Taman Nasional Alas Purwo, wisata alam yang kaya pesona - WisataHits
wisatahits

Taman Nasional Alas Purwo, wisata alam yang kaya pesona

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Memiliki pemandangan hutan yang luas, serta beberapa jenis satwa liar yang hidup bebas. Penciptaan Taman Nasional Alas Purwo dituntut oleh banyak orang. Terutama orang-orang yang memiliki jiwa petualang dan pecinta alam. Tentunya sekali seumur hidup wajib mengunjungi tempat ini.

Terletak di wilayah Banyuwangi, tempat ini sering menjadi spot shooting yang bagus. Untuk pasangan yang akan menikah, atau untuk orang yang ingin mencari sudut terbaik.

Atraksi Taman Nasional Alas Purwo

Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo.Kredit gambar: Google Maps Joris van Dongen

Sebagai kawasan yang diakui pemerintah sebagai kawasan hutan tertua di Pulau Jawa, Taman Nasional Alas Purwo tentu memiliki keindahan yang luar biasa. Taman ini juga terkenal dengan nuansa mistis dan misteriusnya, sehingga para pengunjung bisa semakin terpacu adrenalinnya.

1. Kawasan hutan hijau

Karena memiliki vegetasi yang begitu bervariasi, yang membuat kawasan hutan ini begitu hijau. Pertumbuhan tanaman di sekitarnya tetap dijaga baik oleh warga maupun pemerintah setempat.

Pengunjung tidak akan bosan dengan pemandangan hutan ini. Karena pengunjung akan dibawa ke hutan yang selalu asri dan hijau.

Jika pengunjung masuk lebih dalam ke kawasan hutan. Pengunjung akan menemukan banyak flora yang tumbuh di tempat lain selain di hutan ini.

2. Beragam satwa liar

Sayangnya, Taman Nasional Purwo juga memiliki beragam satwa liar. Pengunjung akan menemukan berbagai satwa liar yang hidup di kawasan hutan.

Dari hewan liar biasa hingga eksotik dapat ditemukan pengunjung di hutan ini. Satwa seperti sapi liar khas pulau jawa, burung merak bahkan harimau jawa masih bisa ditemukan oleh pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat beberapa jenis satwa liar yang tidak ada di daerah lain. Misalnya seperti kera besar, babi rusa dan ular khas daerah endemik.

3. Pepohonan yang rindang

Kawasan Alas Purwo juga terkenal dengan pohon-pohonnya yang dapat tumbuh selama ratusan tahun. Pengunjung bisa melihat pepohonan yang tumbuh hingga beberapa puluh meter dari permukaan tanah.

Pepohonan di sekitar hutan masih dijaga dengan baik oleh pihak berwenang. Hal ini agar anak cucu kita tetap bisa menikmati keindahan hutan.

Karena itu, air yang mengalir di sekitar hutan akan selalu jernih. Karena daerah sekitarnya memiliki fitur penyaringan air yang dapat menampung air tanah dalam jumlah besar.

Objek Wisata Taman Nasional Alas PurwoKredit Gambar: denah lantai Google Maps momo

4. Savana yang Indah

Diantara pepohonan yang tumbuh rapat di sekitar hutan. Ada hutan sabana yang menjadi rumah bagi beberapa hewan endemik.

Pengunjung akan dibawa ke masa ketika semuanya masih asri dan indah. Pengunjung tidak akan bosan dengan pemandangan hijau rerumputan yang tinggi.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat satwa liar dari dekat. Selama pengunjung tidak mengganggu mereka, pengunjung bisa leluasa berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut.

5. Pantai yang indah

Selain pemandangan hutan dan pepohonan di sekitar kawasan hutan. Kawasan ini juga memiliki panorama pantai lainnya.

Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang indah. Juga pemandangan hutan yang berada persis di belakang pantai.

Bagi pengunjung yang ingin bermain di area sekitar pantai. Diharapkan membawa perlengkapan pribadi seperti pelampung, tenda, dll.

6. Matahari terbenam yang menakjubkan

Serta bisa melihat pemandangan berupa hutan dan sabana yang indah. Pengunjung juga bisa melihat indahnya matahari terbenam di Taman Nasional Alas Purwo.

Pasalnya kawasan di sekitar sabana yang luas mampu menyuguhkan keindahan tersendiri. Apalagi saat senja menyapa kawasan ini.

Pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan matahari terbenam di kawasan ini. Bagaimana tidak, pengunjung bisa melihat matahari dari jauh yang telah berubah menjadi merah kekuningan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman NasionalKredit gambar: Google Maps Aida Lutfiati

Untuk menikmati keindahan Taman Nasional Alas Purwo, pengunjung harus melakukan perjalanan darat ke Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur. Pengunjung dari luar pulau dapat terbang ke bandara setempat, dan pengunjung dari daerah sekitarnya dapat menggunakan transportasi umum atau kereta api.

Jika pengunjung tiba di Kabupaten Banyuwangi, bisa menuju ke kecamatan Purwoharjo atau kabupaten Tegaldlimo. Kedua tempat tersebut merupakan wilayah yang termasuk Alas Purwo sebagai bagian dari wilayah administrasi.

Begitu sampai di kecamatan yang dimaksud, pengunjung bisa memiliki dua pilihan untuk berwisata ke Alas Purwo. Pertama, pengunjung dapat mengikuti transportasi yang disediakan oleh pemandu wisata.

Kedua, pengunjung dapat mengikuti petunjuk di peta dari perangkat pribadi mereka. Kemudian pengunjung akan dibawa ke pintu masuk hutan Alas Purwo.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Alas PurnomoKredit gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

Jika pengunjung ingin memasuki Taman Nasional Alas Purwo, pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 15.000.00. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, dan untuk turis asing harga bisa saja berbeda.

Untuk turis asing, sutradara mematok harga sekitar Rp150.000,00 untuk tiket masuk. Hal ini agar wisatawan lokal dapat menikmati keindahan Alas Purwo tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Biaya lain yang harus dibayar pengunjung adalah biaya akomodasi pemandu wisata. Namun, biaya ini tampaknya opsional karena pengunjung dapat dengan bebas menggunakan layanan pemandu wisata atau tidak.

Juga, biaya perjalanan adalah biaya opsional lain yang dapat didaftarkan pengunjung. Jika pengunjung datang dengan kendaraan umum, tentunya harga tiket bisa dihitung sebagai biaya perjalanan.

Saat ini kawasan Alas Purwo tidak buka selama 24 jam. Hal ini disebabkan oleh keadaan yang memaksa pengelola untuk membatasi akses terhadap hutan.

Namun, pengunjung tidak perlu khawatir. Karena Hélas Purwo selalu buka dari pagi hingga sore untuk menyambut pengunjung.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Nasional Alas Purwo

Aktivitas di Taman Nasional Alas Purwo.Kredit gambar: Google Maps Tria Valentina Anggraini

1. Memberi makan hewan liar

Karena begitu banyak satwa liar yang hidup dan hidup di Taman Nasional Alas Purwo. Izinkan pengunjung untuk melakukan aktivitas seperti memberi makan hewan.

Dengan catatan pengunjung harus selalu didampingi oleh pemandu wisata atau pengelola. Sehingga makanan yang diberikan kepada hewan terdekat tetap terjaga kebersihannya.

2. Nikmati pantai

Di ujung hutan, sebuah pantai siap menyambut pengunjung. Wisatawan dan pengunjung bisa bersantai sejenak sambil membuang penat di pantai.

Pengunjung juga bisa sekedar bermain air atau pasir di sekitar pantai. Pengunjung tidak akan bosan saat berada di area sekitar pantai, karena pantai Alas Purwo terkenal indah dan asri.

3. Petualangan Hutan

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan hutan di kawasan Alas Purwo. Daerah ini terkenal dengan pepohonannya yang lebat dan menjulang tinggi.

Oleh karena itu, pengunjung dapat bertualang menonton di hutan. Pengunjung juga dapat memasuki zona sabana untuk menikmati vegetasi berumput yang tumbuh.

4. Memotret hewan dan tumbuhan

Aktivitas menarik di Taman Nasional Alas Purwo.Kredit gambar: Twitter Ramon Yusuf Tungka

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung di Hutan Alas Purwo adalah berfoto. Kawasan ini masih terkenal dengan ruang terbuka hijaunya.

Oleh karena itu, pengunjung bisa leluasa mengambil banyak foto. Baik foto hewan yang hidup di dekatnya, maupun foto tumbuh tumbuhan dan pohon.

5. Perjalanan ke Goa

Sayangnya, Taman Nasional Purwo juga memiliki gua bernama Songgo Langit. Pengunjung bisa datang ke gua ini pada waktu-waktu tertentu.

Misalnya pada sore atau malam hari. Karena pada saat-saat seperti ini sinar matahari dengan sempurna menembus gua dan mampu menunjukkan keindahannya sendiri.

6. Wisata religi

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata religi, pengunjung bisa menuju Makam Gandrung. Kawasan ini terkenal dengan pengunjung yang ingin menikmati ketenangan batin.

Karena Makam Gandrung juga merupakan kawasan yang paling dekat untuk dikunjungi. Sehingga pengunjung bisa langsung datang ke tempat ini setelah sampai di Alas Purwo.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Taman Nasional Alas PurnomoKredit Gambar: Instagram ingin menjadi Mulu

Ada banyak fasilitas yang bisa digunakan pengunjung secara gratis saat pengunjung datang ke Taman Nasional Alas Purwo. Salah satunya adalah kamar mandi umum, tempat ibadah, dan juga posko pengaduan.

Fasilitas lain yang disediakan pengelola adalah pemandu wisata. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung yang baru pertama kali memasuki hutan akan lebih nyaman.

Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai sejenak di beberapa bangunan semi permanen yang telah disediakan oleh pengelola. Sehingga pengunjung yang lelah dapat kembali beristirahat setelah beberapa saat.

Nah itulah beberapa manfaat, fasilitas, atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung ketika datang ke Taman Nasional Alas Purwo. Sebagai tempat yang dikelola pemerintah sejak lama, tentunya hutan wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi liburan para pengunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button