Taman Bunga Nusantara, tempat wisata cantik di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Taman Bunga Nusantara, tempat wisata cantik di Jawa Barat

Gaya hidup VIVA – Taman Bunga Nusantara adalah taman iklan Bunga pertama di Indonesia. Taman ini diberkahi dengan berbagai koleksi tanaman berbunga terkenal dan unik dari seluruh dunia.

Taman Bunga Nusantara memiliki ratusan jenis tanaman berbunga di tamannya, sehingga Taman Bunga Nusantara benar-benar tempat tumbuhnya bunga-bunga dari seluruh dunia.

Bunga ini berasal dari Amerika Selatan, Australia, Afrika dan Asia. Taman Bunga Nusantara punya tanah pameran tanaman tempat tidur Luas 50.000 m2.

Suhardani Bustanil Arifin adalah penggagas dan ketua umum Yayasan Bunga Nusantara dan anggota lainnya. Almarhum Suhardani adalah istri mantan Kepala Bulog dan Menteri Koperasi pada masa Orde Baru, Bustanil Arifin.

Yayasan yang dipimpin oleh Suhardani ini memulai pembangunan taman ini pada tahun 1992 dan pada tahun 1993 memulai implementasi intensif tahap awal pembangunan taman tersebut.

Tujuan utama pengembangan taman ini untuk Yayasan Bunga Nusantara adalah untuk menjadikan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset pariwisata berbasis agrowisata nasional di tingkat internasional.

Lokasi geografis dan topografi

Taman bunga Nusantara

Taman bunga Nusantara

Foto:

  • Instagram @tamanbunganusantara

Taman Bunga Nusantara terletak pada ketinggian 750 meter di atas permukaan laut, dengan suhu rata-rata harian 20°-26°C dan curah hujan 2.475,7 mm. Taman Bunga Nusantara dapat diakses dari segala arah dengan jarak sekitar 9 km dari Jalan Raya Jakarta-Bandung.

Taman Bunga Nusantara memiliki luas 35 hektar, termasuk 23 hektar penuh bunga dan berbagai pohon berbunga, 7 hektar untuk taman bermain anak-anak ALAM IMAJINASI, 2 hektar untuk TK dan 3 hektar untuk villa Saung Nini dan Saung Aki. restoran dan ruang pertemuan.

taman dan fasilitas

Taman bunga Nusantara

Taman Bali

Bali Park merupakan bentuk ciptaan bangsa Indonesia yang keberadaannya telah diakui oleh dunia internasional. Keunikan bangunan dan bentuk kreasi Bali lainnya menjadikan Bali Park sebagai taman yang unik dan mudah dikenali oleh dunia internasional.

Di taman Bali ini, kami menampilkan keunikan bangunan Bali, patung dan tanaman seperti Candi Bentar atau gapura masuk, Bale Bengong dan Bale Kul Kul. Tumbuhan yang mendominasi lokasi taman ini adalah bunga kamboja, bunga kembang sepatu, aneka heliconias dan tumbuhan tropis lainnya dengan dedaunan yang indah.

taman mediterania

Taman ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat suatu tempat di daerah gurun pasir seperti yang ada di Mediterania. Di masa lalu, negara-negara seperti Italia, Spanyol, Yunani, dan Portugal menggunakan tanaman yang sangat tahan terhadap cuaca kering, seperti kaktus (Cactaceae) dan yucca (Liliaceae) ketika mendesain taman mereka.

Rumah khas Mediterania adalah bentuk konstruksi yang dengannya kami melindungi berbagai kaktus di dalamnya. Dengan atap kaca memungkinkan untuk berbagai kaktus seperti Notocactus magnificus, Cephalocereus senilis, Opuntia rufida, sebaik Cereus segi enam tumbuh dan berkembang seperti di daerah asalnya. Konsep lain yang ingin kami tonjolkan adalah elemen lain seperti bagian bebatuan dan pasir putih, lebih berorientasi pada keberadaan pantai Mediterania dengan bagian pasir putih yang luas.

Taman Prancis

French Garden Design merupakan desain Renaissance dengan bentuk geometris. Semak Taiwan Beauty yang dipangkas rapi membingkai bunga berwarna cerah ini disebut parter, yang berasal dari ungkapan bahasa Prancis broderie de par terre, atau “bordir di lantai.”

Gaya taman ini mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Kaisar Louis XIV pada abad ke-17. Jenis tanaman hanya merupakan elemen kedua setelah menentukan bentuk/desain taman. Taman ini diciptakan untuk melambangkan dominasi manusia terhadap alam.

Anda bisa menikmati keindahan French Garden dari dekat dan dari jauh. Untuk melihat bentuk geometris secara keseluruhan, kami mengundang Anda untuk melihatnya di atas pengintai.

kebun palem

Pohon palem telah tersebar luas sejak zaman kuno, tetapi tidak diakui populer oleh tukang kebun sampai abad ke-18. Ada sekitar 2.800 jenis Pohon palem di belahan bumi yang memiliki iklim hangat.

Koleksi palem di sini mencakup lebih dari seratus varietas dari berbagai belahan dunia. Beberapa palem yang memiliki keunikan tertentu adalah Washingtonia robusta asli Meksiko, atau palem kipas Meksiko.

Tanaman unik lainnya adalah pinus ulir atau Pandanus utilis dari Madagaskar. Tanaman ini mudah dikenali dari batang dan daunnya yang membulat. Di Afrika, daun tanaman ini dibuat menjadi topi dan keranjang. Palem lain yang tak kalah indahnya adalah palem Alexandra atau Archontophoenix alexandrae dari Queensland Australia.

Pohon palem raksasa dalam perjalanan ke rumah kaca adalah palem kerajaan Kuba atau Roystonea regia dari Kuba. Telapak tangan lain yang tidak kalah menarik adalah palem botol atau Hyphorbe leganicaulispalm jelly atau Butia capitata, pohon palem phoenix atau Phoenix roebelini.

Selain itu, ada banyak taman lain seperti taman mawar, taman rahasia, taman air, taman bergaya Jepang, rumah kaca, dan pameran karpet dan topiary.

Fasilitas untuk pertukaran bunga dan tanaman

Pasar Bunga dan Tanaman adalah tempat dimana pengunjung dapat membeli berbagai bunga dan tanaman dedaunan indah lainnya. Lokasinya ada di parkiran. Hal ini memudahkan Anda untuk membawa tanaman yang dibeli ke kendaraan.

menara observasi

Bangunan ini merupakan menara dengan ketinggian 29 meter yang memiliki 3 lantai. Dari ketinggian ini Anda bisa menikmati keindahan Taman Bunga Nusantara secara keseluruhan.

pahlawan

Ikuti tur taman di wahana terbuka berkapasitas 14 orang ini. Mengemudi kendaraan ini Anda akan mendapatkan informasi dari pemandu wisata tentang Taman Bunga Nusantara. Anda hanya perlu membayar Rp 5000 untuk mengendarai kendaraan ini.

Saung Nini

Taman Bunga Nusantara juga menawarkan akomodasi. Penginapan ini berada tepat di depan Taman Bunga Nusantara. Saung Nini dapat digunakan sebagai tempat menginap untuk perjalanan, pertemuan bisnis atau liburan keluarga.

Tempat ini memiliki 5 kamar bisnis, 8 kamar standar, dan 10 unit tenda untuk camping Tempat perkemahan. Selain fasilitas yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa fasilitas lainnya antara lain Swan Lake, Garden Tram, Dotto Trains and Picnic Areas dan Pavilion/Saungs.

Tiket masuk Taman Bunga Nusantara

Nusantara, menara observasi

Nusantara, menara observasi

Untuk memasuki kawasan Taman Bunga Nusantara, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp40.000,00 per orang. Tiket ini bisa digunakan untuk mengunjungi taman bunga sampai puas. Sedangkan biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 10.000 dan untuk mobil Rp 15.000.

jam operasional dan lokasi

Taman bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara buka setiap hari. Untuk Senin – Jumat buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sementara itu, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional WIB buka mulai pukul 08.00-17.30. Lokasinya berada di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi – Cianjur, Jawa Barat.

Kembali ke Taman Bunga Nusantara. Semoga artikel ini dapat menambah informasi sebelum berkunjung. Ikuti aturan dan terapkan protokol kesehatan. Selamat berlibur.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button