Taman Mumbul Sangeh, tempat wisata religi dan Melukat favorit di Badung Bali - WisataHits
wisatahits

Taman Mumbul Sangeh, tempat wisata religi dan Melukat favorit di Badung Bali

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 07.00-19.00 WIB, Alamat: Sangeh, Kecamatan. Abiansemal, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Taman Mumbul Sangeh sudah sangat populer di daerah Bali. Tempat wisata yang tak hanya menyuguhkan pesona alam. Namun di sana sering digunakan sebagai tempat untuk melukai atau membersihkan diri dan roh dari perbuatan jahat. Air suci yang mengalir juga dipercaya mampu mengobati penyakit tertentu.

Di taman juga terdapat beberapa kolam renang yang airnya jernih. Kolam itu memiliki ikan koi yang tak terhitung jumlahnya. Biasanya wisatawan suka duduk di tepi kolam sambil memberi makan ikan.

Panorama yang ditawarkan di sekitarnya juga kerap memukau para wisatawan. Apalagi suasana Taman Mumbul Sangeh terkenal begitu tenang karena jauh dari keramaian. Tamu yang datang dari luar Bali biasanya mengambil beberapa barang foto yang tersebar di sekitar area Hits Park.

Atraksi Taman Mumbul Sangeh

Objek wisata Taman Mumbul Sangeh BadungKredit gambar: Google Maps Febby Alpha

1. Kolam renang di taman

Taman Mumbul Sangeh indah karena memiliki beberapa kolam yang jernih. Wisatawan dapat menikmati liburannya dengan bersantai di dekat kolam ikan. Keindahan kolamnya memang menarik, apalagi banyak ikan koi yang berwarna-warni. Pengunjung kerap membawa jajanan sambil menyaksikan ikan-ikan berenang bebas di kolam.

Di tempat lain ada kolam yang dilintasi perahu tradisional. Destinasi religi ini menawarkan tempat yang nyaman karena Anda bisa menyewa atau hanya melihat perahu berlalu-lalang. Ada kolam di sudut lain yang memiliki beberapa kendi dengan air mengalir. Hal ini membuat pengunjung semakin terkesima karena bisa menemukan banyak kolam di sana.

2. Lokasi Melukat

Melukat atau membersihkan diri banyak dilakukan oleh masyarakat sekitar dan luar daerah. Taman Mumbul Sangeh bisa dijadikan spot melukat. Sudah ada kolam yang bersih untuk proses melukat, dan pemudik akan didampingi oleh petugas. Suasana tenang kawasan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks selama proses ini.

Wisatawan yang tertarik dengan melukat bisa berkunjung dari pagi hari. Kemudian Anda bisa menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Pada hari-hari tertentu atau saat hari raya Hindu, banyak orang datang untuk melakukan prosesi melukat. Pelanggan bisa saja melihat tradisi ini karena tidak semua wisata bisa digunakan untuk melukat.

3. Panorama alam

Taman Mumbul Sangeh menawarkan panorama alam yang menjanjikan kemegahan. Kawasan wisata alam ini sering dijadikan sebagai tempat penanaman tanaman hijau. Bahkan wisatawan bisa menikmati udara segar di setiap sudut wisata. Pemandangan indah di sekitar kolam memang menjadi pusat perhatian karena para tamu tidak pernah bosan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Mumbul Sangeh BadungKredit gambar: Google Maps Astrid Van Der Sluis

Taman Mumbul Sangeh terletak di Desa Sangeh, Badung, Bali. Kawasan wisata dengan panggilan untuk relaksasi dan melukat ini diuntungkan dengan lokasi yang mudah ditemukan. Meski baru pertama kali ke sana, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Pengunjung bisa bertanya langsung karena di sekitar jalur tersebut banyak terdapat rumah-rumah dan tentunya rambu-rambu jalan sudah ada.

Biasanya, wisatawan paling tahu rute dari Denpasar. Dari jalan ini tidak begitu panjang karena aspalnya bagus dan jalannya cukup strategis. Anda dapat terus lurus ke Jalan Pulau Ambon dan kemudian mulai memasuki Jalan Diponegoro. Belok saja ke arah Jalan Setia Budi dan tidak jauh dari situ pengunjung bisa menjumpai Jalan Cokroaminoto yang selalu ramai.

Rute selanjutnya mungkin menuju Jalan Raya Lukluk Sempidi. Kemudian wisatawan bisa langsung menuju Jalan Raya Penarungan, setelah beberapa menit langsung menuju Jalan Raya Sangeh. Ada jalan terakhir untuk menemukan Taman karena tempat ini berada di kawasan desa Sangeh. Anda bisa memasukinya dengan kendaraan apapun karena terlihat luas.

Harga Tiket Masuk Wisata Religi

Tiket Mumbul Sangeh Badung ParkKredit gambar: Google Maps

Taman Mumbul Sangeh gratis, Anda bisa menikmati keindahan destinasi dengan gratis. Hampir setiap hari ada pengunjung yang menghabiskan liburannya di taman tersebut. Biasanya melukat juga gratis, tetapi Anda perlu menyiapkan semua kebutuhan terlebih dahulu. Hal ini pasti akan membuat setiap wisatawan senang karena tidak akan menguras banyak anggaran.

Sementara itu, harga makanan yang ditawarkan pedagang terkenal tidak mengosongkan kantong. Wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati makanan instan bisa menyiapkan pajak sebesar Rp 10.000 hingga Rp 30.000. Biasanya setiap warung menjual masakan yang berbeda. Anda tentu bisa memilih makanan yang diinginkan dengan budget yang dikenal tidak begitu mahal.

Jika Anda mencari tempat parkir maka Anda bisa pergi di depan tujuan. Tidak jauh dari pintu masuk terdapat tempat parkir yang menawarkan tiket yang tidak kalah murahnya. Kendaraan roda dua hanya membutuhkan tiket Rp2.000. Kemudian traveler yang membawa mobil bisa menyiapkan budget yang sedikit berbeda sekitar Rp 5.000.

Kegiatan menarik di Taman Mumbal Sangeh

Aktivitas Taman Mumbul Sangeh BadungKredit gambar: Google Maps NoahJon Marshall

1. Pelukan

Proses melukat dilakukan oleh banyak orang ketika datang ke Taman Mumbul. Air suci yang ditemukan di sana memang cocok untuk proses pemurnian roh jahat. Selain itu, melukat juga bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit. Traveler bisa bertanya kepada agen tentang tata cara melukat saat sudah di tempat tujuan.

2. Nikmati suasana alam

Taman Mumbul Sangeh selalu menyatu dengan alam karena begitu banyak pemandangan yang indah. Pepohonan dan bunga yang bermekaran membuat suasana alam menjadi tenang. Sejauh mata memandang, Anda pasti terpesona dengan keindahan alamnya. Kegiatan ini cocok dilakukan bersama orang-orang terdekat saat cuaca sedang mendukung.

3. Mengambil gambar

Area taman wisata ini sangat bagus jika difoto dengan kamera. Pesonanya yang terkesan alami membuat pengunjung selalu ingin mengabadikan momen tersebut. Biasanya seseorang membawa alat peraga foto untuk membuat momen di setiap area. Banyak juga traveler yang membuat video sambil melukat atau sekedar bermain-main di taman cantik ini.

4. Perhatikan ikannya

Taman Mumbul Sangeh memiliki kolam yang dihuni oleh beberapa jenis ikan. Pengunjung bisa melihat ikan sambil bersantai menikmati udara segar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memberi makan ikan untuk liburan. Gemericik air kolam dan ikan-ikan yang berenang bebas pasti akan membuat siapapun merasa lebih tenang selama menginap.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Mumbul Sangeh BadungKredit Gambar: Google Maps I Wayan Ariantha Sentanu

Taman Mumbul Sangeh tentunya dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang dapat digunakan pelanggan saat berkunjung. Spot melukat tersedia di area dengan kolam renang yang memiliki aliran air suci. Bahkan ada kolam ikan yang bisa membuat wisatawan senang. Parkir kendaraan disediakan oleh pengelola di dekat pintu masuk.

Tempat bersantai sudah tersedia karena banyak kursi berjejer rapi. Jika Anda mencari gazebo, Anda bisa pergi ke sudut wisata yang lain. Toilet yang disediakan untuk pengunjung terletak di sudut destinasi. Apalagi sudah terlihat tempat ibadah umat Hindu karena ada bangunan suci tidak jauh dari tempat melukat.

Taman Mumbul terlihat menyiapkan restoran dengan banyak menu sajian. Mencicipi masakan Bali pasti akan memanjakan perut karena terkenal sangat enak. Ada banyak barang fotografi yang tersedia dan ini adalah fasilitas yang disukai setiap pelancong. Tempat membeli makanan ikan juga sepertinya ada di wisata hits ini.

Taman Mumbul Sangeh memang banyak digunakan untuk proses melukat. Namun, hanya sedikit pengunjung yang datang hanya untuk melihat keindahan alam daerah tersebut. Taman ini juga memiliki tempat yang bersih dan setiap orang yang pergi ke sana akan betah. Jadi ajak saja orang tersayang agar bisa beribadah sekaligus berlibur di taman cantik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button