangi merupakan kawasan hutan lindung.

Di dalamnya terdapat berbagai jenis tumbuhan dan pohon serta hewan-hewan yang dilindungi.

Taman ini memiliki luas kurang lebih 25.000 hektar yang terbagi menjadi beberapa kawasan dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Di taman nasional ini Anda bisa melihat kehidupan berbagai jenis hewan seperti bison, rusa, kerbau, ayam hutan, dan monyet ekor panjang.

Di Taman Nasional Baluran juga terdapat padang savana seluas 10.000 hektar dengan pemandangan yang sangat eksotik sehingga mendapat julukan tersebut. afrika kecil di jawa.

taman nasional baluran situbondo

Taman Nasional Baluran selain sebagai tempat wisata juga akan memberikan pengetahuan tentang berbagai jenis flora dan fauna.

Bahkan dalam perjalanan menuju pintu masuk ke kawasan sabana bekolterkadang Anda akan menemukan berbagai jenis hewan.

Hewan ini bebas berkeliaran dan sering mengejutkan pengunjung ketika tiba-tiba melintas di tengah jalan.

Objek Wisata Taman Nasional Baluran

Untuk benar-benar merasakan keindahan Taman Nasional Baluran, Anda perlu mengelilingi atau setidaknya mengunjungi beberapa kawasan yang terkenal dengan tempat wisatanya.

Beberapa bidang yang dimaksud antara lain:

1. Gua Jepang

baluran-taman nasional-goa-jepang

Kawasan pertama yang bisa Anda kunjungi di Taman Nasional Baluran adalah kawasan Gua Jepang.

Gua ini terletak di dekat pintu masuk Taman Nasional Baluran sehingga bisa Anda jadikan tujuan pertama sebelum masuk menjelajahi Taman Nasional.

Gua Jepang ini pernah menjadi tempat penyimpanan amunisi dan pertahanan para penjajah Jepang saat menjajah Indonesia. Luasnya sekitar 12 meter dan selalu dirawat dengan baik oleh pengelola Taman Nasional Baluran.

2. Hutan Musim dan Hutan Abadi

Anda akan melewati kedua hutan ini sebelum tiba di Taman Savannah Bekol. Meski tidak seindah suasana yang ada di Taman Savannah Bekol, wisatawan kerap singgah sejenak di kedua hutan ini untuk berfoto.

taman nasional baluran melindungi satwa

Keistimewaan dari hutan musim adalah akan menampilkan suasana sesuai dengan musim yang sedang berjalan. Misalnya, jika Anda datang saat musim kemarau, Anda akan menjumpai hutan gersang dengan pepohonan kering tanpa sehelai daun pun.

Namun jika Anda datang saat musim hujan, suasananya akan sangat hijau karena pepohonan mulai merontokkan daun dan berbunga.

Kemudian di hutan abadi, Anda akan menemukan suasana teduh dan sejuk seperti hutan lainnya.

Hutan abadi ini tidak terpengaruh oleh musim, sehingga kapanpun Anda datang, suasananya akan tetap tenang dan sejuk dengan berbagai jenis flora dan fauna menghiasinya.

Berhentilah sejenak di dua hutan ini dan bawalah kamera Anda.

3. Padang Rumput Bekol

Taman Nasional Baluran-Savana-Bekol

Setelah berkendara sekitar 8 kilometer melalui hutan monsun dan hutan abadi, Anda akan tiba wahana utama taman nasional Baluran yaitu Taman Savana Bekol.

Taman savana ini sangat indah dengan hamparan rumput yang hijau juga melihat pegunungan seperti konteks-miliknya.

Selain bisa berfoto sepuasnya di taman sabana ini, Anda juga akan menjumpai atau menjumpai berbagai jenis satwa liar di sini seperti banteng, merak, rusa, monyet, ayam hutan dan masih banyak lagi.

4. Pantai Bama

taman nasional bama-baluran

Berlibur di Taman Nasional Baluran, Anda tidak hanya bisa mengunjungi sabana Bekol yang indah.

Namun, di ujung kawasan taman nasional ini terdapat sebuah pantai yang cukup indah dan nyaman untuk bersantai setelah bekerja seharian.

Pantai ini bernama Pantai Bama. Kawasannya yang bersih, teduh, dan dihiasi pasir putih dan koral yang berpadu menyajikan pemandangan indah pantai yang sulit digambarkan.

Selain bersantai atau berenang, Anda juga bisa melakukannya di Pantai Bama tuba untuk menikmati berbagai biota laut yang menghuni kawasan pesisir Pantai Bama.

Baca juga : Taman Burung Bali

5. Pantai Kajang

taman nasional-baluran-pantai-kajang

Salah satu pesona Taman Nasional Baluran Banyuwangi adalah keberadaan Pantai Kajang. Pantai ini terkenal dengan kekayaan alam bahari berupa ikan segar yang sangat mudah diburu.

Untuk memancing di Pantai Kajang, pengunjung harus terlebih dahulu melapor ke petugas taman nasional agar bisa diantar ke Pantai Kajang.

Alamat Taman Nasional Baluran

Alamat Taman Nasional Baluran Banyuwangi terletak di desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo dan Banyuwangi di Jawa Timur.

Kawasan tersebut masuk dalam dua kabupaten sekaligus, yaitu kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, sehingga sering disebut sebagai Taman Nasional Banyuwangi dan Taman Nasional Situbondo.

Jam Buka Taman Nasional Baluran

jam buka-taman nasional-baluran

Jam Buka Taman Nasional Baluran pada hari kerja dan hari libur mulai pukul 07:30 WIB dan tutup pukul 16:00 WIB.

Namun demi keselamatan Anda, usahakan untuk kembali dari kawasan taman nasional paling lambat pukul 16.00 karena selain takut terjebak dalam kegelapan, kondisi jalan di taman nasional ini juga kurang baik.

Hari Jam operasional
Senin minggu 07.30 – 16.00 WIB

Kemudian, bagi Anda yang berencana mengunjungi Pantai Bama atau Pantai Kajang, disarankan juga untuk mengakhiri semua aktivitas dan segera kembali pada pukul 15:00 untuk mengantisipasi hal-hal seperti di atas.

Baca juga : Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

taman nasional kecil-afrika-di-jawa-baluran

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran sangat terjangkau bagi wisatawan lokal.

Hari kunjungan Harga tiket
Senin Jum’at Rp 15.000 (wisatawan lokal) – Rp 150.000 (wisatawan mancanegara)
Sabtu Minggu Rp 17.000 (wisatawan lokal) – Rp 225.000 (wisatawan mancanegara)

Wisatawan lokal hanya perlu membayar Biaya masuk ke Taman Nasional Baluran hanya Rp 15.000 pada hari kerja dan Rp 17.000 pada hari libur nasional.

Nah, untuk wisatawan mancanegara, tiket masuk ke kawasan taman nasional ini cukup mahal, dibanderol Rp 150.000 pada hari biasa dan Rp 225.000 pada hari libur.

Baca juga : Alas Purwo Banyuwangi

Fasilitas Taman Nasional Baluran

Dapat dikatakan fasilitas umum yang tersedia di Taman Nasional Baluran cukup memadai.

Di tugas Untuk wisata misalnya savana Bekol sudah ada tempat sholat, penginapan dan warung makan.

Yang kurang dari lokasi ini adalah minimnya penerangan dan kondisi jalan di area taman yang terkesan kurang mendapat perhatian.

Selain fasilitas di atas, di Taman Nasional Baluran juga terdapat fasilitas berkemah. Namun, Anda tidak diperbolehkan menginap di kamp karena kawasan tersebut dihuni oleh berbagai hewan liar yang terkadang berbahaya.

Nah, jika ingin bermalam, di kawasan taman nasional tersedia beberapa penginapan dengan harga sewa mulai dari 100.000 hingga 300.000 per malam.

satwa-khas-baluran-taman nasional

Baca juga : Pemandangan & Tengara di Banyuwangi

Taman Nasional Baluran Banyuwangi bisa menjadi tujuan wisata alternatif saat berada di situbondo atau banyuwangi. Khususnya bagi anda yang menyukai petualangan di alam, maka jangan lewatkan untuk datang dan menjelajahi keindahan flora dan fauna Taman Nasional Baluran.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button