Taman hiburan favorit Alun Alun Tasikmalaya untuk tempat bersantai yang seru - WisataHits
wisatahits

Taman hiburan favorit Alun Alun Tasikmalaya untuk tempat bersantai yang seru

Taman hiburan favorit Alun Alun Tasikmalaya untuk tempat bersantai yang seru
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Empangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Sebuah tempat wisata yang menarik tentunya untuk dikunjungi wisatawan. Seperti Alun-Alun Tasikmalaya misalnya, tempat ini tak pernah sepi pengunjung karena berbagai daya tariknya. Sepintas mungkin tidak ada pemandangan alam yang indah atau mempesona. Tapi jangan salah, Anda bisa mendapatkan semuanya di sini, dan banyak lagi.

Seperti kita ketahui, alun-alun sebenarnya adalah tanah yang merupakan fasilitas umum. Setiap orang boleh mengunjunginya, tanpa terkecuali. Tidak ada tiket masuk alias gratis, sehingga banyak tempat seperti ini yang dikunjungi. Semua lapisan masyarakat sudah ditemui, baik keluarga, anak-anak maupun pasangan muda.

Fungsi alun-alun sendiri sebenarnya melambangkan kekuasaan di beberapa daerah, dalam hal ini di Tasikmalaya. Namun karena dilengkapi fasilitas, banyak yang memanfaatkannya sebagai tempat liburan alternatif. Memang setiap kota atau daerah memiliki lahan di depan pengelolaan daerah, namun semuanya memiliki ciri khas tersendiri seperti daya tariknya.

Daya tarik Alun-alun Tasikmalaya

Daya tarik Alun-alun TasikmalayaKredit gambar: Google Maps Asep Kurniawan

Pada masa penjajahan Belanda, Alun-alun Tasikmalaya digunakan sebagai lapangan sepak bola oleh anak-anak muda kala itu. Tapi sekarang sudah tidak lagi, karena fungsinya sudah berubah karena daya tariknya.

1. Pemandangan indah di sekitar Alun-alun Tasikmalaya

Letaknya yang berada di pusat kota memudahkan untuk mencari alternatif wisata di Tasikmalaya. Meski berada di tengah kota, namun keindahan alamnya lumayan. Tidak seindah gunung dan bukit, atau ketika Anda datang ke pantai dengan ombak dan air laut yang jernih.

Alun-alun Tasikmalaya yang terletak di tengah kota menawarkan pemandangan utama gedung-gedung di sekitarnya. Seperti di tempat lain, di sini juga terdapat taman bunga yang indah dan berwarna-warni. Anda bisa berfoto atau sekedar duduk santai sambil menikmati keindahan taman bunga ini.

2. Tempat bermain anak

Atraksi selanjutnya yang mendatangkan wisatawan keluarga adalah adanya taman bermain anak. Mengajak anak-anak untuk datang ke sini adalah hal yang harus dilakukan orang tua. Apalagi bagi yang tidak memiliki budget lebih, datang ke Alun Alun Tasikmalaya bisa dijadikan alternatif karena tersedia arena bermain gratis.

Tidak terlalu lengkap, tapi anak-anak pasti senang dengan ayunan, perosotan dan permainan lainnya. Sambil melihat aktivitas anak-anak, Anda bisa bersantai di taman bunga yang telah dijelaskan di atas. Di sini juga tersedia perjalanan berbayar lainnya, namun harganya tetap terjangkau dan dijamin tidak akan merusak kantong.

Beberapa game yang dimaksud adalah mobil remote control yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Anak-anak pasti akan menyukai permainan ini, terutama karena areanya cukup luas untuk berjalan-jalan. Pada jam-jam tertentu, Alun-alun Tasikmalaya menawarkan persewaan wahana berkuda. Anak-anak dapat naik dan berkeliling alun-alun sesuai dengan rute yang ditunjukkan.

3. Monumen Mak Eroh dan Abdul Rozak

Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak menjadi objek wisata selanjutnya di Alun-alun Tasikmalaya. Penduduk asli pasti sudah tahu siapa kedua orang itu, sehingga pemerintah membuat patung besar di alun-alun. Keduanya merupakan pejuang bangsa yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan, atau bisa dibilang mereka adalah pahlawan bangsa.

Kedua monumen ini memiliki gaya yang berbeda, namun berada di area yang sama. Mak Eroh dan Abdul Rozak dalam posisi berdiri, salah satunya memegang bendera sebagai tanda perjuangan. Pada umumnya wisatawan menggunakannya untuk berfoto di depan tugu ini. Tujuannya tak lain untuk oleh-oleh, atau sekadar menikmati suasana tempat itu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Alun-alun TasikmalayaKredit gambar: Google Maps Marta Zuriadi

Untuk menuju Alun-Alun Tasikmalaya, ada beberapa rute yang bisa Anda pilih tergantung titik awal Anda. Tentunya mengunjungi tempat ini sangat mudah, karena letaknya yang strategis dan berada di pusat kota. Secara administratif beralamat di Jalan Empangsari, Kecamatan Tawang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ada banyak rute yang bisa Anda tempuh, tergantung arah kedatangan. Anda bisa menggunakan beberapa landmark salah satunya stasiun Tasikmalaya. Jarak antara alun-alun dan stasiun hanya 500 meter, butuh waktu 2 menit untuk mencapainya. Referensi lainnya adalah terminal Tasikmalaya yang jaraknya sekitar 6 kilometer.

Anda dapat mencapai Tasikmalaya Square menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sebagai saran, Anda sebaiknya membawa kendaraan pribadi untuk menekan biaya. Apalagi Anda bebas menentukan rute dan waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat. Bagi yang awam dengan lingkungan sekitar, tidak ada salahnya menggunakan bantuan GPS.

Wisata alternatif wisata di Tasikmalaya ini gratis. Satu-satunya biaya yang harus Anda bayar adalah parkir, itupun jika Anda datang dengan kendaraan pribadi. Namun bukan berarti tidak ada biaya lain, Anda tetap memerlukannya jika ingin berwisata kuliner atau menikmati wahana berbayar yang tersedia.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Tasikmalaya Square

Aktivitas menarik di Alun-Alun TasikmalayaKredit Gambar: Gelar Ambu Google Maps

Mengunjungi Alun-Alun Tasikmalaya seperti mengunjungi sebuah lapangan besar. Bedanya, saat ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan dari fasilitas yang disediakan pemerintah. Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan yang dijamin menarik!

1. Bermain di area bermain

Jangan heran jika kebanyakan yang datang ke wisata alternatif Tasikmalaya ini diisi oleh keluarga yang membawa anaknya. Begitulah seharusnya, karena ada area bermain gratis untuk dinikmati. Anak-anak bebas bermain di sini, selama ada pengawasan orang tua.

Permainan yang ditawarkan di Alun-alun Tasikmalaya juga tidak berbahaya, seperti ayunan dan perosotan. Jika anak-anak bosan, Anda bisa mencoba wahana berbayar lainnya. Mobil remote control disediakan di sini dengan harga terjangkau, atau Anda juga bisa menunggang kuda jika ingin mendapatkan sensasi yang lebih berkesan.

2. Piknik Santai

Tempat ini memiliki keindahan yang cukup untuk dijadikan tempat bersantai sambil piknik. Meski tidak seindah pegunungan dengan pemandangan hijaunya, setidaknya ada taman yang bisa dilihat. Taman ini memiliki berbagai macam bunga berwarna-warni yang indah. Siapapun yang melihatnya dijamin akan menenangkan hati dan pikirannya.

3. Beli oleh-oleh

Alun-alun Tasikmalaya juga terkenal dengan aneka oleh-olehnya. Tidak ada salahnya berburu makanan untuk orang tua di rumah. Jenis makanan yang bisa dibawa pulang antara lain dodol, kue lumpur, dan keripik tempe. Ada banyak penjual di sini, pastikan untuk mendapatkan harga terbaik.

4. Nikmati masakan lokal

Aktivitas menarik selanjutnya adalah berburu kuliner lokal yang rasanya dijamin menggugah selera. Tasikmalaya terkenal dengan aneka kulinernya yang lezat, seperti nasi tutug oncom, sate maranggi, dan mie kocok. Silakan isi perut lapar Anda setelah aktivitas lain yang Anda lakukan atau setelah berjalan-jalan di sekitar tempat itu.

5. Mengunjungi Masjid Raya Tasikmalaya

Pasti kalian tahu kalau di sebelah alun-alun ada masjid yang lumayan besar. Begitu pula Alun-alun Tasikmalaya, di sebelahnya ada Masjid Agung dengan bangunan megah. Anda bisa mengunjungi masjid ini untuk beribadah atau sekedar melihat keindahan arsitekturnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Alun-Alun TasikmalayaKredit gambar: Google Maps roni rohimat

Salah satu destinasi wisata alternatif ini menjadi pusat aktivitas warga sekitar yang ingin menghabiskan waktu luangnya. Meski gratis dan bisa datang kapan saja, namun fasilitasnya tetap memadai. Ada banyak tempat parkir untuk kendaraan yang Anda bawa. Selain itu, ada juga toilet, tempat ibadah, dan area bermain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Saat ini banyak sekali tempat wisata yang bisa anda jadikan tujuan untuk mengisi waktu liburan anda. Tetapi tidak semua orang memiliki anggaran atau banyak waktu untuk berkunjung. Sebagai wisata alternatif, tidak ada salahnya mengunjungi Alun-Alun Tasikmalaya dengan segala atraksi dan aktivitas menarik yang telah dijelaskan di atas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button