Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, ada wisata Stonehenge di Bondowoso yang cocok untuk liburan akhir tahun - WisataHits
Jawa Timur

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, ada wisata Stonehenge di Bondowoso yang cocok untuk liburan akhir tahun

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Berbicara tentang wisata mancanegara, Stonehenge adalah salah satu hal yang perlu diingat. Wisata serupa juga ada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Namanya Batu So’on Solor atau dikenal juga dengan Batu Tumpuk. Oleh karena itu cocok sebagai pilihan liburan bersama keluarga.

Batu So’on Solor di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur juga dikenal dengan sebutan Stonehenge Van Java. Wisata Alam Batu So’on terletak di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso.

Batu So’on Solor terletak di Kecamatan Cermee, sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bondowoso. Saat ini, Batu So’on Solor merupakan bagian dari Geopark Ijen dan akan segera resmi dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Akses transportasi menuju Batu So’on Solor sangat mudah dengan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Pemerintah Kabupaten Bondowoso juga telah membenahi dan menambah fasilitas di destinasi wisata.

Ada spot foto yang tak kalah menarik. Ada pula pemandangan yang mendekatkan pengunjung dengan lokasi Batu So’on Solor. Di lokasi, wisatawan disuguhi pemandangan bebatuan besar.

Yang tentunya sangat menarik, batu-batu besar tersebut seolah tersusun berjejer seperti Stonehenge di Inggris. Inilah yang menjadi daya tarik destinasi wisata alam Batu So’on Solor.

Namun sampai saat ini masih menjadi misteri, apakah benar bebatuan tersebut merupakan peninggalan zaman megalitikum atau merupakan proses alam?

Namun yang jelas, susunan batu-batu tersebut sangat unik. Bahkan ada yang mengasosiasikannya dengan kesaktian karena ada batu besar yang berdiri sedikit dari kiri bawah.

Tapi yang pasti, batu-batu besar ini luar biasa. Saat senja tiba, pemandangan di sana semakin indah dengan ayunan sang mentari. Wisata Batu So’on Solor dilengkapi beberapa pendopo untuk bersantai dan sejumlah spot foto untuk berkreasi.

Meski berada di ujung timur Bondowoso, di sekitar destinasi juga terdapat penjaja kuliner. Ada warung yang menyajikan nasi, makanan ringan dan es krim kelapa dan menu lainnya.

Destinasi wisata alam mirip Stonehenge bernama Batu So’on Solor di Kabupaten Bondowoso ini buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 06:00 WIB hingga 17:00 WIB dengan harga tiket hanya Rp 5.000.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button