Tak Harus Jauh dan Mahal, Dosen Pariwisata Unair Bagikan Tips Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Tak Harus Jauh dan Mahal, Dosen Pariwisata Unair Bagikan Tips Liburan Natal dan Tahun Baru 2023

TEMPO.CO, jakarta – Pemerintah telah menetapkan hari libur untuk menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Meski terbilang singkat, libur Natal dan Tahun Baru (nataru) tetap diharapkan masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

M. Nilzam Aly, Dosen Pariwisata Universitas Airlangga (Unair), menyambut baik dinamika ini dan memberikan beberapa tips bagi masyarakat untuk mengisi waktu liburannya. “Yang harus diingat bukan berapa banyak atau berapa uang yang dikeluarkan, tapi momentum liburan apa yang didapat,” ujarnya dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (23/12/2022).

Mengingat durasi liburan yang singkat, Nilzam mengimbau masyarakat untuk berlibur di daerah yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Bisa juga mengunjungi. “Bisa membuat agenda khusus dibanding hari-hari lainnya, seperti makan bersama ala camping. Ini untuk mempererat keakraban dalam keluarga,” jelas dosen fakultas vokasi Universitas Airlangga ini.

Namun, bagi keluarga yang berwisata disarankan untuk menjauhi kawasan yang sudah lama menjadi titik acuan guna mengantisipasi kepadatan pengunjung. Sebab, kata dia, hal itu akan membuat anak tidak nyaman.

“Sehingga keluarga yang ingin berwisata bisa melakukan kunjungan alternatif ke Ring 2 atau Ring 3, misalnya Magelang atau Gunung Kidul yang biasanya mudah diakses dan tingkat keramaiannya tidak sepadat di perkotaan,” ujarnya.

Meski syarat pembatasan aktivitas lebih santai dibanding tahun lalu, masyarakat juga perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku pada aturan perjalanan. Selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan finansial juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan saat berlibur. “Jangan sampai biaya liburan yang besar menyebabkan ketidakstabilan keuangan di masa depan,” sarannya.

Dosen penanggung jawab bisnis pariwisata menyebutkan produksi rute atau rencana perjalanan pra-liburan dapat membuat liburan lebih terarah. “Desain ini memungkinkan penganggaran belanja yang lebih baik selama liburan,” jelasnya.

Baca Juga: Kemendikbud Buka 7.561 Formasi PPPK Tenaga Teknis 2022, Cek Kondisi dan Timeline

Selalu Memperbarui info terbaru. Mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button